ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » Indonesian to English » Construction / Civil Engineering

Berat Jenis

English translation: Density

02:13 Aug 6, 2004
Indonesian to English translations [Non-PRO]
Tech/Engineering - Construction / Civil Engineering / Construction
Indonesian term or phrase: Berat Jenis
weight capacity
Linda
English translation:Density
Explanation:
Ada dua istilah yang sangat mirip massa jenis dan berat jenis. Sebutan Sciencenya "rho" adalah massa dibagi dengan volume. Yang saya ingat berat jenis adalah massa jenis dikalikan dengan gravitasi. Sedangkan Specific Gravity adalah ratio dari fluid density terhadap specified reference density. Misalnya untuk Liquid, maka reference densitynya adalah pure water sedangkan untuk gas adalah udara.
Selected response from:

xxxMukhtar
Grading comment
I select this answer. It is more appropriate with the terms. Many thanks for your help.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +5specific gravityKardi Kho
4 +1DensityxxxMukhtar


  

Answers


18 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +5
specific gravity


Explanation:
berat jenis = specific gravity

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira
9 mins

agree  Muhammad Zikri
5 hrs

agree  Louis SOETEDJA: U should try to look up in the dictionary first instead of asking straight away!!!
6 hrs

agree  Rayindra
15 days

agree  Hadiyono Jaqin
1400 days

57 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
Density


Explanation:
Ada dua istilah yang sangat mirip massa jenis dan berat jenis. Sebutan Sciencenya "rho" adalah massa dibagi dengan volume. Yang saya ingat berat jenis adalah massa jenis dikalikan dengan gravitasi. Sedangkan Specific Gravity adalah ratio dari fluid density terhadap specified reference density. Misalnya untuk Liquid, maka reference densitynya adalah pure water sedangkan untuk gas adalah udara.

xxxMukhtar
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
Grading comment
I select this answer. It is more appropriate with the terms. Many thanks for your help.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Kardi Kho: Setahu saya, bukannya berat jenis itu memang tidak mempunyai satuan, karena memang merupakan rasio perbandingan, mis. berat jenis air adalah 1. Sedangkan density itu bukannya lebih kepada massa jenis, dengan satuan standar gram per sentimeter kubik?
1 hr
  -> Terima kasih Pak Kardi Kho. Mungkin anda benar. Soalnya dalam keseharian saya tidak pernah menerjemahkan Spesific Gravity (SG) sebagai berat jenis. Sekarang dipulangkan saja ke penanya untuk mengambil kesimpulan. Salam kenal buat anda

agree  eldira: Densitas = massa jenis, satuan: gr/cc; berat jenis (specific gravity) = perbandingan antara berat benda dan isi benda tersebut, tanpa satuan > keterangan lebih rinci: specific gravity vs specific density: http://www.ilpi.com/msds/ref/density.html
1 day2 hrs
  -> Terima Kasih Pak Eldira. Kayaknya harus dipulangkan ke penanya dan biar dia putuskan dari penjelasan yang telah kita berikan. Salam Kenal buat anda