ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » Indonesian to English » Education / Pedagogy

buku pengetahuan

English translation: reference book

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:buku pengetahuan, buku pintar
English translation:reference book
Entered by: Erich Ekoputra

07:49 Jan 23, 2007
Indonesian to English translations [PRO]
Social Sciences - Education / Pedagogy / komik anak-anak
Indonesian term or phrase: buku pengetahuan
Kutipan dialog dalam komik anak-anak:

"Untuk menghdapi lomba tersebut, kalian harus banyak membaca buku pengetahuan."

Bagaimana menerjemahkan 'buku pengetahuan', ya?

Many thanks and best regards,
ys
Yohanes Sutopo
reference book
Explanation:
Ada dua kemungkinan di sini:
> buku pengetahuan = buku pelajaran
> buku pengetahuan = buku pintar

Saya menduga yang kedua, yaitu buku yang berisi aneka rupa informasi yang (menurut saya sih) remeh-temeh, seperti daftar mata uang, daftar ibukota, daftar pemenang Nobel, dslb. Kalau di Indonesia, yang paling terkenal adalah karya Iwan Gayo (ref 1). Lalu, untuk terjemahannya, saya pikir ini mirip dengan reference book (ref 2).

Ref 1:
http://id.wikipedia.org/wiki/Iwan_Gayo
Ia mengumpulkan berbagai pengetahuan umum dan menerbitkan Buku Pintar Junior dan Buku Pintar Senior. ...

Ref 2:
http://www.southalabama.edu/univlib/guides/libterm.htm
Reference Book.
A book designed to be consulted for specific facts or background rather than to be read all the way through, e.g. Europa Yearbook, World Almanac.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thanks and best regards,
ys
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2reference book
Erich Ekoputra
5book of knowledge
Harry Hermawan
4 +1science books
Eddie R. Notowidigdo
3 +2books on popular science.
Hikmat Gumilar
4textbook
Mulyadi Subali


Discussion entries: 3





  

Answers


22 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
science books


Explanation:
<>

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Chris Rowson: I feel this is the most natural in the context.
1 day49 mins

26 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +2
books on popular science.


Explanation:
...you have to read a lot of books on popular science.

Hikmat Gumilar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 36

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri: Karena ini masih berkaitan dengan 'lomba cerdas-cermat' seperti pertanyaan sebelumnya, saya rasa versi yg diusulkan Dot Meeting ini yang tepat. Ups, maaf. Dot Meeting seharusnya Hikmat.:):):)
23 hrs

agree  Rahmat Rahmat, Ph.D.
3 days21 hrs

45 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
reference book


Explanation:
Ada dua kemungkinan di sini:
> buku pengetahuan = buku pelajaran
> buku pengetahuan = buku pintar

Saya menduga yang kedua, yaitu buku yang berisi aneka rupa informasi yang (menurut saya sih) remeh-temeh, seperti daftar mata uang, daftar ibukota, daftar pemenang Nobel, dslb. Kalau di Indonesia, yang paling terkenal adalah karya Iwan Gayo (ref 1). Lalu, untuk terjemahannya, saya pikir ini mirip dengan reference book (ref 2).

Ref 1:
http://id.wikipedia.org/wiki/Iwan_Gayo
Ia mengumpulkan berbagai pengetahuan umum dan menerbitkan Buku Pintar Junior dan Buku Pintar Senior. ...

Ref 2:
http://www.southalabama.edu/univlib/guides/libterm.htm
Reference Book.
A book designed to be consulted for specific facts or background rather than to be read all the way through, e.g. Europa Yearbook, World Almanac.


Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 87
Grading comment
Thanks and best regards,
ys

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Suzan Piper: ya Erich jawabanmu yang paling luas cakupannya - karena buku pengetahuan kan tidak terbatas buku pelajaran ataupun ilmu pasti
14 hrs
  -> Thanks Sue...

agree  Hadiyono Jaqin
1 day4 hrs
  -> Terimakasih Mas Hadi!

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
textbook


Explanation:
-

Mulyadi Subali
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4

15 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
book of knowledge


Explanation:
Kayak di film the Hobbit aja...

You have to read this book of knowledge...:P

Harry Hermawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 32




Voters for reclassification
as
PRO / non-PRO
PRO (3): Erich Ekoputra, Eddie R. Notowidigdo, Hikmat Gumilar