ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » Indonesian to English » Geology

batu apaung,.... dan kayu teresiikan

English translation: pumice stone... and petrified wook=d

12:10 Apr 7, 2013
Indonesian to English translations [PRO]
Geology / kayu teresikkan
Indonesian term or phrase: batu apaung,.... dan kayu teresiikan
Formasi ini terdiri dari batu apung, .... dan kayu teresikkan.
Boby Sebba
English translation:pumice stone... and petrified wook=d
Explanation:
saya rasa ada salah ketik: mungkin kayu terkersikkan

--------------------------------------------------
Note added at 46 mins (2013-04-07 12:56:12 GMT)
--------------------------------------------------

Sorry, salah ketik, mestinya "petrified wood"
Selected response from:

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Grading comment
Tks Pak Edi
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1pumice stone... and petrified wook=d
Eddie R. Notowidigdo
4pumice, ... and silicifed woods
Erich Ekoputra


Discussion entries: 1





  

Answers


41 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
pumice stone... and petrified wook=d


Explanation:
saya rasa ada salah ketik: mungkin kayu terkersikkan

--------------------------------------------------
Note added at 46 mins (2013-04-07 12:56:12 GMT)
--------------------------------------------------

Sorry, salah ketik, mestinya "petrified wood"

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Tks Pak Edi

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira
6 mins
  -> Terima kasih, Eldira

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
batu apung, kayu kersikan
pumice, ... and silicifed woods


Explanation:

Ada dua salah eja: batu apung dan kayu kersikan atau, seperti kata Pak Eddie, kayu terkersikkan.

kersikan/terkesikkan bermakna dihasilkan dari atau mengalami proses menjadi kersik atau silika. Kebetulan, silika ini banyak terdapat pada batu apung (lihat Ref 1), sehiingga wajar saja jika kayu mati yang terjebak di lapisan batuan itu akan mengalami proses yang disebut dengan silisifikasi (silicification), menghasilkan menjadi silicified woods. (Kata dasarnya adalah to silicify. yang di dalam kamus Oxford bermakna: convert into or impregnate with silica, alias berubah menjadi atau dijejali dengan silika.)

Ref 1: http://www.tekmira.esdm.go.id/data/Batuapung/ulasan.asp?xdir...
Batu apung (pumice) adalah jenis batuan yang berwarna terang, mengandung buih yang terbuat dari gelembung berdinding gelas, dan biasanya disebut juga sebagai batuan gelas volkanik silikat.

Ref: http://books.google.com/books?id=bZ7T7OJiVnEC
Artefak yang diperoleh dari ekskavasi dari Song Gede dibuat dari batu gamping kersikan (silicified limestone) dan dapat dibedakan dalam beberapa kategori, ...

Ref: http://books.google.com/books?id=cN3NE0XW2hMC
Tanah diatom banyak mengandung zat kersik (silika) yang berasal dari dinding sel diatom. Itulah sebabnya, diatom sering disebut ganggang kersik.

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2013-04-07 13:32:09 GMT)
--------------------------------------------------

Aduuuh,.. kurang i. Semestinya:

pumice, ... and silicified woods

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8