ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » Indonesian to English » Law (general)

Ketua Muda Pidana

English translation: Deputy Chief Justice for [General/Special] Crimes

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:Ketua Muda Pidana
English translation:Deputy Chief Justice for [General/Special] Crimes
Entered by: griselda_raisa

04:17 Jul 4, 2013
Indonesian to English translations [PRO]
Law/Patents - Law (general)
Indonesian term or phrase: Ketua Muda Pidana
Ketua Muda Pidana Nomor 1949/2012/S.787.Tah.Sus/PP/2012/MA tanggal 20 Juni 2012
griselda_raisa
Deputy Chief Justice for [General/Special] Crimes
Explanation:

Berdasarkan perkataan Mahkamah Agung sendiri dalam referensi di bawah.

Jadi:
Ketua MA = Chief Justice of the Supreme Court
Ketua Muda MA = Deputy Chief Justice of the Supreme Court

Masalahnya: di MA ada dua jenis pidana: Pidana Umum dan Pidana Khusus. Itulah alasan di dalam kurung siku [] ada pilihan General/Special.

Ref: http://rakernas.mahkamahagung.go.id/index.php/liputan-umum/2...
Regarding the National Working Meeting, former Deputy Chief Justice of Supervision expects the meeting not to stop at this meeting,...


--------------------------------------------------
Note added at 49 mins (2013-07-04 05:06:52 GMT)
--------------------------------------------------


Dengan kata lain, harap pastikan apakah pidananya umum atau khusus. Hal ini bisa dilihat pada putusan itu sendiri di bagian awal yang akan berbunyi: .....


P U T U S A N
No. xxxxxxxxx/2012
DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA
M A H K A M A H A G U N G
memeriksa perkara pidana [khusus/umum] ...


--------------------------------------------------
Note added at 1 day6 hrs (2013-07-05 10:39:43 GMT)
--------------------------------------------------

Hai Griselda. Jika Anda bisa melacak surat Nomor 1949/2012/S.787.Tah.Sus/PP/2012/MA, akan jelas di situ Ketua Muda yang menandatangani: apakah PidUm dan PidSus. Ini bukan masalah menambah atau mengurangi, melainkan kecermatan.

Bisa kok ditemukan putusan yang cermat, lengkap kata-katanya: Ketua Muda Pidana Khusus. Salah satu alasan Susno Duadji menolak eksekusi adalah putusan hakim yang tidak cermat (salah nomor perkara), namun sebenarnya tidak ambigu. Toh akhirnya Susno dieksekusi. Dengan Pidum/Pidsus, selain terjemahan lebih cermat, kekuatan hukum pun tetap pada teks sumber. Terjemahan hanya menjadi acuan. Dan terjemahan yang cermat adalah acuan yang baik.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1Deputy Chief Justice for [General/Special] Crimes
Erich Ekoputra
5 +1deputy chief justice for criminal affairs
Hipyan Nopri
3Junior-Chief Criminal Justice
Arfan Achyar


  

Answers


21 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Junior-Chief Criminal Justice


Explanation:
IMHO

Arfan Achyar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20

40 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
deputy chief justice for criminal affairs


Explanation:
Dalam konteks Mahkamah Agung RI,

ketua muda = deputy chief justice

ketua muda pidana = deputy chief justice for criminal affairs

--------------------------------------------------
Note added at 50 mins (2013-07-04 05:08:00 GMT)
--------------------------------------------------

Sebelumnya, di MA RI ada ketua muda pidana khusus dan ketua muda perdata khusus.

Namun demikian, jabatan ketua muda pidana khusus dan ketua muda perdata khusus ini sudah dihapus. Jadinya tinggal ketua muda pidana dan ketua muda perdata saja.
http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt515f10a1a5d1c/ma-ub...

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 177

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Erich Ekoputra: Pada 20 Juni 2012, bisa dilihat di sini: http://putusan.mahkamahagung.go.id/putusan/downloadpdf/3bc91... masih ada jabatan Ketua Muda Pidsus//Ya berarti dari salah satu: tinggal lihat naskah putusan/perkaranya & penandatangan.
22 mins
  -> Benar, penghapusan terjadi tahun 2013, tapi naskah sumbernya: ketua muda pidana.

agree  Rosmeilan Siagian: Setuju dengan padanan ini karena paling tepat dan dalam naskah sumbernya hanya disebutkan ketua muda pidana. Meskipun pada 2012 masih ada ketua pidum dan pidsus, judul putusan sebaiknya tidak ditambah-tambah atau dikurangi.
1 day2 hrs

41 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
Deputy Chief Justice for [General/Special] Crimes


Explanation:

Berdasarkan perkataan Mahkamah Agung sendiri dalam referensi di bawah.

Jadi:
Ketua MA = Chief Justice of the Supreme Court
Ketua Muda MA = Deputy Chief Justice of the Supreme Court

Masalahnya: di MA ada dua jenis pidana: Pidana Umum dan Pidana Khusus. Itulah alasan di dalam kurung siku [] ada pilihan General/Special.

Ref: http://rakernas.mahkamahagung.go.id/index.php/liputan-umum/2...
Regarding the National Working Meeting, former Deputy Chief Justice of Supervision expects the meeting not to stop at this meeting,...


--------------------------------------------------
Note added at 49 mins (2013-07-04 05:06:52 GMT)
--------------------------------------------------


Dengan kata lain, harap pastikan apakah pidananya umum atau khusus. Hal ini bisa dilihat pada putusan itu sendiri di bagian awal yang akan berbunyi: .....


P U T U S A N
No. xxxxxxxxx/2012
DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA
M A H K A M A H A G U N G
memeriksa perkara pidana [khusus/umum] ...


--------------------------------------------------
Note added at 1 day6 hrs (2013-07-05 10:39:43 GMT)
--------------------------------------------------

Hai Griselda. Jika Anda bisa melacak surat Nomor 1949/2012/S.787.Tah.Sus/PP/2012/MA, akan jelas di situ Ketua Muda yang menandatangani: apakah PidUm dan PidSus. Ini bukan masalah menambah atau mengurangi, melainkan kecermatan.

Bisa kok ditemukan putusan yang cermat, lengkap kata-katanya: Ketua Muda Pidana Khusus. Salah satu alasan Susno Duadji menolak eksekusi adalah putusan hakim yang tidak cermat (salah nomor perkara), namun sebenarnya tidak ambigu. Toh akhirnya Susno dieksekusi. Dengan Pidum/Pidsus, selain terjemahan lebih cermat, kekuatan hukum pun tetap pada teks sumber. Terjemahan hanya menjadi acuan. Dan terjemahan yang cermat adalah acuan yang baik.

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 247
Notes to answerer
Asker: Interesting discussion, betul Pak Erich ini kasusnya pidana khusus and on the other hand Pak Hipyan juga betul dalam hal bahwa naskah sumber berbunyi "kedua muda pidana" (saja) walaupun putusan ini ditetapkan pada tahun 2012 dimana notabene penghapusan jabatan "ketua muda pidana khusus" belum dihapuskan. Membingungkan juga ya


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Hipyan Nopri: Jabatan ketua muda pidana khusus dan ketua muda perdata khusus sudah dihapus. Jadinya tinggal ketua muda pidana dan ketua muda perdata saja. http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt515f10a1a5d1c/ma-ub...
5 mins
  -> Penghapusan dilakukan di 2013, sementara kita berbicara putusan tahun 2012. Demi ketepatan terjemahan, keadaan pada saat itulah yang harus diterjemahkan. Sama halnya dengan Menkumham. Kalau di zaman orba, Minister of Justice, bukan Minister of Laws & HR

agree  Norazilinah Ingram: Good explanation!
19 hrs
  -> Terima kasih Norazilinah!