KudoZ home » Indonesian to English » Law/Patents

jaksa penyidik

English translation: investigstor prosecutor


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:jaksa penyidik
English translation:investigstor prosecutor
Entered by: Lenah Susianty

13:31 Jul 12, 2002
Indonesian to English translations [PRO]
Law/Patents
Indonesian term or phrase: jaksa penyidik
setelah penyelidikan dilakukan, kasus itu diserahkan kepada jaksa penyidik
Lenah Susianty
United Kingdom
Investigating Prosecutor
Explanation:
The Investigating Prosecutor will further evaluate the finding of the investigation results.
Selected response from:

Oscar Rompis
United States
Grading comment
thanks, this is what I found in the KUHAP:
Penyelidik dan Penyidik.
pasal 4: Penyelidik adalah setiap pejabat Polisi Negara RI.
Pasal 5:
(1) Penyelidik sebagaimana dimaksud dlm ps 4:
a. Karena kewajibannya mempunyai wewenang:
1. menerima laporan atau penaduan dari seseorang tentang adanya tindak
pidana
2. mencari keterangan dan barang bukti
3. menyuruh berhenti seseirang yg dicurigai dan menanyakan serta memeriksa
tanda pengenal diri.
4. mengadakan tindakan lain menurut hukum yg bertgjw.
b. Atas printa penydik dapat melakukan tidakan berupa:
1. panangkapan, larangan meninggalkan tempat, penggeledahan dan penyitaan
2. pemeriksaan dan penyitaan surat
3. mengambil sidik jari dan memotret serseorang
4. membawa dan menghadapkan seorang pada penyidik

(2) Penyelidik membuat dan menyampaikan laporan hasil elaksanaan tindakan
sebagaimana tersebut pada ayat (1) a, b ke peyidik.

Pasal 6:
(1) Penyidik adalah:
a. Penjabat Polisi Negara RI
b. Penjabat pegawai negeri sipil tertentu yg diberi kewenangan khusus oleh
UU
(2) Syarat kepangkatan pejabat sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) akan diatur leboh lanjut dalam PP

thanks very much
2 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +4prosecutor
Rayindra
4Investigating ProsecutorOscar Rompis


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +4
prosecutor


Explanation:
a person who institutes an official prosecution before a court

Other option:
'prosecuting attorney'
Explanation: an attorney who conducts proceedings in a court on behalf of the government.

Rayindra
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in pair: 245

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Abdul Karim: still other option "prosecuting attorney"
7 hrs

agree  Arika: Or public prosecutor
12 hrs

agree  eldira: prosecutor would be fine
17 hrs

agree  Abdul Mukhid
21 hrs

17 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Investigating Prosecutor


Explanation:
The Investigating Prosecutor will further evaluate the finding of the investigation results.

Oscar Rompis
United States
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 2
Grading comment
thanks, this is what I found in the KUHAP:
Penyelidik dan Penyidik.
pasal 4: Penyelidik adalah setiap pejabat Polisi Negara RI.
Pasal 5:
(1) Penyelidik sebagaimana dimaksud dlm ps 4:
a. Karena kewajibannya mempunyai wewenang:
1. menerima laporan atau penaduan dari seseorang tentang adanya tindak
pidana
2. mencari keterangan dan barang bukti
3. menyuruh berhenti seseirang yg dicurigai dan menanyakan serta memeriksa
tanda pengenal diri.
4. mengadakan tindakan lain menurut hukum yg bertgjw.
b. Atas printa penydik dapat melakukan tidakan berupa:
1. panangkapan, larangan meninggalkan tempat, penggeledahan dan penyitaan
2. pemeriksaan dan penyitaan surat
3. mengambil sidik jari dan memotret serseorang
4. membawa dan menghadapkan seorang pada penyidik

(2) Penyelidik membuat dan menyampaikan laporan hasil elaksanaan tindakan
sebagaimana tersebut pada ayat (1) a, b ke peyidik.

Pasal 6:
(1) Penyidik adalah:
a. Penjabat Polisi Negara RI
b. Penjabat pegawai negeri sipil tertentu yg diberi kewenangan khusus oleh
UU
(2) Syarat kepangkatan pejabat sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) akan diatur leboh lanjut dalam PP

thanks very much