KudoZ home » Indonesian to English » Other

pembimbing skripsi

English translation: Thesis Adviser/Superviser;


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:pembimbing skripsi
English translation: Thesis Adviser/Superviser;
Entered by: Setia Bangun

06:47 Jan 15, 2003
Indonesian to English translations [Non-PRO]
/ other
Indonesian term or phrase: pembimbing skripsi
pembimbing skripsi, skripsi, IPK, apa bahasa inggrisnya
aning
Pembimbing Skripsi = Thesis Adviser/Superviser; Skripsi = Thesis; IPK = GPA (Grade Point Average)
Explanation:
Skripsi itu memang biasa diterjemahkan sebagai Thesis dan Disertasi disebut Dissertation di Amerika; tetapi di Inggris sebagian besar universitas menyebut Dissertation untuk S2 dan Thesis untuk S3. Pembimbing untuk penulisan Skripsi/Disertasi itu biasa disebut Adviser/Superviser.
IPK, Indeks Prestasi Kumulatif, sebetulnya mengikuti pola pendidikan Perguruan Tinggi AS; jadi IPK disejajarkan/diterjemahkan menjadi GPA. Perguruan Tinggi di Inggris jarang memakai istilah IPK/GPA.
Semoga membantu.
Selected response from:

Setia Bangun
Indonesia
Grading comment
thank's bangun :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2Pembimbing Skripsi = Thesis Adviser/Superviser; Skripsi = Thesis; IPK = GPA (Grade Point Average)Setia Bangun
5supervisor, thesis atau sub-thesis, cummulative achievement index
Arika
4thesis adviser
Elisabeth Ghysels


  

Answers


15 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
thesis adviser


Explanation:
Greetings,

Nikolaus

--------------------------------------------------
Note added at 2003-01-15 07:11:25 (GMT)
--------------------------------------------------

skripsi is not completely identical with thesis, but there is no specific word for skripsi in English (you wouldn\'t probably want to write \"minithesis\" (as babylon does), or assignment or task, as they again usually are a bit less substantial than a skripsi).


    Reference: http://www.fas.harvard.edu/~folkmyth/Choosing%20Adviser.htm
Elisabeth Ghysels

40 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
Pembimbing Skripsi = Thesis Adviser/Superviser; Skripsi = Thesis; IPK = GPA (Grade Point Average)


Explanation:
Skripsi itu memang biasa diterjemahkan sebagai Thesis dan Disertasi disebut Dissertation di Amerika; tetapi di Inggris sebagian besar universitas menyebut Dissertation untuk S2 dan Thesis untuk S3. Pembimbing untuk penulisan Skripsi/Disertasi itu biasa disebut Adviser/Superviser.
IPK, Indeks Prestasi Kumulatif, sebetulnya mengikuti pola pendidikan Perguruan Tinggi AS; jadi IPK disejajarkan/diterjemahkan menjadi GPA. Perguruan Tinggi di Inggris jarang memakai istilah IPK/GPA.
Semoga membantu.

Setia Bangun
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 4
Grading comment
thank's bangun :)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira: jawaban yang terlengkap
4 hrs

agree  Kardi Kho: yep, agree with eldira
21 hrs

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
supervisor, thesis atau sub-thesis, cummulative achievement index


Explanation:
Di Australia yang saya pernah alami sering dinamakan supervisor, atau academic supervisor, atau thesis supervisor. Untuk BA Honours namanya bukan thesis tapi sering sub-thesis. Untuk MA atau PhD namanya thesis.
HTH

Arika
Australia
Native speaker of: Native in EnglishEnglish, Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 36