KudoZ home » Indonesian to English » Poetry & Literature

mengasah ketelitian

English translation: increases our accuracy / meticulousness


02:05 Mar 24, 2007
Indonesian to English translations [PRO]
Art/Literary - Poetry & Literature / komik anak-anak
Indonesian term or phrase: mengasah ketelitian
Seorang petugas kantor pos berkata:

"Hobi mengoleksi prangko atau filateli bukan hanya soal nilai jutaan rupiah, filateli juga akan memperluas wawasan dan mengasah ketelitian kita."

Apa ya, bahasa Inggrisnya mengasah ketelitian itu?

Thanks and best regards,
s
Yohanes Sutopo
English translation:increases our accuracy / meticulousness
Explanation:
increases bisa diganti dgn develops atau kalau mau harfiahnya mengasah pakai "hones" atau "sharpens". Tetapi mengingat ini untuk bacaan anak-anak seyogyanya pakai vocabulary yang simple saja.
Selected response from:

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Grading comment
Thanks, everyone.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1increases our accuracy / meticulousness
Eddie R. Notowidigdo
4train/enhance our attention to details
Erich Ekoputra
3improve your skill to see things in details
Hikmat


  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
increases our accuracy / meticulousness


Explanation:
increases bisa diganti dgn develops atau kalau mau harfiahnya mengasah pakai "hones" atau "sharpens". Tetapi mengingat ini untuk bacaan anak-anak seyogyanya pakai vocabulary yang simple saja.

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 23
Grading comment
Thanks, everyone.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin: setelah saya cek di google saya pilih meticulousness
1 day1 hr
  -> Thanks!

41 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
improve your skill to see things in details


Explanation:
imho

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 32

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mengasah ketelitian kita
train/enhance our attention to details


Explanation:
Ketelitian dalam filateli biasanya merujuk pada perhatian akan rincian prangko (kebersihan, kelurusan/tidak terlipat, jumlah perforasi/gigi, kejelasan cap pos, dst) maupun pengolahannya (pelepasan lem, pengangin-anginan, penempatan di album, dst.)

Saya cenderung memaknai mengasah sebagai melatih atau meningkatkan. Pilihan: train/enhance. Bisa juga "exercise", tapi mungkin terlalu berat.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 44