community engagement

Indonesian translation: pelibatan masyarakat

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:community engagement
Indonesian translation:pelibatan masyarakat
Entered by: David Andersen

12:02 Mar 29, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Advertising / Public Relations
English term or phrase: community engagement
(1) Community engagement strategies, implementation and evaluation
(2) Community engagement specialists
(3) a well-designed and executed community engagement strategy is critical for a successful Corporate Social Responsibility program
(4) it has never been more important to communicate and engage with communities and stakeholders effectively

Semua kalimat ini berhubungan dengan apa yang dilakukan perusahaan yang ahli dalam hal community engagement. Saya perlu mendapat istilah yang paling tepat dan wajar, baik untuk kata bendanya (1 s/d 3), maupun kata kerjanya (4)
David Andersen
Australia
pelibatan masyarakat
Explanation:
IMHO

--------------------------------------------------
Note added at 24 menit (2012-03-29 12:27:11 GMT)
--------------------------------------------------

Menurut KBBI online http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php, pelibatan merupakan proses, cara, perbuatan melibatkan. Sementara, keterlibatan bermakna keadaan terlibat. Bila melihat konteksnya, point no. 1 terutama, agak janggal bila kata "strategi", "implementasi" dan "evaluasi" disandingkan dengan kata "keterlibatan" yang merupakan suatu bentuk kondisi. Untuk kata kerjanya, bisa dipakai kata dasar dari kata "pelibatan", yakni "libat" dengan menambahkan imbuhan me ~ kan menjadi melibatkan (engage with).

IMHO
Selected response from:

Sudiatno
Indonesia
Grading comment
Terima kasih atas istilah yang tepat yang meraih dukungan yang banyak dari rekan-rekan.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +5pelibatan masyarakat
Sudiatno
4peran serta masyarakat
Rudolf Frans Maulany
4perangkulan masyarakat
Erich Eko
4keterlibatan komunitas
Monica Arifin


  

Answers


5 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
keterlibatan komunitas


Explanation:
Keterlibatan komunitas jadi langkah berikutnya untuk membantu kampanye penanggulangan HIV/AIDS.

http://www.kbr68h.com/perbincangan/klinik/14321-komunitas-a-...

Monica Arifin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

4 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +5
pelibatan masyarakat


Explanation:
IMHO

--------------------------------------------------
Note added at 24 menit (2012-03-29 12:27:11 GMT)
--------------------------------------------------

Menurut KBBI online http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php, pelibatan merupakan proses, cara, perbuatan melibatkan. Sementara, keterlibatan bermakna keadaan terlibat. Bila melihat konteksnya, point no. 1 terutama, agak janggal bila kata "strategi", "implementasi" dan "evaluasi" disandingkan dengan kata "keterlibatan" yang merupakan suatu bentuk kondisi. Untuk kata kerjanya, bisa dipakai kata dasar dari kata "pelibatan", yakni "libat" dengan menambahkan imbuhan me ~ kan menjadi melibatkan (engage with).

IMHO


Sudiatno
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih atas istilah yang tepat yang meraih dukungan yang banyak dari rekan-rekan.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian
16 mins
  -> Terima kasih, bu Rosmeilan

agree  Wiyanto Suroso
1 hr
  -> Terima kasih, Pak Wiyanto

agree  hetty raphita tobing: agree
21 hrs
  -> Terima kasih, Bu Raphita

agree  Irma Nurhayati
22 hrs
  -> Terima kasih, Bu Irma

agree  Henny Willis
1 day 9 hrs
  -> Terima kasih, Bu Henny

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
perangkulan masyarakat


Explanation:

Bertumpu pada makna kiasan berikut di KBBI:

berangkulan 1 saling merangkul: ...; 2 ki bekerja sama ...

Jadi, perangkulan masyarakat adalah upaya mengajak masyarakat bekerja sama dalam berbagai bentuk. Bisa jadi ini berarti melibatkan masyarakat dalam program kita - misalnya menanam pohon atau menyelamatkan rawa. Bisa jadi kita melibatkan diri ke dalam acara masyarakat, misalnya memberikan nasihat teknis pembangunan balai desa, menyumbang hewan korban waktu lebaran haji, dll.

Perusahaan merangkul masyarakat agar masyarakat merangkul perusahaan.

Ref: http://www.gcftaskforce.org/documents/Final GCF Meeting Agen...
Peluang dan strategi pendanaan untuk kegiatan dan perangkulan masyarakat. GCF REDD+. Keputusan GCF tentang strategi dan arah WG...

Ref: http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/27290...
Strategi PT. IAMI APPU dalam upayanya merangkul masyarakat pada kegiatan CSR perusahaan dapat dilihat dari pendekatan pengembangan masyarakatnya secara direktif (instruktif). Memang sudah ada inisiatif perusahaan 95 dari awal untuk menentukan program yang sebaiknya ditujukan untuk masyarakat.


Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 24
Notes to answerer
Asker: Thanks for this suggestion; I think this captures the meaning, but I preferred the more widely used term.


835 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
peran serta masyarakat


Explanation:
community engagement translated as peran serta masyarakat a term well known used in projects involving the community

Example sentence(s):
  • community engagement
  • peran serta masyarakat
Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Works in field
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search