Play-dough

Indonesian translation: lilin mainan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Play-dough
Indonesian translation:lilin mainan
Entered by: Christianna Braithwaite

23:14 Jul 16, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Art, Arts & Crafts, Painting
English term or phrase: Play-dough
Play-dough ini adalah adonan yang bahannya mungkin terbuat dari karet dan digunakan anak-anak untuk membuat berbagai macam bentuk.

Gambar: http://www.instructables.com/files/deriv/F8N/Z8W8/2J8EV0FB31...

Saya ingat pas masa kecil dulu di TK, guru kami sering memberi kami beberapa gumpal yang berbeda warna dan menyuruh kami untuk membuat berbagai jenis benda menggunakan karet ini.

Tetapi, sampai saat ini, rasanya saya tidak ingat kalau ada nama khususnya. Dulu rasanya sih saya selalu mendengar 'play-dough' ini disebut 'karet', tapi kalau misalnya harus menerjemahkan dokumen tentang perkembangan anak dan ada kata ini, apakah ada padanan dalam Bahasa Indonesianya yang lebih oke?

TIA.
Christianna Braithwaite
Australia
lilin mainan
Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 11 mins (2009-07-16 23:25:22 GMT)
--------------------------------------------------

Ref.:
Yang agak anteng paling waktu dikasih mainan malam alias *lilin mainan* (play-dough).
http://ratnarespati.com/2008/10/14/play-station-vs-galah-asi...

Play Dough (Lilin Mainan)
http://uniquebebi.com/?p=productsMore&iProduct=341

Play dough merupakan mainan dari lilin yang dapat diubah-ubah bentuknya.
http://yellashakti.wordpress.com/category/kimia/
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thank you :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1malam
Wiyanto Suroso
5 +1lilin mainan
Hipyan Nopri
5lilin liat
ivo abdman
5pasta/malam
Rahmad Ibrahim
4adonan kreasi, adonan reka
Erich Eko


Discussion entries: 1





  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
play-dough
malam


Explanation:
play-dough : "malam" atau lilin warna-warni yang bebas untuk dibentuk

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Meidy Maringka: benar, biasanya utk permainan anak, kita sebut malam, dan ada bermacam warna
56 mins
  -> Terima kasih, mBak Meidy. Padanan istilah yang singkat, "malam".

6 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
play-dough
lilin mainan


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 11 mins (2009-07-16 23:25:22 GMT)
--------------------------------------------------

Ref.:
Yang agak anteng paling waktu dikasih mainan malam alias *lilin mainan* (play-dough).
http://ratnarespati.com/2008/10/14/play-station-vs-galah-asi...

Play Dough (Lilin Mainan)
http://uniquebebi.com/?p=productsMore&iProduct=341

Play dough merupakan mainan dari lilin yang dapat diubah-ubah bentuknya.
http://yellashakti.wordpress.com/category/kimia/

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Thank you :)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Arfan Achyar: dulu juga waktu TK disebut sebagai lilin mainan.
5 days

16 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
play-dough
adonan kreasi, adonan reka


Explanation:
Karena bentuknya mirip adonan kue, saya usulkan adonan kreasi; atau jika ingin adonan reka.

Tapi, bukankah ini TM (merek dagang)?

http://forumautisme.net/viewtopic.php?f=34&t=152



Example sentence(s):
  • Pasir, adonan mainan (play dough), adonan sungguhan, biji-bijian, tanah lempung, kain-kainan, dan bahan lain yang bisa manipulasi dengan tangan – dijumput, ...
Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
play-dough
lilin liat


Explanation:
Analogi -> tanah liat

lilin memiliki bermacam-macam jenis seperti halnya tanah

Untuk tanah liat, dapat dibuat menjadi lebih liat dengan membuatnya menjadi adonan tanah dengan campuran air, sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk sesuai keinginan

Begitu pula lilin, dapat dibuat menjadi liat dengan membuatnya menjadi adonan dengan bahan utama lilin dan zat-zat peliat yang sesuai untuk lilin

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
play-dough
pasta/malam


Explanation:
kami kalau di toko-toko mainan semarang biasa membeli dengan nama pasta tapi ada juga yang menyebut malam

Rahmad Ibrahim
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search