reading relative

Indonesian translation: patokan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:reading
Indonesian translation:patokan
Entered by: Erich Ekoputra

23:45 Dec 29, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Astronomy & Space
English term or phrase: reading relative
Solar output: Indicate the strength of the sun's radiant energy reaching the earth, as a reading relative to an entire 90,000-year glacial cycle.
Aditya Ikhsan Prasiddha
Indonesia
patokan relatif terhadap
Explanation:
Saya mengambil makna berikut:

reading: a particular interpretation of a text or situation.

Jika disederhanakan: keluaran matahari ..., sebagai patokan relatif terhadap seluruh daur glasial ....


Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5hasil pembacaan relatif terhadap
Ferry Toar
5data yang berkaitan dengan/data mengenai
Rahmad Ibrahim
4pembacaan ukuran relatif
adihway88
4patokan relatif terhadap
Erich Ekoputra
4hasil pengukuran yang bersesuaian (dengan)
Wiyanto Suroso
3hasil pembacaan data yang berkaitan
Ikram Mahyuddin
3angka relatif
Hikmat


Discussion entries: 2





  

Answers


42 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
angka relatif


Explanation:
Kamus Oxford: a figure recorded on a measuring instrument


Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
hasil pengukuran yang bersesuaian (dengan)


Explanation:
reading -noun: measurement, measuring, mensuration (bacaan hasil pengukuran alat; saya singkat dengan “hasil pengukuran”)

relative (to): in proportion (to), proportionate (to), proportional (to), corresponding (to), yang bersesuaian (dengan)

(a) reading relative (to): hasil pengukuran yang bersesuaian (dengan)

Solar output: Indicate the strength of the sun's radiant energy reaching the earth, as a reading relative to an entire 90,000-year glacial cycle.

Keluaran matahari: Menyatakan kekuatan energi radiasi matahari yang mencapai bumi, yang hasil pengukuran bersesuaian dengan keseluruhan daur gletser 90 000 tahun.


Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pembacaan ukuran relatif


Explanation:
imho

adihway88
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 2

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
data yang berkaitan dengan/data mengenai


Explanation:
Menurut pendapat saya, pertanyaan penanya seharusnya reading relative to, bukan reading relative
reading bertepatan konteks di atas adalah data, hal ini bersesuaian dengan definisi reading, yang juga berarti:
a datum about some physical state that is presented to a user by a meter or similar instrument;
(http://www.google.co.id/search?hl=id&defl=en&q=define:readin...

sedangkan relative to bersinonim dengan concerning= mengenai
lihat: http://www.thefreedictionary.com/relative to

sementara di kamus Merriam Wesbter, bermakna, in connection with= berkaitan dengan
(http://m-w.com/dictionary/relative to)




Rahmad Ibrahim
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

5 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
hasil pembacaan data yang berkaitan


Explanation:
imo

--------------------------------------------------
Note added at 5 jam (2009-12-30 05:42:00 GMT)
--------------------------------------------------

hasil pembacaan data yang berkaitan dengan

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
hasil pembacaan relatif terhadap


Explanation:
as a reading relative to = sebagai hasil pembacaan relatif terhadap.
Dalam konteks ini relative to menjelaskan bahwa solar output dinyatakan sebagai besaran bersifat relatif, dan dinyatakan sebagai perbandingan dengan besaran lain yang disebutkan sesudahnya.

Ferry Toar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

13 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
reading relative to
patokan relatif terhadap


Explanation:
Saya mengambil makna berikut:

reading: a particular interpretation of a text or situation.

Jika disederhanakan: keluaran matahari ..., sebagai patokan relatif terhadap seluruh daur glasial ....




Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 14




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search