Waxing gibbous & waning gibbous

Indonesian translation: cembung muda & cembung tua

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:waxing gibbous & waning gibbous
Indonesian translation:cembung muda & cembung tua
Entered by: Erich Ekoputra

06:00 Mar 29, 2014
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Astronomy & Space / Fase-fase pergerakan bulan
English term or phrase: Waxing gibbous & waning gibbous
Fase-fase pergerakan bulan
Nur Cholis
Indonesia
cembung muda & cembung tua
Explanation:

√ Bentuk bulan yang lebih dari setengah lingkaran namun kurang dari purnama ini disebut juga dengan bulan cembung.

√ Demi keselarasan terhadap istilah bulan mati yang banyak dipakai, saya usulkan cembung muda dan cembung tua. Bukankah agar mati, makhluk (=ciptaan) itu perlu muda dan tua lebih dahulu?

GOOGLIK (coksis / exact match)
"bulan cembung": 3.360 ulik
"fase bulan cembung": 40.500 ulik

SURJAYA
Gudang info: http://id.wikipedia.org/wiki/Bulan
Fase-fase bulan
bulan mati - bulan sabit - bulan separuh - bulan cembung - bulan purnama
bulan purnama - bulan cembung - bulan separuh - bulan sabit - bulan mati

Komunitas: http://www.infoastronomy.co.vu/2013/10/lihat-bulan-dan-jupit...
Mulai pukul 04.00 waktu setempat, Bulan yang dalam fase Bulan Cembung akan terbit di arah langit Timur....
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thank you!!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5cembung muda & cembung tua
Erich Ekoputra
4 +1benjol awal & benjol akkhir
Wiyanto Suroso


  

Answers


36 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
waxing gibbous & waning gibbous
benjol awal & benjol akkhir


Explanation:
Di antara beberapa pilihan istilah, saya menganggap bahwa ini yang paling mengena.

Fase bulan yang lain adalah sabit (crescent) dan benjol (gibbous)....

http://id.wikipedia.org/wiki/Fase_bulan

Bulan Benjol Awal (waxing gibbous moon)
Bulan Benjol Akhir (waning gibbous moon)

http://begawanariyanta.wordpress.com/2013/01/27/fase-bulan-2...



Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin: saya keduluan Mas Wiyanto :)
2 mins
  -> Wah, maaf, saya tidak tahu. hehehe...Terima kasih, ya.

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
waxing gibbous & waning gibbous
cembung muda & cembung tua


Explanation:

√ Bentuk bulan yang lebih dari setengah lingkaran namun kurang dari purnama ini disebut juga dengan bulan cembung.

√ Demi keselarasan terhadap istilah bulan mati yang banyak dipakai, saya usulkan cembung muda dan cembung tua. Bukankah agar mati, makhluk (=ciptaan) itu perlu muda dan tua lebih dahulu?

GOOGLIK (coksis / exact match)
"bulan cembung": 3.360 ulik
"fase bulan cembung": 40.500 ulik

SURJAYA
Gudang info: http://id.wikipedia.org/wiki/Bulan
Fase-fase bulan
bulan mati - bulan sabit - bulan separuh - bulan cembung - bulan purnama
bulan purnama - bulan cembung - bulan separuh - bulan sabit - bulan mati

Komunitas: http://www.infoastronomy.co.vu/2013/10/lihat-bulan-dan-jupit...
Mulai pukul 04.00 waktu setempat, Bulan yang dalam fase Bulan Cembung akan terbit di arah langit Timur....

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 14
Grading comment
Thank you!!




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search