depauperate fauna

Indonesian translation: miskin fauna

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:depauperate fauna
Indonesian translation:miskin fauna
Entered by: Monica Arifin

06:47 Mar 23, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Biology (-tech,-chem,micro-) / Biology
English term or phrase: depauperate fauna
This term is from biodiversity and conservation term, especially in conservation of bats in South East Asia.
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
miskin fauna
Explanation:
Definition of depauperate fauna :
A fauna, especially common on islands, lacking many species found in similar habitats elsewhere.
http://www.everythingbio.com/glos/definition.php?word=depaup...

Paparan terumbu yang miskin fauna secara umum mengindikasikan pemanfaatan kawasan terumbu karang sudah berlangsung sejak lama di pulau ini.

http://www.kmb-sulsel.net/index.php?view=article&catid=53:co...

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2012-03-23 08:09:03 GMT)
--------------------------------------------------

Depauperate: having a limited biodiversity
http://www.wordnik.com/words/depauperate

Easter Island holds a particular interest for zoogeographers because of its extreme remoteness and resulting depauperate fauna.
Second, the fauna is truly depauperate and "unbalanced." Only six species are known from recent collections on the island, of which two belong to a single genus (Tetramorium).
http://hbs.bishopmuseum.org/pi/pdf/15(2)-285.pdf
Selected response from:

Monica Arifin
Indonesia
Grading comment
Terima kasih MonicaA atas bantuan istilahnya. Anda telah membantu kami dalam mengerjakan tugas kami. Kepada teman-teman yang lain, kami juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya. Semoga pekerjaan kita semua bisa lebih baik dan bermanfaat.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5Fauna miskin jumlah dan keanekaragaman spesies
Rosmeilan Siagian
4fauna miskin ragam
Erich Eko
4fauna kerdil
Hipyan Nopri
4fauna dengan keragaman jenis rendah
Wiyanto Suroso
4depauperasi fauna
Rudolf Frans Maulany
3fauna yang kurang beranekaragam
David Andersen
3miskin fauna
Monica Arifin


  

Answers


40 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
fauna kerdil


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 44 mins (2012-03-23 07:32:05 GMT)
--------------------------------------------------

Rujukan:
depauperate = kerdil
http://bahasa.kemdiknas.go.id/glosarium/index.php?gloss_asin...

Suppression of terms "dwarf," "depauperate," "diminutive" to designate small size of a fauna is proposed.
http://www.jstor.org/discover/10.2307/1300000?uid=3738224&ui...

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

29 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
miskin fauna


Explanation:
Definition of depauperate fauna :
A fauna, especially common on islands, lacking many species found in similar habitats elsewhere.
http://www.everythingbio.com/glos/definition.php?word=depaup...

Paparan terumbu yang miskin fauna secara umum mengindikasikan pemanfaatan kawasan terumbu karang sudah berlangsung sejak lama di pulau ini.

http://www.kmb-sulsel.net/index.php?view=article&catid=53:co...

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2012-03-23 08:09:03 GMT)
--------------------------------------------------

Depauperate: having a limited biodiversity
http://www.wordnik.com/words/depauperate

Easter Island holds a particular interest for zoogeographers because of its extreme remoteness and resulting depauperate fauna.
Second, the fauna is truly depauperate and "unbalanced." Only six species are known from recent collections on the island, of which two belong to a single genus (Tetramorium).
http://hbs.bishopmuseum.org/pi/pdf/15(2)-285.pdf

Monica Arifin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih MonicaA atas bantuan istilahnya. Anda telah membantu kami dalam mengerjakan tugas kami. Kepada teman-teman yang lain, kami juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya. Semoga pekerjaan kita semua bisa lebih baik dan bermanfaat.

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
fauna dengan keragaman jenis rendah


Explanation:
Dalam bidang konservasi, 'depauperate' bermakna terbatasnya keragaman/keanekaragaman jenis atau spesies organisme di suatu daerah tertentu.

Lokasi yang dipilih adalah danau yang terdapat di Ecology Park kampus LIPI Cibinong, yang merupakan lokasi sangat tepat sebagai laboratorium alam dalam mempelajari suksesi ekosistem dan komunitas lahan kritis dengan keragaman jenis rendah menuju ekosistem hutan tropis yang kaya akan keragaman jenis fauna.

http://biologi.lipi.go.id/bio_bidang/file_doc_bidang/ekologi...

Dari nilai indeks keanekaragaman jenis yang didapat selama pengamatan maka dapat dikatakan kondisi keragaman jenis di perairan Teluk Ambon tergolong rendah.

http://www.limnologi.lipi.go.id/limnologi/p2limnologi/images...

Jika H’ < 3,2 maka bisa diartikan keanekaragaman jenis rendah, H’ antara 3,2 dan 9.9 keanekaragaman populasi sedang, dan H’ > 9,9 keanekaragaman populasi tinggi.

http://achamad.staff.ipb.ac.id/2012/01/05/中文-kolokium-agus-s...


Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 17

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
fauna yang kurang beranekaragam


Explanation:
Kalau menerangkan "fauna" depauperate memang berarti miskin, tetapi sebaiknya diperjelas bahwa bukan hanya miskin jumlah, tetapi juga miskin jenis.

Example sentence(s):
  • A depauperate ecosystem is one which is lacking in numbers or variety of species, often because it lacks enough stored chemical elements required for life. Thus, depauperate ecosystems often cannot support rapid growth of flora and fauna
  • A fauna, especially common on islands, lacking many species found in similar habitats elsewhere.

    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Depauperate_ecosystem
    Reference: http://groups.molbiosci.northwestern.edu/holmgren/Glossary/D...
David Andersen
Australia
Native speaker of: English
PRO pts in category: 4

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
fauna miskin ragam


Explanation:

Dengan meramu berbagai jawaban hebat yang sudah ada, saya usulkan jawaban padat singkat ini.

Yang utama adalah menggunakan pola miskin + kata benda yang sudah sering digunakan di bidang lain: miskin ilmu, miskin harta, miskin iman, miskin kepercayaan diri, miskin tekad dan berbagai miskin lain yang bisa ditemukan di Google/Yahoo/Bing.

Ref 1: http://pusdiklat.dephut.go.id/files/downloads/other/strategi...
... hilangnya akses pemanfaatan lahan dan hasil bukan kayu, rendahnya kesempatan kerja dan berusaha, produksi hutan tanaman miskin ragam, dan...

Ref 2: http://groups.yahoo.com/group/bumi-bandung/message/3211
Penanaman dengan pohon pinus atau Jati akan menghasilknan hutan yang homogen (miskin keragaman hayati) dan tanah yang rusak (lapisan humus yang tipis), sehingga tidak mampu menyimpan air hujan.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Fauna miskin jumlah dan keanekaragaman spesies


Explanation:
Saya juga hanya meramu dari jawaban-jawaban brilian yang sudah ditawarkan.

Selain itu, ide jawaban saya datang dari kalimat ini: Kisaran nilai indeks keanekaragaman Shannon ditentukan berdasarkan kriteria sebagai berikut (Hadijah, 2000): H' < 3,322: keanekaragaman spesies rendah, tekanan ekologi sangat kuat; H' < 9,966: keanekaragaman spesies sedang (moderat); H' ~ 9,966: keanekaragaman spesies tinggi, terjadi keseimbangan ekosistem.


--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2012-03-23 13:23:35 GMT)
--------------------------------------------------

Contoh kalimat yang saya berikan di atas dapat dilihat di tautan berikut: ejournal.umm.ac.id/index.php/.../61_umm_scientific_journal.doc. Semoga tautan tersebut bisa diakses.


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Depauperate_ecosystem
    Reference: http://groups.molbiosci.northwestern.edu/holmgren/Glossary/D...
Rosmeilan Siagian
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

837 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
depauperasi fauna


Explanation:
untuk depauperate usul tidak usah di terjemahkan karena merupakan istilah lingkungan tapi di bakukan saja ke bahasa Indonesia seperti halnya istilah paparasi sehingga lebih menyentuh dan tidak hilang makna sebenarnya(suggestion not to translate depauperate because it is an environmental term instead just apply it as an Indonesian term depauperasi fauna so as not to loose its real meaning such as the term paparazi)

Example sentence(s):
  • depauperate fauna
  • depaupareasi fauna
Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search