keystone species

Indonesian translation: spesies kunci

01:03 Mar 29, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Biology (-tech,-chem,micro-) / Ecology
English term or phrase: keystone species
This term is from ecology context in sentence of "Bats often form a significant proportion of the native mammalian fauna and their role as pollinators and seed disperses in some ecosystem has led to their designation as 'keystone species', the demise of which could lead to a cascade of extinctions."
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Indonesian translation:spesies kunci
Explanation:
Dalam konteks ini tidak ada banyak bedanya "keystone species" dan "key species", dalam arti bahwa spesies ini sangat penting dalam ekosistem sehingga kepunahannya akan ada dampak besar. Misalnya contoh kalimat di bawah dari artikel berjudul "MUSNAHNYA BURUNG PICU PUNAHNYA TANAMAN" jadi mirip dengan contoh kelelawar yang dikutip.
Selected response from:

David Andersen
Australia
Grading comment
Terima kasih Bapak David Andersen atas bantuan istilahnya, ini sangat membantu kami mengerjakan pekerjaan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang lain atas partisipasinya. Semoga kita semua bisa mengerjakan pekerjaan kita dengan baik. Amin ... 3x.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +4spesies kunci
David Andersen
4 +1spesies utama
Rudolf Frans Maulany
4spesies penentu
Arif Rakhman


  

Answers


17 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +4
spesies kunci


Explanation:
Dalam konteks ini tidak ada banyak bedanya "keystone species" dan "key species", dalam arti bahwa spesies ini sangat penting dalam ekosistem sehingga kepunahannya akan ada dampak besar. Misalnya contoh kalimat di bawah dari artikel berjudul "MUSNAHNYA BURUNG PICU PUNAHNYA TANAMAN" jadi mirip dengan contoh kelelawar yang dikutip.

Example sentence(s):
  • "Ini bukan hanya tentang kehilangan satu spesies dari muka bumi,” tambah Maron dikutip New Scientist. “Kehilangan spesies kunci dari wilayah lokal dapat menyebabkan keruntuhan ekosistem.”

    Reference: http://artikelmenarik.wordpress.com/2011/02/07/mbppt/
David Andersen
Australia
Native speaker of: English
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih Bapak David Andersen atas bantuan istilahnya, ini sangat membantu kami mengerjakan pekerjaan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang lain atas partisipasinya. Semoga kita semua bisa mengerjakan pekerjaan kita dengan baik. Amin ... 3x.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri
3 mins
  -> Terima kasih atas dukungannya yang begitu cepat!

agree  Helmy Ismail Sani
19 mins
  -> Thanks for taking the effort to agree with my answer!

agree  Erich Eko
2 hrs
  -> Thanks for taking the time to click on my suggestion.

agree  Ferry Toar
3 hrs
  -> Thanks for your support.

26 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
spesies penentu


Explanation:
keberadaan spesies ini sangat menentukan kelangsungan spesies lainnya dalam satu ekosistem.


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Keystone_species
Arif Rakhman
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

831 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
spesies utama


Explanation:
utama sebagai alternatif lain untuk terjemahan keystone

Example sentence(s):
  • keystone species
  • spesies utama
Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Eko
1078 days




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search