unset

Indonesian translation: asal-usul. Onset (?)

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:unset
Indonesian translation:asal-usul. Onset (?)
Entered by: Agustinus

13:27 Jan 19, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Biology (-tech,-chem,micro-)
English term or phrase: unset
The cause of the unset of the disease is still unknown.



---
thank you
Agustinus
Indonesia
asal-usul. Onset (?)
Explanation:
Bung Agustinus, mungkin masuknya "onset". Kalau "onset", padanannya ya "asal-usul", "asal muasal", "asal mula".
Selected response from:

fird_77
Indonesia
Grading comment
thank you :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5serangan
Dani Karuniawan
5berjangkitnya
Hipyan Nopri
4asal-usul. Onset (?)
fird_77
4mula
Achmad Fuad Lubis


Discussion entries: 1





  

Answers


30 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
asal-usul. Onset (?)


Explanation:
Bung Agustinus, mungkin masuknya "onset". Kalau "onset", padanannya ya "asal-usul", "asal muasal", "asal mula".

fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3
Grading comment
thank you :)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Henny Willis
4 hrs
  -> Trims Mbak Henny

disagree  Dani Karuniawan: Di dunia kedokteran, kata "asal-usul" diterjemahkan dari istilah "etiology" dan "origin", bukan "onset".
1 day 0 min

11 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
onset
berjangkitnya


Explanation:
Saya yakin ada kesalahan penulisan; istilah yg seharusnya 'onset.'

Secara umum, onset = awal terjadinya/timbulnya sesuatu.

Sehubungan dg penyakit, istilah yg biasa digunakan adalah 'berjangkitnya.'

Rujukan:
Onset = the beginning of something, especially something unpleasant.
"the onset of winter"
synonyms: start, beginning, commencement, arrival, (first) appearance, inception, emergence, day one, outbreak, dawn, genesis
"they foolishly ignored the onset of his aggressive behavior"
https://www.google.com/search?q=define: onset&ie=utf-8&oe=ut...

Cuaca Panas dan Berdebu Waspadai Berjangkitnya Penyakit Menular
http://isknews.com/cuaca-panas-berdebu-waspadai-berjangkitny...

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

20 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mula


Explanation:
Dari kalimat konteksnya yang terkait dengan penyakit (kedokteran) diduga bahwa frasa sumber unset seyogianya onset. Sedangkan frasa unset adalah suatu perintah pemrograman perangkat lunak untuk mencabut suatu variabel.

Ref: http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=31...
Onset: In medicine, the first appearance of the signs or symptoms of an illness as, for example, the onset of rheumatoid arthritis.
http://www.merriam-webster.com/dictionary/onset
Simple Definition of ONSET the beginning of something

Definisi onset dalam source language dalam pengertian proses perjalanan penyakit yang dimulai dari munculnya gejala penyakit berpadanan dengan mula sesuai acuan pada http://kbbi.web.id/mula

mula/mu·la/ n 1 asal; awal; pokok asal: bagaimana -- nya sehingga kaudapatkan barang itu?; 2 yang paling awal; yang dahulu sekali; waktu (tempat, keadaan, dan sebagainya) yang menjadi pangkal: pada -- nya bukan kota, melainkan dusun kecil; 3 lantaran; sebab: apa -- nya sehingga engkau menjadi begini?;
-- pertama pertama sekali; mula-mula; dari kecil -- sejak dari waktu kecil;

Jadi kalimat konteks menjadi: Penyebab mulanya penyakit belum diketahui.





Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 day 22 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
serangan


Explanation:
Itu maksudnya "onset" kalau dilihat dari konteksnya. Dalam dunia kedokteran, psikiatri, dan psikologi, istilah "onset" itu berarti serangan penyakit atau awal timbulnya penyakit pada diri pasien.

Kalau menilai dari 1 kalimat pendek itu, nampaknya "serangan" lebih cocok ketimbang "awal". Alternatif lainnya adalah "timbul".

Sumber: The cause of the unset of the disease is still unknown.
Alternatif 1: Penyebab serangan penyakit tersebut belum diketahui.
Alternatif 2: Penyebab timbulnya penyakit tersebut belum diketahui.

[By: Dani Medical Translator - 085316797962]

--------------------------------------------------
Note added at 1 day27 mins (2016-01-20 13:55:00 GMT)
--------------------------------------------------

Catatan tambahan: Dalam bidang kedokteran, "asal usul" menggunakan istilah "origin" atau "etiologi".

--------------------------------------------------
Note added at 1 day28 mins (2016-01-20 13:55:45 GMT)
--------------------------------------------------

etiologi = etiology

Dani Karuniawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search