lower biological functions/responses

Indonesian translation: Fungsi/respons biologis tubuh bagian bawah

06:01 Aug 19, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Biology (-tech,-chem,micro-)
English term or phrase: lower biological functions/responses
Prohibited types of usernames and avatars include those which:

Describe the human body and its lower biological functions or biological responses
Aditya Ikhsan Prasiddha
Indonesia
Indonesian translation:Fungsi/respons biologis tubuh bagian bawah
Explanation:
HTH

--------------------------------------------------
Note added at 16 mins (2016-08-19 06:18:50 GMT)
--------------------------------------------------

Misalnya, defecation atau urination.

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2016-08-19 07:13:54 GMT)
--------------------------------------------------

Jadi tidak boleh menggunakan "Nama Pengguna" dan gambar avatar yang menggambarkan kegiatan fungsi biologis tubuh bagian bawah, seperti kegiatan buang air besar atau buang air kecil.

--------------------------------------------------
Note added at 7 hrs (2016-08-19 13:43:01 GMT)
--------------------------------------------------

Mas Erich, saya cuma merujuk ke konteks. Istilah yang ditanyakan ini juga dapat ditemukan di Internet dengan susunan kata yang persis sama. Dan salah satu item lain di uraian yang sama adalah "Are directly or indirectly linked to sexual acts or violence" (seperti yang dapat dilihat di papan diskusi).
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2Fungsi/respons biologis tubuh bagian bawah
Regi2006
4Fungsi/respons biologis rendah
Alfreda
5 -1fungsi/respons jasmaniah rendah
Erich Eko
4Penurunan fungsi atau respon biologis
Joe Ly Sien
4fungsi/respons biologis dasar/asor
fird_77


Discussion entries: 1





  

Answers


19 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Penurunan fungsi atau respon biologis


Explanation:
Proses penurunan atau berkurangnya fungsi biologis dari seseorang yang bisa disebabkan oleh usia yang lanjut, sehingga terjadi degenerasi sel, perubahan fungsi biologis orang tersebut.


Example sentence(s):
  • Lansia adalah individu yang berusia 60 tahun yang pada umumnya memiliki tanda- tanda penurunan fungsi-fungsi biologis, psikologis dan ekonomi.

    Reference: http://library.upnvj.ac.id/pdf/2s1keperawatan/0810712019/bab...
    Reference: http://titamenawati.blogspot.co.id/2013/11/penurunan-anatomi...
Joe Ly Sien
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

32 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
fungsi/respons biologis dasar/asor


Explanation:
"lower" di sini bisa bermakna dua: a) bawah atau b) rendah/dasar/asor
Jika "lower" mengacu pada "function/response", maka maknanya adalah 'rendah/dasar/asor'. Jika "lower" mengacu pada "biological organs", maka maknanya adalah "organ tubuh bagian bawah".

Nah, saya menangkap "lower" di atas menjadi sifat dari "function/response", jadi maknanya adalah "rendah/dasar/asor".





    Reference: http://efikurniyawati61.blogspot.co.id/2014/11/fungsi-luhur-...
fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3

15 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
Fungsi/respons biologis tubuh bagian bawah


Explanation:
HTH

--------------------------------------------------
Note added at 16 mins (2016-08-19 06:18:50 GMT)
--------------------------------------------------

Misalnya, defecation atau urination.

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2016-08-19 07:13:54 GMT)
--------------------------------------------------

Jadi tidak boleh menggunakan "Nama Pengguna" dan gambar avatar yang menggambarkan kegiatan fungsi biologis tubuh bagian bawah, seperti kegiatan buang air besar atau buang air kecil.

--------------------------------------------------
Note added at 7 hrs (2016-08-19 13:43:01 GMT)
--------------------------------------------------

Mas Erich, saya cuma merujuk ke konteks. Istilah yang ditanyakan ini juga dapat ditemukan di Internet dengan susunan kata yang persis sama. Dan salah satu item lain di uraian yang sama adalah "Are directly or indirectly linked to sexual acts or violence" (seperti yang dapat dilihat di papan diskusi).

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Yuliana Wati
1 hr

agree  Hipyan Nopri: Exactly.
2 hrs

neutral  Erich Eko: Lihat kata2: menggambarkan tubuh manusia(=bagian mana pun tubuh atas/tengah/bawah) dan "its lower bio functions" Jadi: bagian tubuh+fungsi (mis. hidung ingusan, bukan hidung saja, atau ingusan saja). "s. acts/violence" <> "s. function"
7 hrs
  -> ’lower’ biological functions/responses can ‘never’ be construed as ‘dada sintal’. I'll sign off on this particular exchange at this point...

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): -1
fungsi/respons jasmaniah rendah


Explanation:

☕ Fungsi tubuh manusia kasarnya dibagi dua:

(a) tinggi, menyangkut aspek mental/intelektual
(b) rendah, menyangkut aspek fisik/jasmani.

☕ Ketentuan yang ditanyakan pada dasarnya melarang penggunaan avatar yang menggambarkan tubuh manusia dan fungsi jasmaniah rendahnya, terlepas dari letaknya. (Jadi, maaf sebesar-besarnya, *dada_sintal* atau *tangan_raja_raba_raba* tidak diperbolehkan, namun *otak_bersinar* mungkin diluluskan).

↪ Saya kira, fungsi/respons jasmaniah rendah di sini utamanya adalah seks dan sekresi (entah apakah mencakup juga, maaf: upil, ingus, dan belek).

✸✸✸✸✸ SURJAYA ✸✸✸✸✸
http://room4debate.com/debate/the-image-of-hispanic-women-in...
... culture is signified by the higher intellectual functions of the mind/brain while nature is signified by the lower biological functions of the body.

https://www.mpiwg-berlin.mpg.de/Preprints/P375.PDF
As opposed to lower (biological) functions, higher (cultural) functions develop through the mediation of cultural factors ....

--------------------------------------------------
Note added at 7 hrs (2016-08-19 13:44:55 GMT)
--------------------------------------------------

Referensi berikut mengatakan bahwa lower biological functions terkait dengan reproduksi (=seks) dan pencernaan (=sekresi):

https://www.sssb-law.com/media/1102/changes_to_the_americans...
... more advanced activities such as learning, concentrating, and thinking, as well as lower biological functions such as digestion and reproduction...



Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
disagree  Regi2006: Berdasarkan konteks, term yg ditanyakan asker sepertinya hanyalah salah satu dari sekian banyak item yg diatur. Dan untuk urusan esek-esek/seksual, biasanya akan dibikinkan item sendiri, karena itu merupakan sesuatu yang cukup 'major'.
1 hr
  -> Tidak cukup kuat bukti bahwa "lower biological f/s" = "lower body f/s". Yang lower IMHO, adalah f/s, bukan body. Jika punya bukti kuat, tambahkan sendiri di kotak jawaban Anda. Opini semisal "sepertinya" atau "biasanya" layak dibuktikan.

2 days 23 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Fungsi/respons biologis rendah


Explanation:
Lower dalam hal ini saya tangkap sebagai suatu tingkat/ level (lower - medium - higher) sehingga jika dikaitkan dengan kata fungsi/ respon biologis pada frase tersebut maka akan berarti fungsi/ respons biologis yang rendah. Secara efektif maka dapat diartikan fungsi/respons biologis rendah.

Alfreda
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search