calibration offset

Indonesian translation: offset kalibrasi

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:calibration offset
Indonesian translation:offset kalibrasi
Entered by: Faisal Mustafa

00:18 Apr 1, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Biology (-tech,-chem,micro-)
English term or phrase: calibration offset
I am translating an Operator's Handbook for a Digital Water Bath available at this link:

https://www.polyscience.com/sites/default/files/public/pdf/_...

The term that I am looking for is on page 10.

Setting the Calibration Offset
This function allows you to match the Water Bath’s temperature display to an external reference thermometer. A value from -3.0° to +3.0°C may be entered; the factory default is 0.0°C.

Thank you very for your help.
Faisal Mustafa
Indonesia
offset kalibrasi
Explanation:
Mungkin lebih baik offset tidak diterjemahkan. Kalau diterjemahkan mungkin butuh dua kata atau lebih sehingga tidak efisien, apalagi kalau kata ini sering muncul di dokumen.

offset kalibrasi menjadi 0.212 m, 0.99 m, dan 1.98 m. Hasilnya memang tidak tepat sama dengan yang sebenarnya namun sudah cukup mendekati yang sebenarnya dengan perbedaan terbesar 0.02 m atau 2 cm pada benda dengan jarak 2 m dengan resolusi 9.5 cm. Artinya kesalahan masih dalam batas ...
offset kalibrasi menjadi 0.212 m, 0.99 m, dan 1.98 m. Hasilnya memang tidak tepat sama dengan yang sebenarnya namun sudah cukup mendekati yang sebenarnya dengan perbedaan terbesar 0.02 m atau 2 cm pada benda dengan jarak 2 m dengan resolusi 9.5 cm. Artinya kesalahan masih dalam batas ...
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5selisih kalibrasi
Erich Ekoputra
5penyimpangan kalibrasi
Hipyan Nopri
4offset kalibrasi
Regi2006


  

Answers


18 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
offset kalibrasi


Explanation:
Mungkin lebih baik offset tidak diterjemahkan. Kalau diterjemahkan mungkin butuh dua kata atau lebih sehingga tidak efisien, apalagi kalau kata ini sering muncul di dokumen.

offset kalibrasi menjadi 0.212 m, 0.99 m, dan 1.98 m. Hasilnya memang tidak tepat sama dengan yang sebenarnya namun sudah cukup mendekati yang sebenarnya dengan perbedaan terbesar 0.02 m atau 2 cm pada benda dengan jarak 2 m dengan resolusi 9.5 cm. Artinya kesalahan masih dalam batas ...
offset kalibrasi menjadi 0.212 m, 0.99 m, dan 1.98 m. Hasilnya memang tidak tepat sama dengan yang sebenarnya namun sudah cukup mendekati yang sebenarnya dengan perbedaan terbesar 0.02 m atau 2 cm pada benda dengan jarak 2 m dengan resolusi 9.5 cm. Artinya kesalahan masih dalam batas ...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20
Grading comment
Thanks.

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
penyimpangan kalibrasi


Explanation:
Dalam konteks ini, saya mengusulkan:

calibration offset = penyimpangan kalibrasi.

Usul ini didasarkan pada definisi offset di bawah ini: Offset berarti keluaran sensor lebih tinggi atau lebih rendah daripada keluaran idealnya.

Rujukan:
Offset – An offset means that the sensor output is higher or lower than the ideal output. Offsets are easy to correct with a single-point calibration.
https://learn.adafruit.com/calibrating-sensors/so-how-do-we-...

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

2 days 9 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
selisih kalibrasi


Explanation:

⚽ Dilihat dari fungsinya, calibration offset ini memasukkan selisih kalibrasi antara pengukuran internal yang dilakukan alat dan pengukuran oleh termometer acuan eksternal.

Kalau ada perbedaan (mis. internal 30 eksternal 32), selisih +2 akan membuat internal = eksternal, sehingga tidak membingungkan pengguna soal mana yang benar.

🏝️ Secara tersirat, produsen alat mengakui bahwa termometer luar lebih bisa dipercaya, namun sekaligus percaya diri bahwa selisih pengukuran oleh alatnya maksimal hanya +/- 3 sehingga pada sebagian besar situasi akan selamat (safe) bagi pengguna.

★彡 SURJAYA
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=201006021647...
Sering kali untuk alat ukur memiliki ukuran dengan selisih kalibrasi tertentu pada kisaran penggunaan di ruang dengan temperatur tertentu, jika diperlukan ukuran ini dapat dikalibrasi setiap selang waktu tertentu.

http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/6805...
Bahwa semakin besar konsentrasi gas, semakin kecil nilai Rs/Ro pada pengujian ini didapatkan nilai rata-rata selisih kalibrasi pembacaan sensor sebesar 8,53 ppm atau nilai error persen rata-rata sebesar 0,26511321%.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search