district and county

Indonesian translation: distrik dan kabupaten

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:district and county
Indonesian translation:distrik dan kabupaten
Entered by: David Andersen

08:04 Jun 9, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Certificates, Diplomas, Licenses, CVs
English term or phrase: district and county
Saya mohon nasehat dari rekan-rekan mengenai istilah apa yang paling cocok untuk menerjemahkan kata district dan county yang muncul di akta perkawinan dari Inggris. District merupakan bagian dari county. Mohon memberikan pertimbangannya mengapa lebih suka memilih istilah tertentu. Kalimatnya akan berbunyi "Marriage solemnized in the District of _________ in the County of ______."
David Andersen
Australia
distrik dan kabupaten
Explanation:
Setelah memehartikan jawaban teman-teman:
id.wikipedia.org/wiki/Leeds
Kode area telepon, 0113 (pusat kota) ... Situs web, www.leeds.gov.uk ... Kota ini telah berubah total dari awalnya sebuah distrik kecil pada abad ..... Dewan-dewan dari Horsforth, Morley, Otley dan Wetherby adalah dewan kota kabupaten.

--------------------------------------------------
Note added at 2 jam (2012-06-09 10:32:46 GMT)
--------------------------------------------------

http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/04/16/1-laga-2-nega...
Negara Inggris terbagi menjadi 9 region atau wilayah (di Indonesia setingkat provinsi), 48 county atau daerah (di Indonesia setingkat kabupaten), dan beberapa distrik (bagian dari kabupaten). Berikut ini pembagian wilayah Inggris dan penyebaran klub sepak bola yang berlaga di Liga Utama (EPL) dan
di Divisi I (Championship):
Selected response from:

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Grading comment
Saya rasa paling bagus pakai kata yang sudah biasa di bahasa Indonesia yang paling dekat padanannya ke bahasa sumber. Analisa contoh dari kompasiana cukup meyakinkan
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +3district dan county
Rosmeilan Siagian
5 +1kecamatan dan kabupaten
Ahmad Ridwan Munib
4kabupaten dan provinsi
Hipyan Nopri
4distrik dan county
andi wahyuni
4kabupaten dan karesidenan
Helmy Ismail Sani
3distrik dan kounti
Erich Eko
3distrik dan kabupaten
Ikram Mahyuddin


  

Answers


40 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +3
district dan county


Explanation:
Menurut Oxford Advanced Learner's Dictionary, county adalah wilayah administratif terbesar di Britain, unit terbesar dari pemerintah daerah tapi tidak bisa juga dipadankan dengan provinsi.
Sedangkan, district adalah bagian dari sebuah negara yang diperlakukan sebagai sebuah unit administratif. Meskipun banyak yang menyetarakannya dengan kabupaten, saya usulkan tetap pakai istilah dalam bahasa Inggris saja karena setiap negara punya sistem administratif pemerintahan yang berbeda.
Dalam kalimat David, terjemahannya kira-kira begini: Upacara pernikahan diselenggarakan di District of ..., County of ...


    Reference: http://www.thefreedictionary.com/county
    Reference: http://www.thefreedictionary.com/district
Rosmeilan Siagian
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 7
Notes to answerer
Asker: Memang cara ini tepat, tetapi saya lebih cenderung mencari padanan bahasa Indonesia kalau ada yang dapat dipakai.


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  M. Laut: Setuju. Karena akta ada di Inggris, maka semua data alamat tdk bisa diterjemahkan. Demikian juga jika alamat ada (misal) di Jakarta, maka Kabupaten, Kecamatan dll. tdk bisa pula diterjemahkan.
7 hrs
  -> Terimakasih, Pak Laut. :)

agree  Budi Suryadi-
17 hrs
  -> Terimakasih, Pak Budi. :)

agree  Hendarto Setiadi: IMHO, tujuan penerjemahan di sini bukan pemahaman istilah, melainkan keterlacakan informasi untuk kebutuhan verifikasi
21 hrs
  -> Terimakasih, Pak Hendarto. :)

neutral  Ahmad Ridwan Munib: Mungkin bisa saja district dan county tidak dipadankan dengan kata yang lain, asalkan pembaca tidak menanyakan, "lembaga apa yang setara dengan district dan county ini di Indonesia?
1 day 5 hrs

41 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kabupaten dan karesidenan


Explanation:
Karesidenan adalah pembagian provinsi yang terdiri dari beberapa kabupaten meskipun istilah ini sekarang tidak begitu populer.
http://id.wikipedia.org/wiki/County

Helmy Ismail Sani
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
Notes to answerer
Asker: Setahu saya residen adalah wakil penjajah di satu wilayah, seperti orang Inggris di Malaya, jadi terlalu terikat dengan zaman penjajahan


51 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
distrik dan kounti


Explanation:

Tidak ada struktur yang benar-benar berimpitan (match) antara Indonesia dan Inggris (serta negara barat secara umum). Hierarki bisa disama-samakan, misalnya: presiden di Indonesia = presiden di AS, gubernur provinsi di Indonesia = gubernur negara bagian di AS.

Tetapi, lingkup kekuasaan (otonomi) dan hubungan struktur dengan pemerintah pusat berbeda.

Usul saya sih, transliterasikan saja: distrik dan kounti. Ini demi (a) menghormati struktur unik setiap negara; (b) penerjemah tidak repot menghadapi kritik bahwa terjemahan tidak benar-benar padan. Contohnya: karena orang sering mengatakan bahwa kecamatan = subdistrict, maka kabupaten = district dan provinsi = county?!! Kemudian, ada lagi konsep territory di Kanada... puyeng...

distrik sudah cukup lama dikenal; kounti harus dicoba.

Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 35

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Hipyan Nopri: Dalam konteks di atas, saya padankan district = kabupaten bukan karena orang sering mengatakan subdistrict = kecamatan, Rich. Lihat penjelasan atas jawaban saya.:)
5 hrs

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
distrik dan county


Explanation:


--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2012-06-09 09:20:25 GMT)
--------------------------------------------------

http://kateglo.bahtera.org/index.php?phrase=county&mod=gloss...

http://kateglo.bahtera.org/?mod=dictionary&action=view&phras...

http://www.tempo.co/read/news/2012/04/16/117397546/Wanita-In...



andi wahyuni
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
distrik dan kabupaten


Explanation:
Setelah memehartikan jawaban teman-teman:
id.wikipedia.org/wiki/Leeds
Kode area telepon, 0113 (pusat kota) ... Situs web, www.leeds.gov.uk ... Kota ini telah berubah total dari awalnya sebuah distrik kecil pada abad ..... Dewan-dewan dari Horsforth, Morley, Otley dan Wetherby adalah dewan kota kabupaten.

--------------------------------------------------
Note added at 2 jam (2012-06-09 10:32:46 GMT)
--------------------------------------------------

http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/04/16/1-laga-2-nega...
Negara Inggris terbagi menjadi 9 region atau wilayah (di Indonesia setingkat provinsi), 48 county atau daerah (di Indonesia setingkat kabupaten), dan beberapa distrik (bagian dari kabupaten). Berikut ini pembagian wilayah Inggris dan penyebaran klub sepak bola yang berlaga di Liga Utama (EPL) dan
di Divisi I (Championship):

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Saya rasa paling bagus pakai kata yang sudah biasa di bahasa Indonesia yang paling dekat padanannya ke bahasa sumber. Analisa contoh dari kompasiana cukup meyakinkan

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
kecamatan dan kabupaten


Explanation:
1. Dalam kamus Inggris Indonesia oleh John M. Echols dan Hasan Shadily, "County adalah kabupaten", sedangkan district merupakan bagian dari county yang dalam hal ini adalah kecamatan. Jadi saya menyimpulkan bahwa district adalah kecamatan dan county adalah kabupaten.
2. Dalam banyak abstract untuk karya ilmiah pada tingkat S1 dan pasca sarjana, "kecamatan sering dipadankan dengan district". Sedangkan kabupaten sering dipadankan dengan regency dan/atau county.
3. Pelaksanaan pernikahan seringkali hanya melibatkan administrasi pemerintahan tingkat kecamatan dan kabuapaten.

Jadi, dalam mengartikan district dan country adalah kecamatan dan kabupaten.

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2012-06-09 12:20:50 GMT)
--------------------------------------------------

Kami menambahkan bahwa struktur lembaga kepemerintahan yang sepadan antara Inggris dan Indonesia adalah :

Inggris : Indonesia :
Negara Bagian atau Commonwealth Propinsi
County Kabupaten
District Kecamatan


Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rudolf Frans Maulany: R_Maulany
753 days
  -> Terima kasih mas R_Maulany

38 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kabupaten dan provinsi


Explanation:
Menurut pemahaman saya, kalau dipadankan dg struktur pemerintahan di Indonesia:

district = kabupaten

county = provinsi

--------------------------------------------------
Note added at 40 mins (2012-06-09 08:44:22 GMT)
--------------------------------------------------

UK terdiri dari empat countries: England, Northern Ireland, Scotland, dan Wales.

Masing2 country tsb terdiri dari county2.

Masing2 county terdiri dari district2.

--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2012-06-09 14:28:41 GMT)
--------------------------------------------------

United Kingdom pada dasarnya merupakan sebuah negara federasi.

Suatu negara federasi terdiri dari sejumlah negara bagian.

Dalam hal ini, UK terdiri dari empat negara bagian seperti tersebut di atas.

Masing2 dari keempat negara bagian di UK ini tidak bisa dipadankan dg provinsi di Indonesia karena Indonesia negara republik, yg tidak terdiri dari negara bagian.

Selain itu, kalau keempat 'country' di UK diterjemahkan 'provinsi', maka makna kefederasian UK jadi hilang.

Karena itu, keempat 'country' di UK ini diterjemahkan 'negara bagian' saja mengingat tidak ada padanan tingkat pemerintahan serupa di Indonesia.

Jadi, untuk memadankan istilah2 dalam sistem pemerintahan di Inggris dan Indonesia, penerjemah harus bertitik tolak dari country (negara bagian).

Dg kata lain, sistem pemerintahan per negara bagian inilah yg dibandingkan dg sistem pemerintahan Indonesia.

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search