Registrar-General

Indonesian translation: kepala catatan sipil

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Registrar-General
Indonesian translation:kepala catatan sipil
Entered by: David Andersen

04:48 Apr 1, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Certificates, Diplomas, Licenses, CVs
English term or phrase: Registrar-General
Kalimat yang muncul di Marriage Certificate
l, XXX, Registrar-General, certify that the above is a true copy of particulars recorded in a Register kept in the General Registry at Kota-YYY
David Andersen
Australia
kepala catatan sipil
Explanation:
Definition of registrar–general
plural registrars–general
: the head of a general register office

http://www.merriam-webster.com/dictionary/registrar–general
Selected response from:

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Grading comment
Terima kasih
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5[pegawai / pejabat] pencatat umum
Erich Ekoputra
5pegawai/pejabat catatan sipil biasa
Hipyan Nopri
4panitera pusat
Achmad Fuad Lubis
3kepala catatan sipil
Ikram Mahyuddin


  

Answers


7 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
registrar-general
[pegawai / pejabat] pencatat umum


Explanation:

☕ Kita bisa mengambil dari *potongan-potongan* terjemahan dokumen legal pribadi. Misalnya, pegawai pencatat sipil lazim diterjemahkan menjadi civil registrar. Lalu, daftar umum pada akta kelahiran akan menjadi general registry.

☕ Saya menduga orang ini adalah pejabat pemerintah. Jadi, sebaiknya tambahkan pegawai / pejabat untuk menyiratkan pekerjaannya di pemerintahan.

SURJAYA ✸✸✸✸✸
https://xa.yimg.com/kq/groups/87008907/2132179655/name/NOVA ...
(c) harus dilengkapi dengan salinan yang dilegalisir oleh seorang registrar ..... atau untuk standar yang lebih rendah seperti Pencatat Umum dapat menyetujui.

http://www.un.org/en/peacekeeping/missions/past/etimor/untae...
4.2 Syarat-syarat pekerjaan Pejabat Pencatat Umum ditentukan ... 5.2 Pejabat Pencatat Umum bertugas mencatat semua penduduk Timor.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 32
Notes to answerer
Asker: I notice that elsewhere on the document it says "Seal of Registrar-General Queensland" so I think it might be the Kepala Catatan Sipil for the state


47 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
registrar-general
pegawai/pejabat catatan sipil biasa


Explanation:
Registrar general (pegawai/pejabat catatan sipil biasa) = pegawai/pejabat di kantor catatan sipil yg memang diberi tugas dan wewenang untuk urusan pencatatan sipil.

Registrar extraordinary (pegawai/pejabat catatan sipil luar biasa) = pegawai/pejabat yg sebenarnya tidak bertugas dan berwenang dalam pencatatan sipil namun diberi wewenang dan tugas tsb karena pegawai/pejabat biasa berhalangan.

Rujukan:
Para residen dan kepala daerah lainnya akan menunjuk pegawai rendahan selaku *pegawai catatan sipil luar biasa* bila pegawai-pegawai yang tersebut dalam pasal yang lalu sedang tidak hadir atau berhalangan, dan penunjukan itu dilakukan dengan akta yang salinannya harus dikirimkan kepada pegawai penuntut umum pada raad van justitie untuk ditempatkan disimpan pada kepaniteraan pengadilan itu.

Para residen dan kepala daerah lainnya harus mengirimkan tanda-tangan Para pegawai catatan sipil, baik *pegawai biasa* manpun *pegawai luar biasa*, dalam lingkungan wilayah mereka masing-masing, kepada pegawai penuntut umum pada raad van justitie supaya ditempatkan dan disimpan pada kepaniteraan pengadilan itu.
https://id.wikisource.org/wiki/Reglemen_tentang_Catatan_Sipi...

--------------------------------------------------
Note added at 48 mins (2016-04-01 05:36:33 GMT)
--------------------------------------------------

Namun demikian, biasanya kata 'biasa' tsb dihilangkan sehingga menjadi 'pegawai/pejabat catatan sipil' saja, tanpa 'biasa.'

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

7 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
registrar-general
panitera pusat


Explanation:
Registrar General adalah pejabat pimpinan setingkat Direktur di dinas pencatatan sipil (General Register Office ) di United Kingdom dan negara commonwealth lainnya termasuk negara bagian Australia the GRO is the government agency responsible for the recording of vital records such as births, deaths, and marriages. The director of a General Register Office is titled Registrar General referensi: (https://en.wikipedia.org/wiki/General_Register_Office). Tugas pokok dan fungsinya hampir sama dengan Direktorat Pencatatan Sipil di Indonesia sesuai PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2008 (http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/izCFiles/uploads/downlo...). Namun dalam kasta unit pelaksanaan di Indonesia dipimpin kepala dinas pencatatan sipil dan pencatatannya oleh Panitera Pengganti (Deputy Registrar). Diusulkan padanannya: panitera pusat atau direktur pencatatan sipil (tingkat kementerian).

--------------------------------------------------
Note added at 9 hrs (2016-04-01 13:50:24 GMT)
--------------------------------------------------

http://www.kamus.net/english/registrar

registrar (n) plural panitera, pencatat, pendaftar


Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

9 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
registrar-general
kepala catatan sipil


Explanation:
Definition of registrar–general
plural registrars–general
: the head of a general register office

http://www.merriam-webster.com/dictionary/registrar–general

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Terima kasih




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search