certificate of live birth

Indonesian translation: surat kenal lahir / surat keterangan lahir

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:certificate of live birth
Indonesian translation:surat kenal lahir / surat keterangan lahir
Entered by: Agustinus

05:19 Apr 22, 2019
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Certificates, Diplomas, Licenses, CVs
English term or phrase: certificate of live birth
Birth certificate issued in U.S.A.

(there are certificate of live birth and certificate of birth.)


-----
thank you.
Agustinus
Indonesia
surat kenal lahir / surat keterangan lahir
Explanation:

⚡ Berdasarkan *tradisi* hukum Indonesia, pada saat kelahiran (live birth), keluarga yang berkepentingan dapat meminta surat kenal lahir atau surat keterangan lahir. Surat inilah yang kemudian diajukan kepada Dinas Kependudukan atau Kantor Catatan Sipil untuk mendapatkan Akta Kelahiran.

📅 Ada juga surat keterangan lahir yang merupakan upaya penyeragaman (dengan misalnya Surat Keterangan Menikah/Pindah, dsb.)

Saya pribadi mendapatkan akta kelahiran setelah berusia (sepanjang ingatan saya) 10 tahun. Keberadaan saya secara hukum di negeri ini sebelum itu adalah sehelai surat kenal lahir dari sebuah rumah sakit.

👶 SURJAYA 👶
http://sapa.kemendagri.go.id/member/aspirasi/2601
Yth. Kementerian Dalam Negeri, Apakah perbedaan surat kenal lahir dan akta kelahiran? Apakah bisa menggunakan surat kenal lahir untuk mengurus akta pernikahan? Mohon informasinya, terima kasih.

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Perbedaan surat kenal lahir dengan akta kelahiran, surat kenal lahir adalah surat yang dikeluarkan oleh yang menangani proses kelahiran di mana bayi tersebut dilahirkan, seperti rumah sakit, bidan dll. Akta kelahiran adalah dokumen syah yang diterbitkan oleh Disdukcapil berdasarkan surat kenal lahir. Surat kenal lahir tidak dapat digunakan untuk mengurus akta pernikahan hanya [untuk mengurus] akta kelahiran.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
thank you erich.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5surat kenal lahir / surat keterangan lahir
Erich Ekoputra
3Akta Kelahiran Sementara
Arika Rochprihati


  

Answers


26 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Akta Kelahiran Sementara


Explanation:
Not sure, just made that up based on on the reference below. Good luck.


    https://nationalpassportservice.com/certificate-of-live-birth/
Arika Rochprihati
Australia
Native speaker of: Native in EnglishEnglish, Native in IndonesianIndonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
surat kenal lahir / surat keterangan lahir


Explanation:

⚡ Berdasarkan *tradisi* hukum Indonesia, pada saat kelahiran (live birth), keluarga yang berkepentingan dapat meminta surat kenal lahir atau surat keterangan lahir. Surat inilah yang kemudian diajukan kepada Dinas Kependudukan atau Kantor Catatan Sipil untuk mendapatkan Akta Kelahiran.

📅 Ada juga surat keterangan lahir yang merupakan upaya penyeragaman (dengan misalnya Surat Keterangan Menikah/Pindah, dsb.)

Saya pribadi mendapatkan akta kelahiran setelah berusia (sepanjang ingatan saya) 10 tahun. Keberadaan saya secara hukum di negeri ini sebelum itu adalah sehelai surat kenal lahir dari sebuah rumah sakit.

👶 SURJAYA 👶
http://sapa.kemendagri.go.id/member/aspirasi/2601
Yth. Kementerian Dalam Negeri, Apakah perbedaan surat kenal lahir dan akta kelahiran? Apakah bisa menggunakan surat kenal lahir untuk mengurus akta pernikahan? Mohon informasinya, terima kasih.

Kementerian Dalam Negeri menyampaikan terima kasih atas pengaduan yang Saudara sampaikan. Perbedaan surat kenal lahir dengan akta kelahiran, surat kenal lahir adalah surat yang dikeluarkan oleh yang menangani proses kelahiran di mana bayi tersebut dilahirkan, seperti rumah sakit, bidan dll. Akta kelahiran adalah dokumen syah yang diterbitkan oleh Disdukcapil berdasarkan surat kenal lahir. Surat kenal lahir tidak dapat digunakan untuk mengurus akta pernikahan hanya [untuk mengurus] akta kelahiran.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 32
Grading comment
thank you erich.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search