study

Indonesian translation: contoh sempurna

03:15 Jul 11, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Cinema, Film, TV, Drama / subtitle
English term or phrase: study
Tentang sebuah kota di Asia, host dalam sebuah acara TV:

There is probably no other city on earth that is a study in such amazing contrasts. The rule and the urban, the traditional and the very modern...

Apa ya, artinya 'study' disini?

Thanks.
Yohanes Sutopo
Indonesian translation:contoh sempurna
Explanation:
ini adalah frasa "a study in a contrasts", yang artinya subjek tersebut "contoh sempurna atas perbedaan atau pertentangan yang ada pada subjek tersebut. "a perfect example of contrast"

--------------------------------------------------
Note added at 42 mins (2012-07-11 03:57:28 GMT)
--------------------------------------------------

Mohon maaf, salah nulis, maksudnya frasa "a study in contrasts".
Selected response from:

Eka Adi Nugraha
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1bahan menarik
Erich Eko
5contoh sempurna
Eka Adi Nugraha
4cerminan/gambaran
Rosmeilan Siagian
4gambaran
Ahmad Ridwan Munib
4merupakan hasil karya
M. Laut
4pelajaran
Wiyanto Suroso
4studi
Aditya Ikhsan Prasiddha


Discussion entries: 1





  

Answers


15 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
studi


Explanation:
Mungkin hanya ini kota di dunia yang bisa diibaratkan sebagai studi mengenai kontras mengagumkan.

Aditya Ikhsan Prasiddha
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 327

30 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
contoh sempurna


Explanation:
ini adalah frasa "a study in a contrasts", yang artinya subjek tersebut "contoh sempurna atas perbedaan atau pertentangan yang ada pada subjek tersebut. "a perfect example of contrast"

--------------------------------------------------
Note added at 42 mins (2012-07-11 03:57:28 GMT)
--------------------------------------------------

Mohon maaf, salah nulis, maksudnya frasa "a study in contrasts".


    Reference: http://www.siliconknights.net/forums/showthread.php?8407-Too...
    Reference: http://oald8.oxfordlearnersdictionaries.com/dictionary/study
Eka Adi Nugraha
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4
Grading comment
Thanks.

49 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pelajaran


Explanation:
Salah satu arti dari 'study' ialah 'learning' atau 'lessons' (pelajaran).

Contoh 3 adalah sebuah pelajaran singkat mengenai permainan yang kontras.

http://books.google.co.id/books?id=xojJ3gNwbPEC&pg=PA10&dq=p...



Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 227

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
merupakan hasil karya


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 74

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
cerminan/gambaran


Explanation:
Salah satu arti kata "study" adalah reflection.
Menurut saya, dalam konteks ini, cerminan/gambaran merupakan padanan yang tepat.

"Mungkin tidak ada kota lain di dunia yang merupakan cerminan/gambaran (atau yang mencerminkan/menggambarkan) kekontrasan yang menakjubkan."


    Reference: http://thesaurus.com/browse/study?s=t
Rosmeilan Siagian
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 60

7 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
bahan menarik


Explanation:

Aslinya multi-tafsir, sehingga saya usulkan yang multi-tafsir juga: bahan menarik 9untuk direnungkan, dipelajari, diteladani, diapa-apakan semau pembaca aja deh).

Ref: kamus Oxford:

study: informal an amusing or remarkable thingi or person

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 434

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Budi Suryadi-
1 hr

4 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
gambaran


Explanation:
Dalam POD: Dictionary dipadankan dengan portrayal yang berarti juga, "gambaran"... Karena itu kami menganjurkan study dalam kontek ini dipadankan dengan GAMBARAN.

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 8




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search