paternity

Indonesian translation: penentuan status/kedudukan legal sebagai ayah

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:paternity
Indonesian translation:penentuan status/kedudukan legal sebagai ayah
Entered by: Regi2006

07:28 Aug 11, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Cinema, Film, TV, Drama / subtitlte
English term or phrase: paternity
Seorang petugas memberikan surat panggilan kepada seseorang:

Your paternity hearing is in a week.

APa ya istilah 'paternity' dalam bahasa Indonesia?

Thanks.
Yohanes Sutopo
penentuan status/kedudukan legal sebagai ayah
Explanation:
Paternity hearing : Sidang penentuan status/kedudukan legal sebagai ayah

--------------------------------------------------
Note added at 22 mins (2017-08-11 07:51:01 GMT)
--------------------------------------------------

How is paternity established? “Paternity” means who is legally the father of the child. If the parents are not married when the child is born, there is no legal father until paternity is established. There are 2 ways to establish paternity.
https://www.lawhelpmn.org/files/1765CC5E-1EC9-4FC4-65EC-9572...
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2penentuan status/kedudukan legal sebagai ayah
Regi2006
5penentuan asal-usul
Erich Eko


  

Answers


17 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
penentuan status/kedudukan legal sebagai ayah


Explanation:
Paternity hearing : Sidang penentuan status/kedudukan legal sebagai ayah

--------------------------------------------------
Note added at 22 mins (2017-08-11 07:51:01 GMT)
--------------------------------------------------

How is paternity established? “Paternity” means who is legally the father of the child. If the parents are not married when the child is born, there is no legal father until paternity is established. There are 2 ways to establish paternity.
https://www.lawhelpmn.org/files/1765CC5E-1EC9-4FC4-65EC-9572...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 72

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Yumin Chen
1 day 1 hr
  -> Thanks

agree  Amanda Trisia: agree! Paternitas merujuk ke ayah (vs. maternitas)
3 days 20 hrs
  -> Thanks

17 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
penentuan asal-usul


Explanation:

⛱ Bentuk akhirnya bisa disesuaikan dengan posisi orang yang diajak bicara itu:

a-jika dia seorang anak yang mencari kejelasan: Sidang penentuan asal-usul Anda dijadwalkan minggu depan
b-jika dia orang tua dalam kasus ini: Sidang penentuan asal-usul anak Anda dijadwalkan minggu depan.
c-Bentuk netral, singkat, dan dingin*: Sidang penentuan asal-usul dijadwalkan minggu depan.

*cocok u/ gaya bicara petugas pengadilan :). Berikut alasannya:

☕ Ungkapan yang digunakan resmi di dalam hukum Indonesia u/ mencari kejelasan tentang orang tua seseorang ada di dalam UU No. 3 Tahun 2006 tentang Pengadilan Agama pada Penjelasan Pasal 49 (mis. di: http://www.hukumonline.com/pusatdata/downloadfile/lt4c1f7487... ) yang sebagian bunyinya: ...penetapan asal-usul seorang anak dan penetapan pengangkatan anak berdasarkan hukum Islam....

✔ Walaupun istilah tersebut berlaku [sepertinya] hanya di pengadilan agama [Islam], sebuah putusan pengadilan umum terhadap seorang nasrani pada surjaya ke-1 menunjukkan penggunaan istilah ini adalah lazim di pengadilan umum.

Catatan:
Penetapan asal-usul seseorang sangat penting di kalangan umat Islam karena menentukan a.l. hak waris. Pewarisan di agama Islam adalah berdasarkan pertalian darah. Seingatan saya, yang boleh diwariskan muslim melalui wasiat maksimal hanya sepertiga dari total warisan. Itulah alasan hal ini masuk UU PA di atas.

★彡 SURJAYA
https://putusan.mahkamahagung.go.id/putusan/downloadpdf/4b61...
Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia
Pengadilan Negeri Saumlaki yang memeriksa dan mengadili … MARKUS SABONO: Tempat Tanggal Lahir Adodo Molu, 30
Oktober 1976, Agama Kristen Protestan…. Menimbang, bahwa dewasa ini terlebih lagi di masa mendatang, Akta Kelahiran sangat diperlukan oleh setiap orang sebagai alat bukti identitas diri maupun dalam penentuan asal – usul seseorang

http://etheses.uin-malang.ac.id/1488/6/08210013_Bab_2.pdf
Akan tetapi, setelah lahirnya Undang-Undang No.3 Tahun 2006 tentang Peradilan Agama, Pengadilan Agama diberi kewenangan untuk menerima dan memeriksa perkara penetapan asal-usul anak

--------------------------------------------------
Note added at 1 day1 hr (2017-08-12 08:52:57 GMT)
--------------------------------------------------

Sebagai info tambahan, dari KBBI:

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/asal-usul
asal-usul asal keturunan; silsilah; susur galur

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 434




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search