International Translation Day 2018

Join ProZ.com/TV for a FREE event September 25-26th celebrating International Translation Day! 50+ hours of content, Chat, Live Q&A & more. Join 1,000's of linguists from around the globe as ProZ.com/TV celebrates International Translation Day.

Click for Full Participation

Voluntary manslaughter

Indonesian translation: penghilangan nyawa dengan kesengajaan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:voluntary manslaughter
Indonesian translation:penghilangan nyawa dengan kesengajaan
Entered by: Erich Ekoputra

10:24 Jun 25, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Law (general) / subtitlte
English term or phrase: Voluntary manslaughter
Apa ya istilah padanan dalam bahasa Indonesia?

Trims.
Yohanes Sutopo
penghilangan nyawa dengan kesengajaan
Explanation:

🙋 Secara umum, ada empat jenis homicide (lihat: https://criminal.findlaw.com/criminal-charges.html ):

1-pembunuhan tingkat pertama: lazim dikenal di Indonesia dengan pembunuhan berencana
2-pembunuhan tingkat kedua: lazim dikenal di Indonesia dengan pembunuhan tak berencana
3-voluntary manslaughter: saya usulkan penghilangan nyawa dengan kesengajaan
4-involuntary manslaughter: saya usulkan penghilangan nyawa dengan kelalaian

Mengapa penghilangan nyawa? Karena tidak direncanakan dan tidak diniatkan.

Apa bedanya dengan pembunuhan tingkat kedua? Pada PTK ada niat membunuh, walau tanpa rencana.

✔️ Mengapa dengan kesengajaan? Kesengajaan merujuk kepada timbulnya/adanya niat melukai sebelum melakukan perbuatan yang menghilangkan nyawa. Contoh: si A ingin memberi "sedikit pelajaran" kepada si B yang menggoda istrinya, ternyata niat "mengajar" itu kebablasan, ketika si B terdorong jatuh dan kepalanya kena batu dan pecah.

Apa bedanya dengan penghilangan nyawa dengan kelalaian? Di sini sama sekali tidak ada niat melukai. Contoh: sopir ugal-ugalan masuk ke jurang menghilangkan nyawa penumpang.

✔️ Jadi, makna penghilangan di sini dalam makna perbuatan yang menyebabkan kehilangan (seperti lalai menaruh uang di jalan, pasti sebentar juga hilang) bukan dalam makna perbuatan menghilangkan (seperti menilap uang untuk dipakai sendiri).
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thnanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5pembunuhan tak berencana tanpa unsur keterpaksaan
Regi2006
5penghilangan nyawa dengan kesengajaan
Erich Ekoputra
5pembunuhan [tak berencana] dengan sengaja
Hipyan Nopri


  

Answers


37 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
voluntary manslaughter
pembunuhan [tak berencana] dengan sengaja


Explanation:
Dalam konteks hukum bahasa Inggris, pembunuhan terbagi dua:

manslaughter = pembunuhan tak berencana, dan

murder = pembunuhan berencana

Jadi, voluntary manslaughter = pembunuhan tak berencana dengan sengaja.

Seandainya versi tsb dirasa terlalu panjang dan mungkin dalam konteks penerjemahan subtitel tidak memerlukan definisi yg terlalu detail, bisa dipersingkat menjadi 'pembunuhan dg sengaja.'

Karena itu, 'tak berencana'-nya saya beri tanda kurung.

Pembunuhan tak berencana dg sengaja ini biasanya terjadi dalam suatu pertengkaran (misalnya, antara A dan B).

Saat pertengakaran tsb emosi A memuncak sehingga dg kalap diambilnya pisau dapur dan ditusukkannya ke dada si B.

Jadi, perbuatan membunuh tsb tidak direncanakan oleh A. Perbuatan terjadi akibat emosinya yg tak terkendali.

Pisau yg digunakan merupakan alat membunuh yg ada di tempat kejadian, bukan dibawa dan dipersiapkannya dari awal.

Pembunuhan tsb disebut sengaja karena si A tahu bahwa apa yg dilakukannya bisa berakibat pada kematian orang lain namun tetap dilakukannya pada saat dirinya dalam keadaan sadar.

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 354

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
voluntary manslaughter
penghilangan nyawa dengan kesengajaan


Explanation:

🙋 Secara umum, ada empat jenis homicide (lihat: https://criminal.findlaw.com/criminal-charges.html ):

1-pembunuhan tingkat pertama: lazim dikenal di Indonesia dengan pembunuhan berencana
2-pembunuhan tingkat kedua: lazim dikenal di Indonesia dengan pembunuhan tak berencana
3-voluntary manslaughter: saya usulkan penghilangan nyawa dengan kesengajaan
4-involuntary manslaughter: saya usulkan penghilangan nyawa dengan kelalaian

Mengapa penghilangan nyawa? Karena tidak direncanakan dan tidak diniatkan.

Apa bedanya dengan pembunuhan tingkat kedua? Pada PTK ada niat membunuh, walau tanpa rencana.

✔️ Mengapa dengan kesengajaan? Kesengajaan merujuk kepada timbulnya/adanya niat melukai sebelum melakukan perbuatan yang menghilangkan nyawa. Contoh: si A ingin memberi "sedikit pelajaran" kepada si B yang menggoda istrinya, ternyata niat "mengajar" itu kebablasan, ketika si B terdorong jatuh dan kepalanya kena batu dan pecah.

Apa bedanya dengan penghilangan nyawa dengan kelalaian? Di sini sama sekali tidak ada niat melukai. Contoh: sopir ugal-ugalan masuk ke jurang menghilangkan nyawa penumpang.

✔️ Jadi, makna penghilangan di sini dalam makna perbuatan yang menyebabkan kehilangan (seperti lalai menaruh uang di jalan, pasti sebentar juga hilang) bukan dalam makna perbuatan menghilangkan (seperti menilap uang untuk dipakai sendiri).

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 338
Grading comment
Thnanks.

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
voluntary manslaughter
pembunuhan tak berencana tanpa unsur keterpaksaan


Explanation:
Memang sih tidak direncanakan, tapi si orang bersangkutan tidak harus sampai membunuh.

Regi2006
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 57




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search