check in

Indonesian translation: lapor datang

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:check in
Indonesian translation:lapor datang
Entered by: Erich Eko

08:40 Oct 26, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Cinema, Film, TV, Drama / subtitlte
English term or phrase: check in
Dalam arti check-in di bandara sebelum naik pesawat. Apa terjemahan bakunya?
Trims.
Yohanes Sutopo
lapor datang, lapor tiba
Explanation:

Menurut kamus Merriam-Webster:

check in
1 : to register at a hotel
2 : to report one's presence or arrival

✔️ Maka, dari makna kedua: lapor datang atau lapor tiba.

🙋 Di lapangan, check in masih luas digunakan, namun kalau "hanya" subtitel (yang ditonton, bukan dikerjakan), tidak ada risiko penumpang bingung, sehingga bisa menjadi titik awal pemertiwian istilah ini.

Contoh-contoh diambil dari kasus nyata di luar bandara.

✈️ SURJAYA ✈️
https://xa.yimg.com/kq/groups/22472304/2120765964/name/2012年...
Waktu perkemahan: 15 Maret 2012 (Kamis) sebelum jam 19.00 tiba di Taiwan, 16 Maret 2012 (Kamis) pagi hari lapor datang di Taipei dan 18 Maret 2012 (Minggu) sore berakhir di Hualien.

https://www.kompasiana.com/irenemarianisiho/5adb5111dd0fa868...
Ketika lapor tiba kepada Pak Satpam Gedung A RSCM, saya ditanya kamar berapa yang saya tuju? Saya tidak tahu!

https://www.agoda.com/id-id/swiss-belinn-panakkukang-makassa...
Kami baru pertama menggunakan jasa boking online, dengan bokingan 2 kamar deluxe twin, no smoking, saat lapor tiba di hotel hanya ada kamar smoking dengan1 kamar twin...
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5Lapor masuk (check in)
Regi2006
5lapor datang, lapor tiba
Erich Eko
4mendaftar
Gandaru Putranda
3setor nama
Arif Rakhman
3Check in
vicksy nurhayati


  

Answers


19 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Lapor masuk (check in)


Explanation:
https://www.google.com/amp/s/id.m.wikihow.com/Lapor-Masuk-(C...

Cara Lapor Masuk (Check In) di Bandara
Naik pesawat bisa membuat Anda stres, terutama jika ini kali pertama Anda memasuki bandara. Meskipun banyak faktor yang memengaruhi penerbangan Anda, ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk memastikan Anda sampai dengan selamat dan tepat waktu di tujuan.

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 72

30 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Check in


Explanation:
Setahu saya, KLM tetap pakai istilah aslinya. Variasinya: check-in atau check in.


    https://www.klm.com/home/id/id
vicksy nurhayati
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

19 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
setor nama


Explanation:
Kalau kita belum serahkan nama melalui kartu pengenal ke maskapai penerbangan, meskipun sudah lunas pembayarannya, kita tidak akan dikenali dan karena itu tidak bisa dan tidak boleh diangkut (onboard) ke pesawat. Check in membuat kita dikenali sehingga kalau belum masuk juga ke pesawat akan dipanggil beberapa kali.

--------------------------------------------------
Note added at 19 hrs (2018-10-27 04:18:28 GMT)
--------------------------------------------------

Atau bisa juga setor diri

Arif Rakhman
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 23

5 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mendaftar


Explanation:
konteksnya dalam kalimat tersebut subjek melakukan pendaftaran untuk penerbangan. jadi kata yang tepat menurut saya adalah mendaftar.

Gandaru Putranda
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

6 days   confidence: Answerer confidence 5/5
lapor datang, lapor tiba


Explanation:

Menurut kamus Merriam-Webster:

check in
1 : to register at a hotel
2 : to report one's presence or arrival

✔️ Maka, dari makna kedua: lapor datang atau lapor tiba.

🙋 Di lapangan, check in masih luas digunakan, namun kalau "hanya" subtitel (yang ditonton, bukan dikerjakan), tidak ada risiko penumpang bingung, sehingga bisa menjadi titik awal pemertiwian istilah ini.

Contoh-contoh diambil dari kasus nyata di luar bandara.

✈️ SURJAYA ✈️
https://xa.yimg.com/kq/groups/22472304/2120765964/name/2012年...
Waktu perkemahan: 15 Maret 2012 (Kamis) sebelum jam 19.00 tiba di Taiwan, 16 Maret 2012 (Kamis) pagi hari lapor datang di Taipei dan 18 Maret 2012 (Minggu) sore berakhir di Hualien.

https://www.kompasiana.com/irenemarianisiho/5adb5111dd0fa868...
Ketika lapor tiba kepada Pak Satpam Gedung A RSCM, saya ditanya kamar berapa yang saya tuju? Saya tidak tahu!

https://www.agoda.com/id-id/swiss-belinn-panakkukang-makassa...
Kami baru pertama menggunakan jasa boking online, dengan bokingan 2 kamar deluxe twin, no smoking, saat lapor tiba di hotel hanya ada kamar smoking dengan1 kamar twin...

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 434
Grading comment
Thanks.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search