download, upload

Indonesian translation: mengunduh, mengunggah

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:download, upload
Indonesian translation:mengunduh, mengunggah
Entered by: Harry Hermawan

02:15 Dec 14, 2005
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Computers (general)
English term or phrase: download, upload
Istilah baku dalam Bahasa Indonesianya apa? Apa masih manasuka?
Harry Hermawan
Indonesia
mengunduh, mengunggah
Explanation:
Biasanya sih bahasa Indonesia yang dipakai adalah mengunduh (download) dan mengunggah (upload), tapi ya seperti yang Harry sering katakan, semua sangat bergantung pada siapa 'target audience'-nya.
Selected response from:

Kardi Kho
Indonesia
Grading comment
Okay then, if this is the only ones...
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2mengunduh, mengunggah
Kardi Kho
5 +1tetap pakai istilah aslinya
Hipyan Nopri
4ambil data (muatan), kirim data (muatan)
andi santoso


Discussion entries: 1





  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
mengunduh, mengunggah


Explanation:
Biasanya sih bahasa Indonesia yang dipakai adalah mengunduh (download) dan mengunggah (upload), tapi ya seperti yang Harry sering katakan, semua sangat bergantung pada siapa 'target audience'-nya.

Kardi Kho
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Okay then, if this is the only ones...

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hikmat Gumilar
1 hr

agree  Abdul Karim: masih manasuka, tetapi kecenderungannya sudah diindonesiakan.
8 hrs

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
ambil data (muatan), kirim data (muatan)


Explanation:
istilah download dan upload sering dipakai di dunia internet, maka saya mengajukan usulan untuk membakukan menjadi "ambil data" dan "kirim data" ... dengan demikian diharapkan dapat mempermudah pemahaman orang-orang indonesia yang kurang fasih berbahasa inggris =) ...

andi santoso
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

22 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
tetap pakai istilah aslinya


Explanation:
Itulah susahnya kalau negara kita tidak menjadi 'leader' di bidang teknologi informasi atau bidang ilmu lainnya. Kita hanya bisa menjadi penerima istilah, bukan pembuat istilah. Memang untuk sebagian istilah bisa di-Indonesiakan dengan pas. Tapi banyak juga istilah yang bila di-Indonesiakan justru terdengar lebih asing dari bahasa asingnya.
Karena itu, dalam kasus ini saya usulkan tetap gunakan istilah aslinya sebagaimana yang dilakukan pada istilah TI lainnya seperti 'spam', 'email', 'internet', dll.
Semoga bermanfaat Harry. Bagaimana Powwow kedua kemarin? Semoga sukses.

Hipyan Nopri
Indonesia
Does not meet criteria
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  ivo abdman: setuju !! untuk istilah yang diindonesiakan harusnya segera didukung oleh orang-orang yang pegang kendali informasi untuk dimasyarakatkan, cuma sumbernya juga harus diakui semua pihak jangan semaune dewe, contoh istilah bulu tangkis dari badminton
493 days




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search