release liner

Indonesian translation: lapisan pelepas

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:release liner
Indonesian translation:lapisan pelepas
Entered by: Khadis

01:07 Aug 15, 2019
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Computers: Hardware
English term or phrase: release liner
Istilah apa yang paling pas sebagai padanan "release liner" ini?
Kalimat lengkapnya adalah: "Adhere the blue release liner to the SR tape."
Apakah cukup diartikan "pita/lapisan perekat dua sisi", atau yang lainnya?
Khadis
Indonesia
lapisan pelepas
Explanation:

🏷️ Sepertinya, lapisan pelepas cukup banyak ditemukan di halaman web tentang perekat. Ini sesuai dengan fungsi release liner, yakni utamanya "pasang badan" antara perekat (dalam berbagai bentuk) dengan pembawanya. Misalnya, stiker pada selembar kertas, di antara keduanya dibalurkan lapisan pelepas yang membuat stiker dapat dilepas dari kertas itu untuk direkatkan di tempat yang kita pilih.

Contoh nyata pada acuan ke-1 di bawah adalah film reflektif mempunyai dua lapisan: lapisan perekat untuk menempelkannya pada, misalnya, bodi belakang mobil, dan lapisan pelepas untuk melepaskannya dari lembar pembawa sebelum ditempelkan.

Alternatif: karena "menolak" perekat menempel ke media pembawanya, boleh juga disebut dengan lapisan anti-rekat.

Acuan jawaban ini:
http://id.es-reflectivefabrictape.com/info/function-of-3m-re...
Ini terdiri dari lapisan film dengan ketahanan cuaca yang baik, lapisan manik kaca mikro, lapisan fokus, lapisan reflektif, lapisan perekat dan lapisan pelepas.

http://indonesian.splicing-tapes.com/sale-9974658-pe-paper-b...
Bahan dasar kertas PE Non Silicone Release Liner 120g gram berat... Lapisan pelepas non silikon, lapisannya juga, disebut sebagai Abhesive. Abhesive yang dilapisi, menciptakan permukaan yang menghambat adhesi.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Terima kasih atas masukannya. Saya gunakan opsi ini dalam terjemahan dan dapat diterima oleh klien. Sekali lagi terima kasih.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1lapisan pelepas
Erich Eko
5pita pelepas
Regi2006
3liner pelepas
Ikram Mahyuddin
3lapisan pelepas/garis (lapisan pemisah) ...
D. I. Verrelli
3pita rilis
Dadang Tisna


  

Answers


4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
lapisan pelepas


Explanation:

🏷️ Sepertinya, lapisan pelepas cukup banyak ditemukan di halaman web tentang perekat. Ini sesuai dengan fungsi release liner, yakni utamanya "pasang badan" antara perekat (dalam berbagai bentuk) dengan pembawanya. Misalnya, stiker pada selembar kertas, di antara keduanya dibalurkan lapisan pelepas yang membuat stiker dapat dilepas dari kertas itu untuk direkatkan di tempat yang kita pilih.

Contoh nyata pada acuan ke-1 di bawah adalah film reflektif mempunyai dua lapisan: lapisan perekat untuk menempelkannya pada, misalnya, bodi belakang mobil, dan lapisan pelepas untuk melepaskannya dari lembar pembawa sebelum ditempelkan.

Alternatif: karena "menolak" perekat menempel ke media pembawanya, boleh juga disebut dengan lapisan anti-rekat.

Acuan jawaban ini:
http://id.es-reflectivefabrictape.com/info/function-of-3m-re...
Ini terdiri dari lapisan film dengan ketahanan cuaca yang baik, lapisan manik kaca mikro, lapisan fokus, lapisan reflektif, lapisan perekat dan lapisan pelepas.

http://indonesian.splicing-tapes.com/sale-9974658-pe-paper-b...
Bahan dasar kertas PE Non Silicone Release Liner 120g gram berat... Lapisan pelepas non silikon, lapisannya juga, disebut sebagai Abhesive. Abhesive yang dilapisi, menciptakan permukaan yang menghambat adhesi.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11
Grading comment
Terima kasih atas masukannya. Saya gunakan opsi ini dalam terjemahan dan dapat diterima oleh klien. Sekali lagi terima kasih.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
1 day 6 hrs
  -> Tanda terima kasih atas dukungan Rekaniwan Ikram adalah pepatah Turki terjemahan: Luka karena pisau akan sembuh, luka karena lidah akan memborok. (Kata-kata lebih mampu menyakitkan.)

9 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pita pelepas


Explanation:
Karena release liner digunakan pada adhesive tape, maka terjemahan liner dapat disesuaikan dengan terjemahan adhesive tape. Kalau adhesive tape diterjemahkan sebagai pita perekat, maka release liner secara logis dapat diterjemahkan menjadi pita pelepas.

https://en.wikipedia.org/wiki/Adhesive_tape
https://id.wikipedia.org/wiki/Pita_perekat


Regi2006
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Notes to answerer
Asker: Terima kasih atas usulan dan referensinya.


15 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
lapisan pelepas/garis (lapisan pemisah) ...


Explanation:
A few terms are found on https://www.tesa.com/id-id/wikitapia/apa-yang-begitu-menyena...

pelepas pelapis
lapisan pelepas
lapisan garis
lapisan pemisah
garis pelepas
pelepas garis


See also http://www.adhesivesresearch.com/wp-content/uploads/2013/09/... for English discussion.

D. I. Verrelli
Australia
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
Notes to answerer
Asker: Terima kasih atas usulan dan referensinya.


1 day 8 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pita rilis


Explanation:
Ini sih usulan kata padanan.

Secara umum mestinya disebut lembaran karena bahannya bisa dari kertas ataupun plastik atau bahan lain. Hanya karena bentuknya umumnya panjang dan digulung menyerupai pita, maka kata pita layak untuk diterima.

Sementara dipilih kata 'rilis' bukannya kata 'lepas' supaya asimtot dengan istilah teknisnya. Lagi pula, kata rilis ini juga digunakan pada laman iklan di bawah sebagai kata majemuk 'daya rilis'


    Reference: http://indonesian.splicing-tapes.com/sale-9976016-1000m-leng...
Dadang Tisna
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
Notes to answerer
Asker: Terima kasih atas usulan dan referensinya.


1 day 11 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
liner pelepas


Explanation:
Alternatif dengan bahasa pasar.

7 Apr 2019 - ... kupon, sisipan dan surat langsung serta dalam aplikasi kertas khusus, kemasan makanan dan medis, label peka tekanan dan liner pelepas.

http://majalahpeluang.com/newpage-corp-akhir-era-cetak-kerta...

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 31
Notes to answerer
Asker: Terima kasih atas usulan dan referensinya. Semua masukan saya tampung dan saya jadikan referensi.


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Erich Eko: Horee... Jadi banyak pilihan, lengkap dengan referensi pula.
17 mins




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search