relief road

Indonesian translation: jalan alternatif

15:32 May 21, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Construction / Civil Engineering
English term or phrase: relief road
a type of road - is there a specific Indonesian term that corresponds to it?
lwijaya
Indonesian translation:jalan alternatif
Explanation:
Berdasarkan definisinya dan pemakaian istilah dalam bahasa Indonesia sehubungan dg konteks pengurangan/penghindaran kemacetan lalu-lintas, saya mengusulkan padanan di atas.

Sekilas, 'relief road' sama dg 'bypass road' atau 'ring road'. Namun demikian, rujukan berikut akan memberikan gambaran yg lebih jelas mengenai perbedaan di antara keduanya.
Keterangan: jalur berwarna merah = relief road
http://www.bbc.co.uk/shropshire/content/images/2007/07/12/re...

Rujukan berikut memberikan gambaran yg jelas mengenai perbedaan antara 'bypass road' dan 'alternate road':
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Banneredhighways.svg

Rujukan berikut memberikan pengertian 'relief road':
relief road [countable] British English:
a road that vehicles use to avoid heavy traffic, usually built for this purpose.
http://www.ldoceonline.com/dictionary/relief-road

Dan rujukan terakhir ini memberikan contoh pemakaian istilah 'jalan alternatif':
. . . Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuat 25 *jalan alternatif* untuk mengurai kemacetan.
http://www.akibosch.com/news/178-dki-akan-bangun-25-jalan-al...

Atasi Kemacetan, Pemko Bangun Empat *Jalan Alternatif*
http://www.riau.go.id/index.php?mod=isi&id_news=1247
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thank you!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5jalan alternatif
Hipyan Nopri
3 +1jalan lingkar
Hikmat Gumilar
4jalan bantuan
Wiyanto Suroso
3jalan cacing
M. Laut


  

Answers


7 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
jalan bantuan


Explanation:
.

--------------------------------------------------
Note added at 17 mins (2009-05-21 15:49:15 GMT)
--------------------------------------------------

escape dan relief road: jalan alternatif atau jalan bantuan dalam keadaan darurat

relief road: jalan bantuan

Menyangkut rencana sistem transportasi jalan T Dermawan mengatakan jaringan jalan yang akan dikembangkan meliputi pembangunan jalan lingkar utara, pembangunan escape dan relief road, jalan poros utara selatan dan jalan poros barat timur.

http://acehekspos.blogspot.com/2007/04/bappeda-lakukan-ekspo...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 19

7 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
jalan lingkar


Explanation:
populernya bypass




--------------------------------------------------
Note added at 7 menit (2009-05-21 15:39:37 GMT)
--------------------------------------------------

http://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_lingkar

--------------------------------------------------
Note added at 19 menit (2009-05-21 15:51:30 GMT)
--------------------------------------------------

Brit. a road taking traffic around, rather than through, a congested urban area.


Hikmat Gumilar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 32

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Arfan Achyar
26 mins

27 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
jalan cacing


Explanation:
<><><><>

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 52

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
jalan alternatif


Explanation:
Berdasarkan definisinya dan pemakaian istilah dalam bahasa Indonesia sehubungan dg konteks pengurangan/penghindaran kemacetan lalu-lintas, saya mengusulkan padanan di atas.

Sekilas, 'relief road' sama dg 'bypass road' atau 'ring road'. Namun demikian, rujukan berikut akan memberikan gambaran yg lebih jelas mengenai perbedaan di antara keduanya.
Keterangan: jalur berwarna merah = relief road
http://www.bbc.co.uk/shropshire/content/images/2007/07/12/re...

Rujukan berikut memberikan gambaran yg jelas mengenai perbedaan antara 'bypass road' dan 'alternate road':
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Banneredhighways.svg

Rujukan berikut memberikan pengertian 'relief road':
relief road [countable] British English:
a road that vehicles use to avoid heavy traffic, usually built for this purpose.
http://www.ldoceonline.com/dictionary/relief-road

Dan rujukan terakhir ini memberikan contoh pemakaian istilah 'jalan alternatif':
. . . Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuat 25 *jalan alternatif* untuk mengurai kemacetan.
http://www.akibosch.com/news/178-dki-akan-bangun-25-jalan-al...

Atasi Kemacetan, Pemko Bangun Empat *Jalan Alternatif*
http://www.riau.go.id/index.php?mod=isi&id_news=1247


Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 44
Grading comment
Thank you!




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search