gland packing

Indonesian translation: paking tambang

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:gland packing
Indonesian translation:paking tambang
Entered by: Kaharuddin

22:36 Jan 14, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Construction / Civil Engineering
English term or phrase: gland packing
No leaks shall be observed as acceptance criteria for the piping system except leaks form gland packing such as valves at test pressure shall be accepted subject to no leaks at normal operating pressure.
Kaharuddin
Indonesia
paking tambang
Explanation:
Ini padanan istilah yang digunakan dalam rujukan berikut.

Beberapa jenis seal yang dapat diuji adalah seal
mekanis, seal oli danpaking tambang atau gland packing.
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Makasih
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5paking tambang
Hipyan Nopri
5sekat/segel tipe selubung [(gland)]
Erich Eko
4penekan paking
M. Laut
4kelenjar perapat
Eka Adi Nugraha
3kantong cairan
Ahmad Ridwan Munib
3gasket penghalang
bayu diantoro


  

Answers


2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kantong cairan


Explanation:
IMHO

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
sekat/segel tipe selubung [(gland)]


Explanation:

Per definisi (yang relevan):

gland noun a sleeve used to produce a seal round a piston rod or other shaft.

Jadi, ada tiga S atau kata kunci: sleeve, seal, shaft. Bahasa Indonesinya juga tiga S: selubung, sekat, sebatang, dengan S terakhir memaksakan diri. he.he.he. Intinya: semacam selubung yang memberikan penyekatan pada batang piston atau poros yang sejenis. Pipa termasuk kategori terakhir.

Definisi kata berikutnya:

packing material used to seal a join or assist in lubricating

Di dunia otomotif, barang ini lebih dikenal dengan adaptasinya: paking, namun di dunia teknik air, saya rasa tetao sekat atau segel.

Masalahnya, barangkali selubung belum populer di dunia (prasangka saya), sehingga menambahkan (gland</i) dalam kurung dan miring bisa jadi diperlukan.

Gambar bisa dilihat di sini: http://www.roymech.co.uk/images/gland_packing.gif

Bentuk selubung lebih terlihat di dalam gambar ini, sekaligus gland packing memiliki sinonim: gland gasket (gasket = sekat melingkar): http://www.agussuwasono.com/images/stories/mechanical/basics...

Ref: http://me-plumbing.blogspot.com/2011_12_01_archive.html
Oleh karena itu dibuatlah selubung (sleeve) yang terpasang pada tempat dimana pipa menembus.

Di dalam kalimat:

...kecuali kebocoran dari sekat tipe selubung (gland) misalnya katup ...


Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 55

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kelenjar perapat


Explanation:
gland packing biasanya berbentuk tali/kelenjar yang digunakan sebagai seal/perapat pada ruas sambungan

Example sentence(s):
  • Sistem perapat digunakan untuk mencegah kebocoran uap dari dalam turbin ke udara luar atau sebaliknya melewati kelenjar-kelenjar perapat (gland seal) sepanjang poros turbin.

    Reference: http://chekaproject.wordpress.com/2010/05/25/sistem-pltu-ber...
Eka Adi Nugraha
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
penekan paking


Explanation:
dari: Kamus Teknik Kapal: Wasono, NA

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 52

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
gasket penghalang


Explanation:
(lihat gambar referensi di bawah).


    Reference: http://www.google.com/imgres?imgurl=http://www.direct-gasket...
    Reference: http://mechanicalseal.wordpress.com/mechanical-seal/glandpac...
bayu diantoro
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
paking tambang


Explanation:
Ini padanan istilah yang digunakan dalam rujukan berikut.

Beberapa jenis seal yang dapat diuji adalah seal
mekanis, seal oli danpaking tambang atau gland packing.


    Reference: http://www.telimek.lipi.go.id/xdata/docs/ELDA04.pdf
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 44
Grading comment
Makasih




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search