create demand for the economy

Indonesian translation: merangsang permintaan di bidang ekonomi

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:create demand for the economy
Indonesian translation:merangsang permintaan di bidang ekonomi
Entered by: Erich Eko

21:35 Apr 2, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Economics
English term or phrase: create demand for the economy
If you were asked to pick one of the two following actions the government could do in dealing with the effects of the financial crisis, which one would you choose?

- Invest in jobs creation with decent wages to create demand for the economy, allowing the economy to grow, so we can pay off our debts.

Kalau diterjemahkan kata per kata kok kayanya kurang asyik.
Regi2006
Indonesia
merangsang permintaan di bidang ekonomi
Explanation:

demand di sini memang permintaan, sebagai lawan dari penawaran (supply).

Pada dasarnya manusia mau apa saja sebanyak2nya dan semuanya, mengikuti naluri serakahnya; tinggal bagaimana merangsangnya sehingga merasa butuh.

Pemerintah bikin jalan, biar rakyat butuh ("minta") kendaraan. Kasih listrik, biar "minta" televisi, kipas angin, dll. Beri kenaikan harga bensin, biar minta ganti pemimpin. Lho?!

Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +3merangsang permintaan di bidang ekonomi
Erich Eko
5menciptakan permintaan dalam bidang ekonomi
Toto Marwoto
4 +1meningkatkan permintaan dalam ekonomi
Helmy Ismail Sani
4agar tercipta permintaan bagi perekonomian [negara]
Sudiatno
4menciptakan permintaan dalam ekonomi negara
Teguh Irawan
3menciptakan permintaan bagi perekonomian
Ikram Mahyuddin


  

Answers


39 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
menciptakan permintaan dalam bidang ekonomi


Explanation:
ya begitu saja bro, (salam kenal ya?) semua bahasa kan tidak bisa diterjemahkan ke bahasa lain begitu saja kata per kata, betul ??

Toto Marwoto
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian

40 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
meningkatkan permintaan dalam ekonomi


Explanation:
Saya kira "demand" sudah lazim diterjemahkan sebagai permintaan. Meningkatnya permintaan tentu saja akan meningkatkan penawaran sehingga ekonomi semakin berkembang. imho




    Reference: http://ramadhan.kompas.com/read/2009/09/15/05502031/Emas.Bis...
Helmy Ismail Sani
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  David Andersen: Karena "create" di sini bukan mulai dari nol tetapi meningkatkan yang sudah ada
1 hr
  -> Terima kasih, Pak David..:)

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
menciptakan permintaan dalam ekonomi negara


Explanation:
Dengan melihat 'invest in job creation' tampaknya pemerintah disarankan menciptakan pekerjaan baru, yang dampaknya akan 'menciptakan' pula permintaan 'baru' di dalam ekonomi negara bersangkutan. Jadi saya kira kalau 'meningkatkan' ada yang kurang; lebih cocok menciptakan. Just my opinion sih.

Teguh Irawan
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
merangsang permintaan di bidang ekonomi


Explanation:

demand di sini memang permintaan, sebagai lawan dari penawaran (supply).

Pada dasarnya manusia mau apa saja sebanyak2nya dan semuanya, mengikuti naluri serakahnya; tinggal bagaimana merangsangnya sehingga merasa butuh.

Pemerintah bikin jalan, biar rakyat butuh ("minta") kendaraan. Kasih listrik, biar "minta" televisi, kipas angin, dll. Beri kenaikan harga bensin, biar minta ganti pemimpin. Lho?!



Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 134
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian: Penjelasan yang sangat menarik. :)
35 mins
  -> All the thanks Rosmeilan!

agree  Hipyan Nopri
2 days 8 mins

agree  Ridha Harwan
8 days

10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
agar tercipta permintaan bagi perekonomian [negara]


Explanation:
dilihat dari konteksnya, "economy" di sini bisa diartikan dengan perekonomian suatu negara. terjemahan yang saya ajukan mencakup kata "to" sebelum "create", dan lanjutan kalimatnya bisa diterjemahkan menjadi: "sehingga perekonomian pun bisa tumbuh, jadi...."

IMHO

Sudiatno
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

12 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
menciptakan permintaan bagi perekonomian


Explanation:
mirip dengan pendapat Sudiatno

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 23




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search