embodied mind

Indonesian translation: pikiran yang mewujud

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:embodied mind
Indonesian translation:pikiran yang mewujud
Entered by: Kaharuddin

02:10 Dec 27, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Economics
English term or phrase: embodied mind
In recent years, multi-agent modeling has gained great interest. The topics addressed include learning and the embodied mind.
Kaharuddin
Indonesia
pikiran yang mewujud
Explanation:
Itulah sesungguhnya kekuatan pikiran kita. Pikiran kita bisa mewujud menjadi apa saja.

http://id.shvoong.com/humanities/1699491-kekuatan-pikiran/

Kelak buah pikiran itu mewujud dalam sebuah buku termasyhur: Madilog (Materialisme, Dialektika, dan Logika).

http://www.tanmalaka.estranky.cz/clanky/tempo-edisi-khusus/n...

"Sesuatu akan mewujud dari pikiran-pikirannya,” ujar Michael Bernard Beckwith dalam The Secret (2007 : 19).

http://edukasi.kompasiana.com/2011/03/25/i-love-writing-22-d...

Dan bukanlah hal yang mengherankan ketika program pikiran Anda akan mewujud dalam sikap, perilaku, kebiasaan dan karakter yang menyatu dalam diri Anda yang akan mengarahkan atas keberhasilan atau kegagalan dalam hidup Anda.

http://id-id.facebook.com/events/174340282605017/

Jika Anda senantiasa berpikir sukses, berhasil, kaya, menang, Anda sedang berproses untuk mewujudkannya.

http://www.facebook.com/notes/andrie-wongso/the-master-key-s...

Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
thanks
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5pembentukan pikiran
ria amongpradja
5pikiran yang terejawantah
Erich Eko
4pikiran yang diatur oleh keberadaan tubuh
Ian Forbes
4pikiran yang mewujud
Wiyanto Suroso
3ide/pikiran yang dikandung
bayu diantoro
3pikiran yang menyatu dengan tubuh
Ikram Mahyuddin
3pikiran kasat mata
Arif Rakhman
2perwujudan pikiran
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


20 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pikiran yang menyatu dengan tubuh


Explanation:
imho

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 23

32 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pikiran yang mewujud


Explanation:
Itulah sesungguhnya kekuatan pikiran kita. Pikiran kita bisa mewujud menjadi apa saja.

http://id.shvoong.com/humanities/1699491-kekuatan-pikiran/

Kelak buah pikiran itu mewujud dalam sebuah buku termasyhur: Madilog (Materialisme, Dialektika, dan Logika).

http://www.tanmalaka.estranky.cz/clanky/tempo-edisi-khusus/n...

"Sesuatu akan mewujud dari pikiran-pikirannya,” ujar Michael Bernard Beckwith dalam The Secret (2007 : 19).

http://edukasi.kompasiana.com/2011/03/25/i-love-writing-22-d...

Dan bukanlah hal yang mengherankan ketika program pikiran Anda akan mewujud dalam sikap, perilaku, kebiasaan dan karakter yang menyatu dalam diri Anda yang akan mengarahkan atas keberhasilan atau kegagalan dalam hidup Anda.

http://id-id.facebook.com/events/174340282605017/

Jika Anda senantiasa berpikir sukses, berhasil, kaya, menang, Anda sedang berproses untuk mewujudkannya.

http://www.facebook.com/notes/andrie-wongso/the-master-key-s...



Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 61
Grading comment
thanks

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
pembentukan pikiran


Explanation:
.........

ria amongpradja
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in MalayMalay

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
pikiran yang terejawantah


Explanation:

Inilah kata yang sempat populer di puncak kejayaan Orde Baru:

KBBI:
mengejawantahkan v menjelmakan (mewujudkan, melaksanakan, memanifestasikan) suatu posisi, kondisi, sikap, pendirian, dsb

Jadi, dari sesuatu yang abstrak (pendirian, dsj.), diubah menjadi sesuatu yang konkret.

Karena embodied bersifat pasif, saya lebih cenderung kepada terejawantah, walau sejumlah referensi menyukai mengejawantah.

Ref: http://puslit.kemsos.go.id/download/jurnalpdf/januari-april-...
Agama dianggap sebagai keyakinan yang mengejawantah (embodied belief) yang bermula dari kecenderungan manusia untuk mengupayakan maksimalisasi makna dan nilai pengalaman hidup dan menghubungkan pengalaman hidup tersebut dengan realitas yang lebih tinggi atau lebih dalam dengan “suatu tatanan yang tak tampak” yang melampaui eksistensi manusia biasa.

Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 134

1 hr   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
perwujudan pikiran


Explanation:
IMHO

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pikiran yang diatur oleh keberadaan tubuh


Explanation:
embodied mind” merupakan konsep teori evolusi yang pada dasarnya menyatakan bahwa pikiran manusia dibentuk dan diatur oleh halnya bahwa pikiran manusia berkeberadaan dalam tubuh manusia sehingga seluruh pikirannya ditentukan/dirumuskan berdasarkan filter tubuh tersebut.

Dalam kaitannya dengan perilaku konsumen, konsep tersebut menyatakan bahwa pikiran seorang konsumen akan lebih banyak dipengaruhi oleh apa yang dilakukan orang-orang disekitarnya daripada dibentuk oleh suatu proses kognitif berdasarkan logika.



    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Embodied_cognition
Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
ide/pikiran yang dikandung


Explanation:
.

bayu diantoro
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

9 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pikiran kasat mata


Explanation:
embody, memberikan wujud nyata, wujud materi

Arif Rakhman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search