utility companies

Indonesian translation: perusahaan (layanan) umum / publik

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:utility companies
Indonesian translation:perusahaan (layanan) umum / publik
Entered by: Kaharuddin

08:26 Aug 11, 2010
English to Indonesian translations [PRO]
Environment & Ecology
English term or phrase: utility companies
establishing arrangements for mandatory reporting by public authorities and utility companies on their adaptation risk assessments and actions
Kaharuddin
Indonesia
perusahaan (layanan) umum
Explanation:
Perusahaan Layanan Umum, untuk membuat istilahnya lebih luas, sehingga mencakup swasta dan PERUM (Perusahaan Umum) milik Negara.

Melihat definisinya sendiri, sepertinya 'utility' tidak bisa disederhanakan menjadi hanya air, listrik, dan gas, karena jasa transportasi kereta api pun bisa masuk di dalamnya...

A public utility (usually just utility) is an organization that maintains the infrastructure for a public service (often also providing a service using that infrastructure). Public utilities are subject to forms of public control and regulation ranging from local community-based groups to state-wide government monopolies.
Ref: http://en.wikipedia.org/wiki/Public_utility

Electric utility company. The term ‘‘electric utility company’’ means any company that owns or operates facili- ties used for the generation, trans- mission, or distribution of electric en- ergy for sale.
Gas utility company. The term ‘‘gas utility company’’ means any company that owns or operates facilities used for distribution at retail (other than the distribution only in enclosed port- able containers or distribution to ten- ants or employees of the company op- erating such facilities for their own use and not for resale) of natural or manu- factured gas for heat, light, or power.
Ref: http://edocket.access.gpo.gov/cfr_2009/aprqtr/pdf/18cfr366.1...

Perum / Perusahaan Umum

Perusahaan umum atau disingkat perum adalah perusahaan unit bisnis negara yang seluruh modal dan kepemilikan dikuasai oleh pemerintah dengan tujuan untuk memberikan penyediaan barang dan jasa publik yang baik demi melayani masyarakat umum serta mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengolahan perusahaan.
Ref: http://organisasi.org/macam-jenis-bumn-badan-usaha-milik-neg...

PERJAN sudah dihapus dgn UU 19/2004 ttg ....
Ref: http://www.google.com/search?client=safari&rls=en&q=bentuk p...
Selected response from:

l08l
United States
Grading comment
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5perusahaan utilitas
Wiyanto Suroso
5perusahaan (-perusahaan) utilitas
Ramsyah Faizal
4perusahaan (layanan) umum
l08l
4perusahaan hajat publik
Erich Eko
4perusahaan listrik dan air
eldira


  

Answers


21 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
perusahaan utilitas


Explanation:
Hal itu diungkapkan oleh Fitch Ratings dalam laporan khususnya yang berjudul Asia-Pacific Power and Utilities Credit Outlook 2010. Steve Durose, Kepala Fitch Ratings Asia-Pacific sektor energi dan utilitas, mengatakan secara umum kualitas kredit perusahaan utilitas di kawasan stabil meskipun terjadi pelambatan pertumbuhan ekonomi yang disebabkan oleh krisis keuangan global.

http://arsipberita.com/show/bisnis/bursa/2010/02/01/prospek-...

Telah mengajari saya bagaimana menjadi energi independen dari perusahaan utilitas lokal saya.

http://www.alatpenghematbbm.com/search/makalah utilitas

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 42

23 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
perusahaan (-perusahaan) utilitas


Explanation:
The Cost of Sequestering Carbon on Private Forest Lands
Jenis Berkas: Microsoft Word - Versi HTML
1 Perusahaan utilitas atau secara lengkap dalam Bahasa Inggris dikatakan sebagai public utility company dan biasanya lebih dikenal dengan utility company ...
http://xa.yimg.com/kq/groups/23431229/226193197/name/

Ramsyah Faizal
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
perusahaan hajat publik


Explanation:
Perusahaan yang produksinya menjadi kebutuhan primer semua orang. Batasan sempitnya adalah tiga sektor:

1=Energi => dipersempit lagi menjadi listrik dan gas rumah tangga
2=Air Minum
3=Telekomunikasi => lebih dipersempit lagi: telepon kabel (PSTN)*

*Ini mengacu ke AS/Barat. Di Indonesia, telepon belum sampai jadi hajat publik.

Ciri khas:

=Jaringan luas
=Pola usaha monopoli atau sangat diregulasi
=Konsumen berjuta, nilai tagihan per konsumen kecil

Ref: http://bataviase.co.id/node/100494

Menurut Musatafa, tidaklah mudah untuk mengambil langkah privatisasi BUMN. Ini merupakan isu yang terbilang sensitif karena dianggap akan menjual aset negara. Jadi, perusahaan yang menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti Pertamina dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak bisa melantai di bursa. Mereka bisa saja menjadi perusahaan terbuka namun tidak tercatat di bursa saham (non-listed company).

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2010-08-11 12:44:10 GMT)
--------------------------------------------------

Ralat:

Sepertinya, telepon di luar kelompok utility. Maaf beribu.

Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

7 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
perusahaan listrik dan air


Explanation:
umumnya yang disebut utility companies adalah perusahaan listrik dan air.

sekedar contoh:

- Karena kami masih tinggal di rumah orang tua / mertua, maka utilities (listrik, air) belum dimasukkan dalam pos pengeluaran, paling di dalam pos cash ke ...
wrm-indonesia.org/content/view/225/59/

- Para ekonom neo-Liberal di tahun 1970-an berhasil menembus dominasi ilmu ekonomi. .... sektor pengairan, sektor utilities (listrik, air dan energi) dan ...
free-books-online.net/sap-ilmu-bahan-listrik-pdf


eldira
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

21 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
perusahaan (layanan) umum


Explanation:
Perusahaan Layanan Umum, untuk membuat istilahnya lebih luas, sehingga mencakup swasta dan PERUM (Perusahaan Umum) milik Negara.

Melihat definisinya sendiri, sepertinya 'utility' tidak bisa disederhanakan menjadi hanya air, listrik, dan gas, karena jasa transportasi kereta api pun bisa masuk di dalamnya...

A public utility (usually just utility) is an organization that maintains the infrastructure for a public service (often also providing a service using that infrastructure). Public utilities are subject to forms of public control and regulation ranging from local community-based groups to state-wide government monopolies.
Ref: http://en.wikipedia.org/wiki/Public_utility

Electric utility company. The term ‘‘electric utility company’’ means any company that owns or operates facili- ties used for the generation, trans- mission, or distribution of electric en- ergy for sale.
Gas utility company. The term ‘‘gas utility company’’ means any company that owns or operates facilities used for distribution at retail (other than the distribution only in enclosed port- able containers or distribution to ten- ants or employees of the company op- erating such facilities for their own use and not for resale) of natural or manu- factured gas for heat, light, or power.
Ref: http://edocket.access.gpo.gov/cfr_2009/aprqtr/pdf/18cfr366.1...

Perum / Perusahaan Umum

Perusahaan umum atau disingkat perum adalah perusahaan unit bisnis negara yang seluruh modal dan kepemilikan dikuasai oleh pemerintah dengan tujuan untuk memberikan penyediaan barang dan jasa publik yang baik demi melayani masyarakat umum serta mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengolahan perusahaan.
Ref: http://organisasi.org/macam-jenis-bumn-badan-usaha-milik-neg...

PERJAN sudah dihapus dgn UU 19/2004 ttg ....
Ref: http://www.google.com/search?client=safari&rls=en&q=bentuk p...

l08l
United States
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search