'the relational, total-field image'

Indonesian translation: persepsi menyeluruh tentang hubungan antara manusia dan lingkungan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:\'the relational, total-field image\'
Indonesian translation:persepsi menyeluruh tentang hubungan antara manusia dan lingkungan
Entered by: Kaharuddin

16:10 Jun 15, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Environment & Ecology
English term or phrase: 'the relational, total-field image'
Naess favours ‘the relational, total-field image’ (1989: 28),which regards the‘relational self’ as having a wider understanding of identity based on the perceived continuity between self and nature.

Apa ya yang cocok untuk 'relational, total-field image' ini?

Thanks
Kaharuddin
Indonesia
persepsi menyeluruh tentang hubungan antara manusia dan lingkungan
Explanation:
Persepsi pada dasarnya merupakan suatu proses pemahaman terhadap apa yang terjadi di lingkungan orang yang sedang berpersepsi dan hubungan antara lingkungan dengan manusia dan tingkah lakunya adalah hubungan timbal balik saling terkait dan mempengaruhi seperti yang dikemukakan oleh Sarlito Wirawan...

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:Gy8cciAyuXcJ:repo...

Mengacu pada pemahaman tersebut maka etika lingkungan hidup pada hakekatnya membicarakan mengenai norma dan kaidah moral yang mengatur perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam, serta nilai dan prinsip moral yang menjiwai perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam tersebut.

http://etikalingkungan.multiply.com/journal?&show_interstiti...
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
Makasih Pak Wiyanto
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4persepsi menyeluruh tentang hubungan antara manusia dan lingkungan
Wiyanto Suroso
3konsep holistik (dan) relasional
Rosmeilan Siagian
3"citra/gambaran total yang relasional"
Ikram Mahyuddin
3'relasi, keseluruhan bidang gambar'
Ahmad Ridwan Munib
3gambaran keutuhan [medan] relasional
Erich Eko


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
persepsi menyeluruh tentang hubungan antara manusia dan lingkungan


Explanation:
Persepsi pada dasarnya merupakan suatu proses pemahaman terhadap apa yang terjadi di lingkungan orang yang sedang berpersepsi dan hubungan antara lingkungan dengan manusia dan tingkah lakunya adalah hubungan timbal balik saling terkait dan mempengaruhi seperti yang dikemukakan oleh Sarlito Wirawan...

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:Gy8cciAyuXcJ:repo...

Mengacu pada pemahaman tersebut maka etika lingkungan hidup pada hakekatnya membicarakan mengenai norma dan kaidah moral yang mengatur perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam, serta nilai dan prinsip moral yang menjiwai perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam tersebut.

http://etikalingkungan.multiply.com/journal?&show_interstiti...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 42
Grading comment
Makasih Pak Wiyanto

6 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
the relational, total-field image
gambaran keutuhan [medan] relasional


Explanation:

Pandangan Naess adalah pandangan filosofi lingkugan (ekosofi). Ia berpendapat bahwa setiap organisme, manusia termasuk di dalamnya, adalah sebuah simpul di dalam jaring ruang hayati (biosfera) yang berelasi dengan simpul-simpul lain di dalam jaring itu.

total-field di sini tampaknya mengacu ke konsep fisika tentang medan (listrik, magnet, gravitasi, dlsb.). Medan di sini terbentuk dari dan bekerja pada relasi hayati (sama dengan medan listrik yang terbentuk dari dan bekerja pada muatan listrik).

Oleh karena konsep medan seperti itu (menurut saya sih) tidak biasa di dalam ilmu lingkungan, medan diletakkan dalam kurung pada jawaban ini, yang berarti bisa diikutkan, bisa diabaikan. Dan, seperti penerjemahan filosofi secara umum, kita mesti berkerut-kerut dahi sebelum bisa memahami...


Ref: http://www.worldtrans.org/whole/wsquotes.html
"1. The Shallow Ecology movement: Fight against pollution and resource depletion. Central objective: the health and affluence of people in the developed countries.

2. The Deep Ecology movement: Rejection of the man-in-environment image in favor the relational, total-field image. Organisms as knots in the biospherical net or field of intrinsic relations. An intrinsic relation between two things A and B is such that the relation belongs to the definitions of basic constitutions of A and B, so that without the relation, A and B are no longer the same things. The total-field dissolves not on the man-in-environment concept, but every compact thing-in-milieu concept- except when talking at a superficial or preliminary level of communication."

- Arne Naess
"The Shallow and Deep Ecology Movements"


Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

7 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
'relasi, keseluruhan bidang gambar'


Explanation:
<>

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

12 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
"citra/gambaran total yang relasional"


Explanation:
Saya menduga bahwa yang dimaksud adalah seseorang akan lebih memahami dirinya secara total jika dikaitkan dengan lingkungannya termasuk alam. Dengan kata lain, pemahaman total tentang seseorang diperoleh jika pemahaman itu mencakup pemahaman hubungan orang itu dengan lingkungan.
Bandingkan dengan rujukan ini
http://en.wikipedia.org/wiki/Image_of_God
The relational view argues that one must be in a relationship with God in order to possess the ‘image’ of God. Those who hold to the relational image agree that humankind possess the ability to reason as a substantive trait, but they argue that it is in a relationship with God that the true image is made evident.

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3

3 days 16 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
konsep holistik (dan) relasional


Explanation:
Menurut saya, 'image' di sini bisa dipadankan dengan konsep. Jadi, konsep holistik (dan) relasional ini yang menganggap 'diri relasional' memiliki pemahaman lebih luas tentang identitas berdasarkan kontinuitas yang dipahami antara diri dan alam. Dalam filsafat, 'diri' sudah lazim dipakai sebagai padanan 'self'.


    Reference: http://people.umass.edu/jamesj/courses/ethics%20and%20enviro...
    Reference: http://books.google.co.id/books?id=2VSAvQgyp_sC&pg=PA21&lpg=...
Rosmeilan Siagian
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search