Tumbleweed

Indonesian translation: gumpalan tanaman kering

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Tumbleweed
Indonesian translation:gumpalan tanaman kering
Entered by: Yurtranslator

04:15 Feb 22, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Environment & Ecology / Plant
English term or phrase: Tumbleweed
A fast-growing tumbleweed known as "Hairy Panic" has engulfed an entire street in a rural town in Australia.

For news story, Indonesian target audience.

Can it be translated as "rerumputan"?
Yurtranslator
Indonesia
gumpalan tanaman kering
Explanation:
Tumbleweed adalah bagian-bagian berbagai tanaman, bukan hanya rumput, yang mengering dan membentuk gumpalan , yang menggelinding terbawa angin(karena itu disebut tumbleweed, tumble=menggelinding). Tanaman membentuk gumpalan-gumpalan kering tersebut sebagai sarana untuk berkembang biak, karena bagian tanaman itu akan hancur, meninggalkan benih atau spora yang kemudian akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Angela

--------------------------------------------------
Note added at 11 hrs (2016-02-22 15:16:34 GMT)
--------------------------------------------------

Example sentence: (yang di atas kurang lengkap)
Sebuah gumpalan tanaman kering yang dengan cepat membesar, dikenal sebagai "Hairy Panic", meluas sehingga menutupi seluruh jalan di sebuah kota pedesaan di Australia.
Selected response from:

Darmali
Indonesia
Grading comment
Thanks, I agree to this answer. Secara gambar terlihat mirip rumput tapi memang tidak melulu rumput.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2gumpalan tanaman kering
Darmali
5kumpulan ranting/daun kering
Ridwan Hutasoit
3rumput kering
Aditya Ikhsan Prasiddha


  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
tumbleweed
rumput kering


Explanation:
Sepertinya "rumput kering" bisa digunakan.


    Reference: http://news.detik.com/australia-plus-abc/3146414/rumput-keri...
Aditya Ikhsan Prasiddha
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
Notes to answerer
Asker: Secara gambar memang mirip rumput tapi tidak selalu dari rumput. Thank you for your input.


10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
tumbleweed
gumpalan tanaman kering


Explanation:
Tumbleweed adalah bagian-bagian berbagai tanaman, bukan hanya rumput, yang mengering dan membentuk gumpalan , yang menggelinding terbawa angin(karena itu disebut tumbleweed, tumble=menggelinding). Tanaman membentuk gumpalan-gumpalan kering tersebut sebagai sarana untuk berkembang biak, karena bagian tanaman itu akan hancur, meninggalkan benih atau spora yang kemudian akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Angela

--------------------------------------------------
Note added at 11 hrs (2016-02-22 15:16:34 GMT)
--------------------------------------------------

Example sentence: (yang di atas kurang lengkap)
Sebuah gumpalan tanaman kering yang dengan cepat membesar, dikenal sebagai "Hairy Panic", meluas sehingga menutupi seluruh jalan di sebuah kota pedesaan di Australia.

Example sentence(s):
  • Sebuah gumpalan tanaman kering yang dengan cepat membesar, dikenal sebagai \

    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Tumbleweed
Darmali
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Thanks, I agree to this answer. Secara gambar terlihat mirip rumput tapi memang tidak melulu rumput.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Herma Trilas
15 hrs
  -> Terima kasih, Mbak Herma

neutral  Erich Eko: Terjemahan harfiah: rumput gelinding mungkin berterima, karena tidak dikenal di Indonesia.
1 day 21 mins
  -> Terima kasih atas sarannya, Mas Erich, sebenarnya saya ingin menunjukkan bahwa berbagai tanaman bisa membentuk gumpalan kering tersebut

agree  arizulkarnae (X): yang suka ada di film koboi
1 day 17 hrs
  -> Terima kasih Mas Ari

3 days 8 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
tumbleweed
kumpulan ranting/daun kering


Explanation:
https://en.wikipedia.org/wiki/Tumbleweed

Example sentence(s):
  • tumbleweed is a structural part of the above-ground anatomy of a number of species of plants, a diaspore that, once it is mature and dry, detaches from its root or stem, and tumbles away in the wind.
Ridwan Hutasoit
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search