external consensual trade-weighted average

Indonesian translation: rerata tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati

23:01 May 21, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Finance (general)
English term or phrase: external consensual trade-weighted average
Kalimat lengkapnya dari teks tentang perdagangan indeks dolar:

For its part, the US dollar index was purposely created to provide an external consensual trade-weighted average of the dollar’s value.
viffah
Indonesia
Indonesian translation:rerata tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati
Explanation:
external consensual trade-weighted average = rerata tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati

--------------------------------------------------
Note added at 17 mins (2018-05-21 23:18:59 GMT)
--------------------------------------------------

Itu kalau hanya sampai average sebagaimana yg ditanyakan.

Kalau sampai value, maka terjemahannya menjadi:

external consensual trade-weighted average of the dollar’s value = rerata nilai dolar tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati



--------------------------------------------------
Note added at 2 days 6 hrs (2018-05-24 05:10:21 GMT)
--------------------------------------------------

consensual = agreed to by everyone involved (disepakati oleh semua pihak yg terlibat)
Unions and management typically reach consensual agreements before a judge has to rule.

trade-weighted = tertimbang perdagangan, maksudnya adalah dibandingkan dg mata uang lainnya yg diperdagangkan.

Rujukan:
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/consensu...

The trade-weighted US dollar index, also known as the broad index, is a measure of the value of the United States dollar relative to other world currencies.
https://en.wikipedia.org/wiki/Trade-weighted_US_dollar_index
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Terima kasih penjelasannya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5rerata tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati
Hipyan Nopri
5rata-rata tertimbang perdagangan konsensual eksternal
Erich Ekoputra


  

Answers


6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
rata-rata tertimbang perdagangan konsensual eksternal


Explanation:

🏝️ Dalam teks hukum dagang, sifat konsensual (=gabungan 3S: sukarela, sadar, dan sepakat; ingat misalnya: consensual sex) merupakan syarat sahnya perdagangan. consensual trade dengan demikian menjadi sebuah frasa yang padu menyatu.

🍏 Di sisi lain, perdagangan internal (misalnya antar-anak perusahaan) kerap melibatkan "pemaksaan" (non-consensual) demi kepentingan yang lebih besar (misalnya kepentingan induk perusahaan). Jadi, memang perdagangan konsensual itu lebih lazimnya terjadi dengan pihak eksternal.

Catatan: pada surjaya ke-3 di bawah, tersirat bahwa konsensual tidak harus formal (=mengikuti peraturan resmi, seperti perjanjian di depan notaris). Maka, perdagangan konsensual bisa berlangsung hanya dengan lisan.

🌟 SURJAYA
http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-perjanjian-j...
Sifat konsensual dari jual-beli tersebut dapat dilihat pada Pasal 1458 KUHPerdata, yang mengatakan: “Jual-beli sudah dianggap terjadi antara kedua belah pihak setelah mereka mencapai sepakat tentang barang dan harga, meskipun barang itu belum diserahkan maupun harganya belum dibayar”.

http://dennyseptiadipratama.blogspot.co.id/2014/11/kontrak-d...
Kontrak dagang / bisnis:
Dalam Ilmu Hukum, dikenal beberapa asas hukum terhadap suatu kontrak, yaitu sebagai berikut:
Asas kontrak sebagai hukum mengatur.
Asas kebebasan berkontrak.
Asas pacta sunt servanda.
Asas konsensual.
Asas obligatoir.

http://digilib.uinsby.ac.id/20231/1/Asas HEBI.pdf
Materi Pokok
1. Kerelaan dan kebebasan memilih dalam hukum ekonomi dan bisnis Islam,
2. Transaksi yang dapat dibatalkan dan transaksi yang tidak dapat dibatalkan
3. Transaksi konsensual dan transaksi formal.
4. Pengucapan transaksi

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 203
Notes to answerer
Asker: Terima kasih penjelasannya.


15 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
rerata tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati


Explanation:
external consensual trade-weighted average = rerata tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati

--------------------------------------------------
Note added at 17 mins (2018-05-21 23:18:59 GMT)
--------------------------------------------------

Itu kalau hanya sampai average sebagaimana yg ditanyakan.

Kalau sampai value, maka terjemahannya menjadi:

external consensual trade-weighted average of the dollar’s value = rerata nilai dolar tertimbang perdagangan eksternal yang disepakati



--------------------------------------------------
Note added at 2 days 6 hrs (2018-05-24 05:10:21 GMT)
--------------------------------------------------

consensual = agreed to by everyone involved (disepakati oleh semua pihak yg terlibat)
Unions and management typically reach consensual agreements before a judge has to rule.

trade-weighted = tertimbang perdagangan, maksudnya adalah dibandingkan dg mata uang lainnya yg diperdagangkan.

Rujukan:
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/consensu...

The trade-weighted US dollar index, also known as the broad index, is a measure of the value of the United States dollar relative to other world currencies.
https://en.wikipedia.org/wiki/Trade-weighted_US_dollar_index

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 114
Grading comment
Terima kasih penjelasannya.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search