marriage celebrant

Indonesian translation: penghulu

05:40 Apr 16, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - General / Conversation / Greetings / Letters
English term or phrase: marriage celebrant
Di Australia, pernikahan sipil bisa disahkan oleh 'marriage celebrant', untuk kemudian dicatatkan di kantor catatan sipil. Padanan terbaik 'marriage celebrant' ini apa ya? Jadi, ini bukan pernikahan agama. Marriage celebrant ini bisa menikahkan pasangan secara resmi di mana saja.
Christianna Braithwaite
Australia
Indonesian translation:penghulu
Explanation:
www.kaskus.us/showthread.php?t=4393381&page=18
20 pesan - 14 penulis - 1 Mei 2011
Yang pertama & utama cari Marriage Celebrant (penghulu) buat kimpoiin.... ntar dikasih form sm Marriage Celebrant, jangan lupa bawa ...

--------------------------------------------------
Note added at 1 jam (2012-04-16 06:47:48 GMT)
--------------------------------------------------

www.bawean.net/2009/09/layang-ucapan-selamat.html
26 Sep 2009 – ... yaitu beliau telah dengan resmi ditetapkan Government (Western Australia) sebagai Marriage Celebrant ('Penghulu') di Western Australia, .
Selected response from:

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +6penghulu
Ikram Mahyuddin
4petugas catatan sipil
Henny Willis
4selebran pernikahan
Rosmeilan Siagian
4pengukuh pernikahan
Erich Eko
3pengacara pernikahan
Wiyanto Suroso


  

Answers


7 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pengukuh pernikahan


Explanation:

Karena tugasnya mengesahkan, padanan akan di sekitar mengesahkan, mengukuihkan, dan yang senada.


Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 173

13 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pengacara pernikahan


Explanation:
Di Hong Kong, 'marriage celebrant' disebut dengan "pengacara pernikahan", yang mestinya serupa dengan di Australia.

Jika anda memutuskan untuk menyelenggarakan pernikahan lewat pengacara perkawinan, anda dapat melihat Daftar Pengacara Perkawinan yang ditunjuk resmi (List of Appointed Civil Celebrants Marriages) dan mendapatkan informasi terkini lainnya di website Departemen Imigrasi: www.immd.gov.hk/ehtml/ccms.htm.

http://www.had.gov.hk/rru/english/images/pdf/Your_Guide_to_S...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 127

59 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +6
penghulu


Explanation:
www.kaskus.us/showthread.php?t=4393381&page=18
20 pesan - 14 penulis - 1 Mei 2011
Yang pertama & utama cari Marriage Celebrant (penghulu) buat kimpoiin.... ntar dikasih form sm Marriage Celebrant, jangan lupa bawa ...

--------------------------------------------------
Note added at 1 jam (2012-04-16 06:47:48 GMT)
--------------------------------------------------

www.bawean.net/2009/09/layang-ucapan-selamat.html
26 Sep 2009 – ... yaitu beliau telah dengan resmi ditetapkan Government (Western Australia) sebagai Marriage Celebrant ('Penghulu') di Western Australia, .

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 44
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ridha Harwan
36 mins
  -> Terima kasih, Ridha

agree  Hipyan Nopri: Indak sio2, Kram.:)
58 mins
  -> Tarimo kasiah, Hipyan

agree  Helmy Ismail Sani
6 hrs
  -> Terima kasih, Helmy

agree  Kaharuddin
16 hrs
  -> Terima kasih, Kahar

agree  Ahmad Ridwan Munib
21 hrs
  -> Terima kasih, Ridwan

agree  hetty raphita tobing: agree.
22 hrs
  -> Terima kasih, raphita

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
selebran pernikahan


Explanation:
Di Australia, selebran adalah orang yang melakukan/memimpin upacara resmi dalam masyarakat, terutama pernikahan. Selebran dapat juga melakukan upacara extra-legal lain, seperti pemberian nama bayi, pemakaman, dll. Memimpin sebuah pernikahan mengharuskan seorang selebran memiliki wewenang/hak berdasarkan hukum Australia, tetapi memimpin upacara extra-legal tidak mengharuskan demikian.


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Celebrant_%28Australia%29
    Reference: http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php
Rosmeilan Siagian
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4

10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
petugas catatan sipil


Explanation:
Just another option.

Example sentence(s):
  • "...dan disaksikan oleh pejabat pemerintah atau petugas catatan sipil yang..."
  • "..tiga pasang yang telah dinikahkan oleh petugas Catatan Sipil untuk..."

    Reference: http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&frm=1&source=...
    Reference: http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&frm=1&source=...
Henny Willis
United States
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 15




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search