meta-governance

Indonesian translation: meta-tata kelola

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:meta-governance
Indonesian translation:meta-tata kelola
Entered by: Erich Eko

07:46 Nov 14, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Government / Politics / Government
English term or phrase: meta-governance
XXX (2008) has explored "meta-governance" instruments as a way by which to reassert political direction ... multi-stakeholder policy networks.

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
meta-tata kelola
Explanation:

IMO, makna meta yang relevan di sini adalah:

meta denoting position behind, after, or beyond

Sesuatu yang terletak di luar, sebab ada kata-kata: multi-stakeholder policy network. Nah, jaringan ini letaknya di luar pemerintahan, namun ikut berkepentingan atas tata kelola pemerintahan, mencakup antara lain LSM, lembaga masyarakat adat, bahkan pihak oposisi.

meta sebagai awalan sudah banyak dipakai: metafisika, metamorfosa, metabolisme, metakimia, metatesis, bahkan oleh anak-anak kepada orang tua: meta uang bu he.he.he.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Kawan-kawan yang lain, kami juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya ...
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1meta-tata kelola
Erich Eko
4tata kelola pelengkap
Hikmat Gumilar
2tata kelola dari tata kelola
bayu diantoro


  

Answers


7 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
tata kelola pelengkap


Explanation:
Meta- (from Greek: μετά = "after", "beyond", "adjacent", "self"), is a prefix used in English (and other Greek-owing languages) to indicate a concept which is an abstraction from another concept, used to complete or add to the latter.

Hikmat Gumilar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 36

39 mins   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
tata kelola dari tata kelola


Explanation:
Dari referensi di bawah sepertinya kata meta merupakan suatu konsep yang menjelaskan kata berikutnya, seperti metadata = data dari data, meta analisis = analisis dari suatu analisis (IMHO).


    Reference: http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?option=com_content&v...
    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Meta-analysis
bayu diantoro
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

53 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
meta-tata kelola


Explanation:

IMO, makna meta yang relevan di sini adalah:

meta denoting position behind, after, or beyond

Sesuatu yang terletak di luar, sebab ada kata-kata: multi-stakeholder policy network. Nah, jaringan ini letaknya di luar pemerintahan, namun ikut berkepentingan atas tata kelola pemerintahan, mencakup antara lain LSM, lembaga masyarakat adat, bahkan pihak oposisi.

meta sebagai awalan sudah banyak dipakai: metafisika, metamorfosa, metabolisme, metakimia, metatesis, bahkan oleh anak-anak kepada orang tua: meta uang bu he.he.he.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 71
Grading comment
Terima kasih Mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Kawan-kawan yang lain, kami juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya ...

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian
13 mins
  -> My meta-thanks, Ros!




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search