charting a middle course

Indonesian translation: meretas jalan tengah

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:charting a middle course
Indonesian translation:meretas jalan tengah

06:54 Oct 26, 2013
    The asker opted for community grading. The question was closed on 2013-10-29 09:54:22 based on peer agreement (or, if there were too few peer comments, asker preference.)


English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Government / Politics / Conversation between a First Lady and her advisor
English term or phrase: charting a middle course
(Advisor) Without presuming to speak for you, I imagine you charting a middle course.
(First Lady) Well, I would like you to help with that.

OR

Title of an article =
Charting A Middle Course: The Clinton Administration, Theatre Missile Defence And The ABM Treaty

The Clinton administration is currently in the process of negotiating an agreement with Russia and other states of former Soviet Union (FSU) to clarify the 1972 Anti Ballistic Missile (ABM)Treaty. ............................................
Nur Cholis
Indonesia
meretas jalan tengah
Explanation:

Oleh karena frasa charting a middle course ini dipakai dalam percakapan elit (antara ibu negara dan penasihatnya) sekaligus judul artikel, patutlah kita gunakan bahasa yang *tinggi*.

√ Ungkapan yang demikian di antaranya adalah meretas jalan bagi charting, sementara pilihan terbaik middle course adalah jalan tengah.

Dari kamus Oxford: chart: plot (a course) on a chart (mereka-reka jalan di peta). Makna sepadan di KBBI adalah makna ke-4: meretas... 4 menebangi pohon untuk membuat jalan; merintis; merentas. pohon bisa dikiaskan sebagai aral dan rintangan.

∇ REFERENSI ★★★★★★★
http://haris-media.blogspot.com/2011/04/pendidikan-akhlak-da...
Miskawaih telah meretas jalan tengah dengan mengatakan karakter manusia itu dibentuk oleh faktor dasar (nativisme) dan faktor ajar (empirisisme).

http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/116471
Apakah mimpi Indonesia itu? Itulah mimpi yang seyogianya mampu meretas jalan tengah ...

Mimpi Indonesia di satu sisi harus memberi ruang bagi otonomi individu ... Mimpi Indonesia tetap harus mengakui peranan negara ...
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Terima kasih, sudah jelas sekarang
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4meretas jalan tengah
Erich Eko
4berkompromi
Wiyanto Suroso


  

Answers


32 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
berkompromi


Explanation:
'a middle course' itu jalan tengah.
'charting a middle course' sama dengan 'finding a middle course', yaitu mencari jalan tengah atau berkompromi

Chart a Middle Course in Strategy and Innovation Conflicts
The opposable mind looks at projects from different perspectives and finds a way to resolve or manage the conflict.

http://blogs.hbr.org/2010/07/find-a-middle-course-on-strate/



Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 61

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
meretas jalan tengah


Explanation:

Oleh karena frasa charting a middle course ini dipakai dalam percakapan elit (antara ibu negara dan penasihatnya) sekaligus judul artikel, patutlah kita gunakan bahasa yang *tinggi*.

√ Ungkapan yang demikian di antaranya adalah meretas jalan bagi charting, sementara pilihan terbaik middle course adalah jalan tengah.

Dari kamus Oxford: chart: plot (a course) on a chart (mereka-reka jalan di peta). Makna sepadan di KBBI adalah makna ke-4: meretas... 4 menebangi pohon untuk membuat jalan; merintis; merentas. pohon bisa dikiaskan sebagai aral dan rintangan.

∇ REFERENSI ★★★★★★★
http://haris-media.blogspot.com/2011/04/pendidikan-akhlak-da...
Miskawaih telah meretas jalan tengah dengan mengatakan karakter manusia itu dibentuk oleh faktor dasar (nativisme) dan faktor ajar (empirisisme).

http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/116471
Apakah mimpi Indonesia itu? Itulah mimpi yang seyogianya mampu meretas jalan tengah ...

Mimpi Indonesia di satu sisi harus memberi ruang bagi otonomi individu ... Mimpi Indonesia tetap harus mengakui peranan negara ...

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 71
Grading comment
Terima kasih, sudah jelas sekarang




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search