unconscious than external indifference or superficial internationalism suggest

Indonesian translation: ...lebih dalam di bawah sadar daripada yang diisyaratkan oleh wajah luar internasionalisme...

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:unconscious than external indifference or superficial internationalism suggest
Indonesian translation:...lebih dalam di bawah sadar daripada yang diisyaratkan oleh wajah luar internasionalisme...
Entered by: Kaharuddin

23:34 Aug 21, 2014
English to Indonesian translations [PRO]
Government / Politics
English term or phrase: unconscious than external indifference or superficial internationalism suggest
With its centuries of material and intellectual commerce, its literature and art, bourgeois culture has embedded itself in the proletarian masses, and generates a feeling of national solidarity, anchored deeper in the unconscious than external indifference or superficial internationalism suggest; this can potentially express itself in national class solidarity, and greatly hinders international action.
Kaharuddin
Indonesia
...lebih dalam di bawah sadar daripada yang diisyaratkan oleh wajah luar internasionalisme...
Explanation:

√ Lengkapnya: ...lebih dalam di bawah sadar daripada yang diisyaratkan oleh wajah luar internasionalisme yang dangkal atau tidak acuh

★Setuju dengan rekan Rari Astuti bahwasanya yang ditanyakan semestinya berpangkal dari deeper. Frasa the unconscious dapat dipadankan dengan [alam] bawah sadar, bagian dari pikiran yang tidak disadari, namun mengemuka [tidak sengaja] dalam perbuatan dan perkataan.

Yang menantang adalah frasa: external indifference or superficial internationalism. Secara harfiah: internasionalisme yang tidak acuh atau dangkal yang tampil/mengemuka ke luar.

√ Saya usulkan lebih lepas dan lebih bombastis agar mengalir: wajah luar internasionalisme yang dangkal atau tidak acuh. (Urutan dangkal dan tidak acuh dibalik agar tidak dimaknai sebagai tidak acuh dan tidak dangkal).

SURJAYA ★★★★★
http://fyustiazari-fisip12.web.unair.ac.id/artikel_detail-64...
Nasionalisme memiliki dua wajah yang konsepnya tidak mudah untuk dijelaskan. Mengapa memiliki dua wajah? Hal itu disebabkan karena nasionalisme bisa jadi memperkuat suatu negara atau bahkan menghancurkan negara tersebut.

http://rivermapping.blogspot.com/2011_11_01_archive.html
Sehingga yang disebut “filosofi hidup huma betang atau belom bahadat” oleh Perda No.16/2008 adalah salah satu wajah luar atau permukaan dari filosofi, bukan filosofi itu sendiri.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4...lebih dalam di bawah sadar daripada yang diisyaratkan oleh wajah luar internasionalisme...
Erich Eko
3… di alam bawah sadar lebih dalam daripada yang ditunjukkan oleh gelagat ...
Iwan Munandar PhD, MITI


Discussion entries: 1





  

Answers


2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
...lebih dalam di bawah sadar daripada yang diisyaratkan oleh wajah luar internasionalisme...


Explanation:

√ Lengkapnya: ...lebih dalam di bawah sadar daripada yang diisyaratkan oleh wajah luar internasionalisme yang dangkal atau tidak acuh

★Setuju dengan rekan Rari Astuti bahwasanya yang ditanyakan semestinya berpangkal dari deeper. Frasa the unconscious dapat dipadankan dengan [alam] bawah sadar, bagian dari pikiran yang tidak disadari, namun mengemuka [tidak sengaja] dalam perbuatan dan perkataan.

Yang menantang adalah frasa: external indifference or superficial internationalism. Secara harfiah: internasionalisme yang tidak acuh atau dangkal yang tampil/mengemuka ke luar.

√ Saya usulkan lebih lepas dan lebih bombastis agar mengalir: wajah luar internasionalisme yang dangkal atau tidak acuh. (Urutan dangkal dan tidak acuh dibalik agar tidak dimaknai sebagai tidak acuh dan tidak dangkal).

SURJAYA ★★★★★
http://fyustiazari-fisip12.web.unair.ac.id/artikel_detail-64...
Nasionalisme memiliki dua wajah yang konsepnya tidak mudah untuk dijelaskan. Mengapa memiliki dua wajah? Hal itu disebabkan karena nasionalisme bisa jadi memperkuat suatu negara atau bahkan menghancurkan negara tersebut.

http://rivermapping.blogspot.com/2011_11_01_archive.html
Sehingga yang disebut “filosofi hidup huma betang atau belom bahadat” oleh Perda No.16/2008 adalah salah satu wajah luar atau permukaan dari filosofi, bukan filosofi itu sendiri.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 71

6 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
… di alam bawah sadar lebih dalam daripada yang ditunjukkan oleh gelagat ...


Explanation:
Untuk menangkap gagasan yang lebih utuh, setidaknya potongannya seperti frase berikut: "... anchored deeper in the unconscious than external indifference or superficial internationalism suggest'=… [tertanam] di alam/pikiran bawah sadar lebih dalam daripada yang ditunjukkan oleh gelagat ketakpedulian atau internasionalisme yang dangkal

Iwan Munandar PhD, MITI
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search