spurious co-movement

Indonesian translation: pergeseran yang seolah-olah serempak

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:spurious co-movement
Indonesian translation:pergeseran yang seolah-olah serempak
Entered by: Erich Eko

01:44 Mar 2, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Government / Politics / Government
English term or phrase: spurious co-movement
In all specifications, dummy variables for different sub-periods of the sample are included (1987–1990, 1991–1994, and 1995–1997) to account for possible spurious co-movements of the corruption index across countries.

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
pergeseran yang seolah-olah serempak
Explanation:

Jawaban ini menggunakan pendekatan yang luwes.

spurious co-movements membicarakan indeks korupsi di berbagai negara (across countries) yang bergeser serempak. Dugaan saya, geseran indeks ini ke arah pemburukan (artinya, korupsi semakin meraja lela di mana-mana).

Dikatakan spurious karena seolah-olah indeks-indeks di berbagai negara itu berkaitan. Miisalnya, sepintas orang bisa mengira orang Indonesia makin korup karena orang Thailand begitu (atau sebaliknya), atau orang Indonesia dan Thailand *sepakat* untuk berlomba-lomba dalam korupsi.

Maka itu, dikatakan di bagian awal teks: dummy variables for different sub-periods ... are included ... to account for possible spurious co-movements. Si penulis atau peneliti ini menciptakan beberapa dummy variables untuk mengakomodasi (account for) pergeseran yang seolah-olah serempak. Variabel-variabel itu membuat pergeseran indeks menjadi khas per negara, tidak saling terkait. (Mis. korupsi meningkat di Indonesia karena menjelang pemilu, sementara di Thailand karena ketidakstabilan politik di awal tahun, dst.)

... untuk memperhitungkan / mengakomodasi pergeseran yang seolah-olah serempak pada indeks korupsi di semua / melintas negara
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Terima kasih mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lainnya juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5pergeseran yang seolah-olah serempak
Erich Eko
4gerak-bersamaan semu
fird_77
4korelasi semu
Giessendra Pakpahan
3pergerakan bersama semu
Ikram Mahyuddin
3kecendrungan bersama yang semu
Rudolf Frans Maulany


  

Answers


39 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
gerak-bersamaan semu


Explanation:
Menurut Wiki,

comovement (plural comovements) is the correlated or similar movement of two or more entities.

fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

5 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kecendrungan bersama yang semu


Explanation:
kecendrungan bersama yang semu
co-movement menurut Time adalah kecendrungan bersama asal kata co=joint atau bersama dan movement=trend atau kecendrungan dan spurious=semu, palsu

Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Native speaker of: Indonesian

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pergerakan bersama semu


Explanation:
imho

--------------------------------------------------
Note added at 5 jam (2015-03-02 07:34:39 GMT)
--------------------------------------------------

http://digilib.perbanasinstitute.ac.id/index.php?p=show_deta...

Pergerakan Bersama (Comovements) Pasar Saham Internasional: Pendekatan Statistik non Paramterik

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pergeseran yang seolah-olah serempak


Explanation:

Jawaban ini menggunakan pendekatan yang luwes.

spurious co-movements membicarakan indeks korupsi di berbagai negara (across countries) yang bergeser serempak. Dugaan saya, geseran indeks ini ke arah pemburukan (artinya, korupsi semakin meraja lela di mana-mana).

Dikatakan spurious karena seolah-olah indeks-indeks di berbagai negara itu berkaitan. Miisalnya, sepintas orang bisa mengira orang Indonesia makin korup karena orang Thailand begitu (atau sebaliknya), atau orang Indonesia dan Thailand *sepakat* untuk berlomba-lomba dalam korupsi.

Maka itu, dikatakan di bagian awal teks: dummy variables for different sub-periods ... are included ... to account for possible spurious co-movements. Si penulis atau peneliti ini menciptakan beberapa dummy variables untuk mengakomodasi (account for) pergeseran yang seolah-olah serempak. Variabel-variabel itu membuat pergeseran indeks menjadi khas per negara, tidak saling terkait. (Mis. korupsi meningkat di Indonesia karena menjelang pemilu, sementara di Thailand karena ketidakstabilan politik di awal tahun, dst.)

... untuk memperhitungkan / mengakomodasi pergeseran yang seolah-olah serempak pada indeks korupsi di semua / melintas negara

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 75
Grading comment
Terima kasih mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lainnya juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

1 day 32 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
korelasi semu


Explanation:
Menurut saya, kata "co-movement" (atau "comovement"), dapat dipenggal menjadi 2 bagian, yaitu prefiks "co-" dan kata "movement". "Movement" berarti "pergerakan" atau "perubahan", yang dalam konteks ini adalah perubahan dari suatu variabel, yaitu indeks korupsi. Prefiks "co-" berarti "PARTNER or subordinate in an activity" (sumber: http://en.wiktionary.org/wiki/co-#English ) dan menunjukkan bahwa, paling tidak, ada variabel indeks korupsi dari 2 negara yang secara bersamaan mengalami perubahan (kemungkinan berupa peningkatan) dan tampak sebagai korelasi positif (misalnya pada tahun X indeks korupsi negara A turun 5 peringkat dan negara B juga turun 5 peringkat), sehingga seolah-olah kedua variabel tersebut memiliki pola hubungan kausatif satu sama lain (pada tahun X, indeks korupsi negara A dipengaruhi indeks korupsi negara B, vice versa), padahal kemungkinan besar tidak (saya teringat nasehat seseorang, "correlation doesn’t always imply causation"), sehingga, untuk menguatkan logika tersebut, ditambahkanlah kata "spurious" yang dalam konteks ini berpadanan dengan kata "semu". Maka, menurut saya, dalam konteks ini, kata "co-movement" dapat berpadanan dengan kata "korelasi".

Contoh kalimat:
"A number of studies have identifed patterns of positive correlation of returns, or comovement, among different traded securities." (sumber: http://www.nber.org/papers/w8895 )

Maka, terjemahan klausa "... to account for possible spurious co-movements of the corruption index across countries" adalah "... untuk menjelaskan kemungkinan korelasi semu dari indeks korupsi di berbagai negara".

Example sentence(s):
  • A number of studies have identifed patterns of positive correlation of returns, or comovement, among different traded securities.

    Reference: http://en.wiktionary.org/wiki/comovement
    Reference: http://en.wiktionary.org/wiki/co-#English
Giessendra Pakpahan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search