exit and voice mechanisms

Indonesian translation: Mekanisme exit dan voice

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:exit and voice mechanisms
Indonesian translation:Mekanisme exit dan voice
Entered by: Fery Andriansyah

04:11 Apr 14, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Government / Politics / Government
English term or phrase: exit and voice mechanisms
Arguments that have been advanced to support the positive impact of decentralization in reducing corruption include: enhanced accountability and reduced corruption in view of competition among local governments (xxx (1995), xxx (2004)); exit and voice mechanisms at the local level; higher level of information (xxx (1996), xxx and xxx (2009)); lower expected gains from corruption but higher probability of detection and punishment at the local level (xxx (1999), xxx (1995)); enhanced transparency (xxx (2000)), and lower transaction costs for citizens and improved countervailing institutions (xxx and xxx (2009)).

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Mekanisme exit dan voice
Explanation:
Saya sarankan untuk tidak diterjemahkan.

"Mekanisme exit berarti bahwa jika pelayanan publik tidak berkualitas, maka mitra harus memiliki kesempatan untuk memilih lembaga penylenggara pelayanan publik lain yang disukainya. Sedangkan mekanisme voice berarti adanya kesempatan untuk mengungkapkan ketidakpuasan kepada lembaga penyelenggara pelayanan publik."
Selected response from:

Fery Andriansyah
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Mas Fery Andriansyah, atas bantuan istilahnya. Teman-teman yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1Mekanisme exit dan voice
Fery Andriansyah
4 +1mekanisme angkat kaki dan angkat suara (exit and voice)
Erich Eko
4Mekanisme pindah dan kontrol
Achmad Fuad Lubis


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
Mekanisme exit dan voice


Explanation:
Saya sarankan untuk tidak diterjemahkan.

"Mekanisme exit berarti bahwa jika pelayanan publik tidak berkualitas, maka mitra harus memiliki kesempatan untuk memilih lembaga penylenggara pelayanan publik lain yang disukainya. Sedangkan mekanisme voice berarti adanya kesempatan untuk mengungkapkan ketidakpuasan kepada lembaga penyelenggara pelayanan publik."


    Reference: http://bappenas.go.id/files/4013/7637/9049/Manajemen_Pengadu...
    Reference: http://issuu.com/muhammadthoriqbahri/docs/kajian_revisi_mare...
Fery Andriansyah
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih Mas Fery Andriansyah, atas bantuan istilahnya. Teman-teman yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rudolf Frans Maulany
1 hr

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Mekanisme pindah dan kontrol


Explanation:
Kalau dikaitkan dengan konteks penelitian Bank Dunia mengenai hubungan tingkat korupsi dengan pemberian otonomi daerah / desentralisasi, maka salah satu aspek yang diteliti adalah apakah mekanisme pindah (exit) dari suatu yurisdiksi / daerah bagi warga atau entitas bisnis ke daerah lain sebagai pilihan, lebih mudah dari pada mekanisme kontrol (voice) terhadap pemerintah daerah oleh warga atau akuntabilitas politik pemerintah daerah.
Ref:https://openknowledge.worldbank.org/bitstream/handle/10986/3...


    https://openknowledge.worldbank.org/bitstream/handle/10986/3785/WPS5299.txt?sequence=2
Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 days 21 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
mekanisme angkat kaki dan angkat suara (exit and voice)


Explanation:

★ Rekan Ferry mengusulkan dipertahankannya istilah asli, sementara rekan Achmad mengusulkan diterjemahkan saja.

√ Saya usulkan agar diterjemahkan sambil istilah aslinya tetap diberikan. Seiring dengan waktu, semoga istilah Indonesianya semakin berterima dan bisa menggeser istilah asingnya.

★ Selanjutnya, salah satu cara membuat istilah mudah diingat dan melekat di hati adalah membentuk rima. Dari definisi exit and voice yang diberikan rekan-rekan Ferry dan Achmad, kita bisa membuat rima a.l.:

1-mekanisme pindAH dan sanggAH
2-mekanisme alihKAN dan suaraKAN

√ Pilihan saya: mekanisme angkat kaki dan angkat suara (exit and voice). Frasa angkat kaki berarti bergerak, berpindah, meninggalkan. Sementara itu, angkat suara berarti menanggapi, menyanggah, mengajukan keberatan atau keprihatinan. Surjaya memperlihatkan contoh penggunaan di dalam makna-makna tersebut.

SURJAYA ★★★★★
http://www.merdeka.com/sepakbola/djohar-arifin-siap-angkat-k...
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Djohar Arifin Husin, siap angkat kaki dari organisasi olahraga tertua di Indonesia tersebut.

http://bola.okezone.com/read/2015/02/06/45/1102141/wilshere-...
Jack Wilshere Akhirnya Angkat Suara Mengenai Foto Dirinya Memegang Penghisap Shisha Yang Beredar Di Media Sosial.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 75

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Irma Wildani Anzia: Usulan yang bagus sekali, kang Erich.
4 days
  -> Terima kasih Irma. Berikut peribahasa sebagai balasannya: Naik seperti kelip-kelip, turun seperti ribut (=menjayakan diri itu susah dan lama, menjatuhkan diri itu mudah dan seketika).




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search