horn book

Indonesian translation: buku dari tanduk

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:horn book
Indonesian translation:buku dari tanduk
Entered by: Erich Eko

09:19 Mar 8, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - History / dubbing
English term or phrase: horn book
Di era Tudor, anak sekolah belajar menulis di 'horn book':

All a boy needs to learn is one of these. We call it a horn book.

Apa ya terjemahan 'horn book' dalam Bahasa Indonesia?

Thanks.
Yohanes Sutopo
buku tanduk (beralas kayu, bersampul tanduk)
Explanation:

Dengan mengacu kepada gambar buku ini: http://www.bookmakingwithkids.com/wp-content/uploads/2008/08...

ada dua fitur yang menonjol:

1-buku terletak pada sebuah alas kayu
2-buku bersampul tanduk bening sebagai pelindung.

Terjemahan harfiah ya buku tanduk. Terjemahan ini berupaya menangkap kedua fitur, namun memulai dengan istilah singkat - jaga-jaga kalau disebut lagi di bagian lain sehingga tidak perlu menjelaskan ulang.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1horn book
Ramsyah Faizal
4lembar kertas kulit beserta alpabet dan tabel angka
Ahmad Ridwan Munib
3 +1buku tanduk (beralas kayu, bersampul tanduk)
Erich Eko


  

Answers


14 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
buku tanduk (beralas kayu, bersampul tanduk)


Explanation:

Dengan mengacu kepada gambar buku ini: http://www.bookmakingwithkids.com/wp-content/uploads/2008/08...

ada dua fitur yang menonjol:

1-buku terletak pada sebuah alas kayu
2-buku bersampul tanduk bening sebagai pelindung.

Terjemahan harfiah ya buku tanduk. Terjemahan ini berupaya menangkap kedua fitur, namun memulai dengan istilah singkat - jaga-jaga kalau disebut lagi di bagian lain sehingga tidak perlu menjelaskan ulang.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Thanks.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian
7 hrs

29 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
lembar kertas kulit beserta alpabet dan tabel angka


Explanation:
According to Webster, "horn book = a sheet of parchment with the alphabet, table of number".

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

13 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
horn book


Explanation:
Istilah ini tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia mengingat "horn book" hanya digunakan di Eropa dan Amerika. Untuk itu, sebaiknya dipertahankan dalam bahasa aslinya agar tidak menimbulkan kebingungan dan memunculkan definisi yang terlalu panjang. Sama halnya dengan istilah "batik" yang tidak pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Hornbook
Ramsyah Faizal
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  bayu diantoro
2 days 9 hrs
  -> Terima kasih :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search