the latter requires the former

Indonesian translation: Lihat penjelasan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:the latter requires the former
Indonesian translation:Lihat penjelasan
Entered by: Agustinus

12:36 Jun 10, 2019
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Idioms / Maxims / Sayings
English term or phrase: the latter requires the former
the latter requires the former


---
thank you
Agustinus
Indonesia
Lihat penjelasan
Explanation:
Kalau diterjemahkan seperti format bahasa Inggris, biasanya akan malah membingungkan dan tidak lazim dalam bahasa Indonesia, yang terakhir disebutkan dan yang disebutkan di awal.

Cara menyiasatinya, untuk terjemahan "the former" and "the former" dapat diganti langsung dengan aspek/unsur yang dibahas.

Contoh:

The remaining one-fourth of your grade will be based on class attendance and participation (noting that the latter requires the former). Just to encourage you to ...
https://myaccess.georgetown.edu/pls/bninbp/bwckctlg.p_disp_c...

Terjemahan teks pada tautan di atas bisa seperti ini:
... Perhatikan bahwa partisipasi membutuhkan kehadiran di kelas.
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
thank you.
2 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5Lihat penjelasan
Regi2006
5yang kedua/terakhir membutuhkan yang pertama
Erich Eko
3yang disebut belakangan membutuhkan yang sudah disebutkan duluan
Arif Rakhman


  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Lihat penjelasan


Explanation:
Kalau diterjemahkan seperti format bahasa Inggris, biasanya akan malah membingungkan dan tidak lazim dalam bahasa Indonesia, yang terakhir disebutkan dan yang disebutkan di awal.

Cara menyiasatinya, untuk terjemahan "the former" and "the former" dapat diganti langsung dengan aspek/unsur yang dibahas.

Contoh:

The remaining one-fourth of your grade will be based on class attendance and participation (noting that the latter requires the former). Just to encourage you to ...
https://myaccess.georgetown.edu/pls/bninbp/bwckctlg.p_disp_c...

Terjemahan teks pada tautan di atas bisa seperti ini:
... Perhatikan bahwa partisipasi membutuhkan kehadiran di kelas.

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 9
Grading comment
thank you.

11 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
yang kedua/terakhir membutuhkan yang pertama


Explanation:

🌿 Frasa ini, menurut pengalaman saya, adalah mengenai dua kata benda. Karena cuma dua, the former boleh dengan selamat dipadankan dengan yang pertama, sementara the latter dengan yang kedua; cukup sering juga menjadi yang terakhir. Padanan ini menganggap bahwa pembaca mengerti (dan pada kebanyakan orang saya rasa memang begitu) bahwa yang pertama berarti kata benda yang muncul dahuluan, yang kedua/terakhir berarti kata benda yang muncul belakangan.

⚡ Jika kedua kata benda sejenis (biasanya begitu), yang dapat diganti dengan kata benda tersebut. Misalnya:

metode kedua membutuhkan metode pertama
keterampilan kedua mensyaratkan keterampilan pertama
kebiasaan terakhir memerlukan kebiasaan pertama


Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 50

13 days   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
yang disebut belakangan membutuhkan yang sudah disebutkan duluan


Explanation:
-

Arif Rakhman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search