subsidiarity

Indonesian translation: subsideritas

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:subsidiarity
Indonesian translation:subsideritas
Entered by: Hikmat Gumilar

08:06 Dec 9, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - International Org/Dev/Coop / Organisasi - Perusahaan - Bylaws
English term or phrase: subsidiarity
noun (in politics) the principle that a central authority should have a subsidiary function, performing only those tasks which cannot be performed at a more local level.
Hikmat Gumilar
Indonesia
subsideritas
Explanation:
Di-indonesiakan saja, Mat, jadi 'subsideritas.'

Ref.:
Bahwa berdasarkan terguran Dinas Pengairan Pempropsu yang tidak ditanggapi oleh pengembang tersebut sesuai *azas subsideritas* yang memungkinkan pihak kepolisian meliliki alasan secara hukum melakukan penyelidikan dan penyidikan hukum secara tuntas atas perbuatan pengembang yang merusak lingkungan Sungai Deli.

--------------------------------------------------
Note added at 24 mins (2007-12-09 08:31:21 GMT)
--------------------------------------------------

Ini contoh pemakaian istilah 'subsideritas' dalam konteks yang lain.
Asas Subsidaritas:
Asas subsideritas mengandung pengertian bahwa pengusaha
menegah atau pengusaha besar merupakan salah satu faktor dalam
rangka memberdayakan usaha kecil tentunya sesuai kemampuan
http://72.14.235.104/search?q=cache:v14CQvy9brYJ:www.damandi...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2pendukung/pelengkap
Hengky Chiok
5 +1pengganti
ivo abdman
5 +1subsideritas
Hipyan Nopri
4pendukung
Mohammad Renaldi Diponegoro
4subsider
Mohamad Rudi Atmoko
4lokalisasi
Ikram Mahyuddin
3kesubsideran
Ian Forbes
3penyokong
Hadiyono Jaqin


Discussion entries: 1





  

Answers


12 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
subsideritas


Explanation:
Di-indonesiakan saja, Mat, jadi 'subsideritas.'

Ref.:
Bahwa berdasarkan terguran Dinas Pengairan Pempropsu yang tidak ditanggapi oleh pengembang tersebut sesuai *azas subsideritas* yang memungkinkan pihak kepolisian meliliki alasan secara hukum melakukan penyelidikan dan penyidikan hukum secara tuntas atas perbuatan pengembang yang merusak lingkungan Sungai Deli.

--------------------------------------------------
Note added at 24 mins (2007-12-09 08:31:21 GMT)
--------------------------------------------------

Ini contoh pemakaian istilah 'subsideritas' dalam konteks yang lain.
Asas Subsidaritas:
Asas subsideritas mengandung pengertian bahwa pengusaha
menegah atau pengusaha besar merupakan salah satu faktor dalam
rangka memberdayakan usaha kecil tentunya sesuai kemampuan
http://72.14.235.104/search?q=cache:v14CQvy9brYJ:www.damandi...


    Reference: http://www.walhi.or.id/kampanye/cemar/industri/070416_deli_s...
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kardi Kho
16 hrs
  -> Terima kasih, Kardi.

34 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
pendukung/pelengkap


Explanation:
"prinsip bahwa otoritas pusat harus berperan sebagai pendukung/pelengkap, yaitu hanya melakukan tugas-tugas yang tidak dapat dilaksanakan pada tingkat lokal."

Subsidiary \Sub*sid"i*a*ry\, a. [L. subsidiarius: cf. F.
subsidiaire. See Subsidy.]
1. Furnishing aid; assisting; auxiliary; helping; tributary;
especially, aiding in an inferior position or capacity;

Hengky Chiok
United States
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
36 mins
  -> Terimakasih, Hadi

agree  Anthony Indra
3 hrs
  -> Terimakasih, Rayindra

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
penyokong


Explanation:
Prinsip yang menekankan bahwa otoritas pusat seharusnya hanya berperan sebagai penyokong untuk tugas-tugas yang tidak bisa dilaksanakan pada tingkatan yang lebih rendah. IMHO

Hadiyono Jaqin
Thailand
Works in field
Native speaker of: Indonesian

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kesubsideran


Explanation:
Dalam konteks yang diberikan kata ‘subisidiary’ bisa diterjemahkan ‘subsider’, sehingga ‘subsidiarity’ dapat diterjemahkan ‘kesubsideran’. Memang ini “main karang” kata baru, tetapi itulah keindahan sistim awalan dan akhiran yang ada dalam Bahasa Indonesia.

Ian Forbes
New Zealand
Works in field
Native speaker of: Native in EnglishEnglish

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
pengganti


Explanation:
dalam konteks ini lebih tepatnya pengganti

otoritas pusat akan menjadi pengganti pelaksana tugas yang seharusnya dilaksanakan oleh tingkat yang lebih lokal yang karena satu atau lain hal gagal melaksanakan tugas tersebut

bisa dianalogikan dengan keterangan subsider di KBBI
a. huk sebagai pengganti apanbila hal pokok tidak terjadi (hukuman kurungan sbg pengganti hukuman denda bila terhukum tidak membayarnya)

--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2007-12-09 15:03:49 GMT)
--------------------------------------------------

salah satu sinonim subsidiary adalah alternate (pengganti)

--------------------------------------------------
Note added at 16 hrs (2007-12-10 00:17:23 GMT)
--------------------------------------------------

agar lebih halus dapat digunakan

fungsi perwalian
fungsi perwakilan

atau bila ingin lebih tegas (bahasa orde baru)

fungsi pengambilalihan (tugas)

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  misc88: tepat
11 hrs
  -> Thanks

17 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pendukung


Explanation:
the principle that a central authority should have a subsidiary function, performing only those tasks which cannot be performed at a more local level.
-->prinsip bahwa otoritas pusat seharusnya mempunyai fungsi pendukung, (yaitu) melakukan hanya tugas-tugas yang tidak dapat dilakukan dalam tingkat yang lebih lokal


--------------------------------------------------
Note added at 17 jam (2007-12-10 01:27:55 GMT)
--------------------------------------------------

Mungkin sekedar melengkapi Chioks...saya belum baca sebelumnya. Thanks.


    Reference: http://www.merriam-webster.com/dictionary/subsidiarity
    Reference: http://www.merriam-webster.com/dictionary/subsidiary
Mohammad Renaldi Diponegoro
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

18 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
lokalisasi


Explanation:
artinya kalo tugasnya bisa dilakukan oleh "cabang" ya dilakukan oleh "cabang" saja. Istilah "lokalisasi" ini juga saya temukan di google, meskipun dalam konteks nasional/daerah

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

3 days 15 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
subsider


Explanation:
Mas Hikmat, saya kira "subsidiary" dalam frase "subsidiary function" bukan sebagai noun tetapi sebagai adjective, tetapi "subsidiarity" adalah noun. Dan "fungsi" mungkin sama dengan "badan". jadi "fungsi subsider" adalah "badan subsider" (ada bayak di google) atau organ subsider seperti di http://www.skripsi-tesis.com/keberhasilan-unmik-dalam-pemuli...

Mohamad Rudi Atmoko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search