lifelike speech

Indonesian translation: ucapan yang hampir alami

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:lifelike speech
Indonesian translation:ucapan yang hampir alami
Entered by: Indah Lestari

12:50 Apr 5, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - IT (Information Technology) / Programming
English term or phrase: lifelike speech
The sentence is "Turn text into lifelike speech".

Please see this page for reference https://aws.amazon.com/polly/

Apparently this is a deep learning technology which turn text into speech that resembles that of human. Should we say 'ujaran yang seperti sungguhan'?

Suggestions are welcome.
Indah Lestari
France
ucapan yang hampir alami
Explanation:

🏝️ ucapan adalah susunan bunyi yang hanya bisa dihasilkan manusia [hingga tengah abad lalu] atau alat yang dibuat manusia [makin canggih akhir-akhir ini].

⚽ Namun, hasil dari alat/program sampai saat ini masih berkualitas mendekati / hampir alami, belum sempurna. Contohnya, ponsel Nokia jadul (2010) saya mengucapkan: Té-lé-bén-kin setiap kali ada telepon dari staf Telebanking. Sungguh lumayan buat hiburan. Tapi, teknologi baru saya kira akan melafalkannya lebih jitu: Té-lé-béng-king!

★彡 SURJAYA
https://teknologibahasa.wordpress.com/category/text-to-speec...
Synthesizer jenis ini dapat menghasilkan bunyi ucapan dengan tingkat kealamian (naturalness) yang tinggi.... Untuk mendapatkan ucapan yang lebih alami, ucapan yang dihasilkan harus memiliki prosodi.

https://media.neliti.com/media/publications/53867-ID-aplikas...
Hasil pengujian menunjukkan aplikasi dongeng text to speech sudah mampu membaca dongeng, walaupun dari segi intonasi suara belum alami sebagaimana manusia membaca dongeng.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thank you
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5ucapan yang hampir alami
Erich Ekoputra
5seperti ujaran suara manusia
Regi2006


  

Answers


28 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
seperti ujaran suara manusia


Explanation:
Ubah teks seperti ujaran suara manusia

Regi2006
Indonesia
Meets criteria
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 15

54 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
ucapan yang hampir alami


Explanation:

🏝️ ucapan adalah susunan bunyi yang hanya bisa dihasilkan manusia [hingga tengah abad lalu] atau alat yang dibuat manusia [makin canggih akhir-akhir ini].

⚽ Namun, hasil dari alat/program sampai saat ini masih berkualitas mendekati / hampir alami, belum sempurna. Contohnya, ponsel Nokia jadul (2010) saya mengucapkan: Té-lé-bén-kin setiap kali ada telepon dari staf Telebanking. Sungguh lumayan buat hiburan. Tapi, teknologi baru saya kira akan melafalkannya lebih jitu: Té-lé-béng-king!

★彡 SURJAYA
https://teknologibahasa.wordpress.com/category/text-to-speec...
Synthesizer jenis ini dapat menghasilkan bunyi ucapan dengan tingkat kealamian (naturalness) yang tinggi.... Untuk mendapatkan ucapan yang lebih alami, ucapan yang dihasilkan harus memiliki prosodi.

https://media.neliti.com/media/publications/53867-ID-aplikas...
Hasil pengujian menunjukkan aplikasi dongeng text to speech sudah mampu membaca dongeng, walaupun dari segi intonasi suara belum alami sebagaimana manusia membaca dongeng.

Erich Ekoputra
Indonesia
Meets criteria
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 99
Grading comment
Thank you
Notes to answerer
Asker: We can also use 'ujaran' I suppose.





The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search