PROZ.COM COVID-19 RESOURCE CENTER
Access Covid-19 jobs, answer relevant terminology questions, read industry news and more.

Pass-through claim

Indonesian translation: gugatan actio pauliana

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Pass-through claim
Indonesian translation:gugatan actio pauliana
Entered by: Helmy Ismail Sani

16:19 Jul 26, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Contract(s)
English term or phrase: Pass-through claim
In the event of any dispute, claim, cause of action, disagreement or "pass-through" claim for indemnification and/or contribution arising from or relating to this Agreement...

Apa ya terjemahan yang tepat untuk "pass-through claim" di sini?

Terima kasih.
Helmy Ismail Sani
Indonesia
gugatan actio pauliana
Explanation:
Menurut info dari Internet, past-through claim adalah gugatan atas kerugian yg dialami subkontraktor yg disampaikan oleh kontraktor kepada pemilik proyek.

Subkontraktor (C) tidak bisa melakukan gugatan langsung kepada pemilik proyek karena mereka tidak memiliki perikatan hukum.

Yg memiliki perikatan hukum adalah kontraktor (A) dan pemilik proyek (B).

Karena itu, gugatan si subkontraktor disampaikan melalui kontraktor.

Selanjutnya, dalam sistem hukum perdata Indonesia dikenal gugatan actio pauliana, yaitu gugatan yg disampaikan oleh pihak ketiga (C) kepada para pihak (A dan B) dalam suatu perjanjian karena perjanjian tsb merugikan pihak ketiga tsb.

Uraian di atas menunjukkan bahwa definisi PTC selaras dg pengertian GAP.

Karena itu, saya menyimpulkan dan mengusulkan:

pass-through claim = gugatan actio pauliana

Rujukan:
Selain itu di luar syarat sahnya perjanjian KUHperdata mengenal juga alasan lain
sebagai dasar untuk “perjanjian yang dapat dibatalkan” yaitu gugatan actio pauliana (upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pihak ketiga untuk mengajukan pembatalan perjanjian yang dibuat oleh para pihak, karena perjanjian dianggap merugikan kepentingan pihak ketiga) atau alasan ketidak-seimbangan isi perjanjian yang sangat menyolok, yang di Indonesia diatur dalam woeker ordonantie sedangkan dalam NBW dimasukkan dalam Pasal 6:233 sub a.
http://www.bphn.go.id/data/documents/hukum_kontrak.pdf

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2017-07-30 22:59:06 GMT)
--------------------------------------------------

Rujukan Tambahan:
Pasal 1341 KUH Perdata

Sudarsono.2007. Kamus Hukum. Edisi Baru. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2017-07-31 01:31:00 GMT)
--------------------------------------------------

Komentar:

PTC maupun GAP:
1. Bertujuan membatalkan perjanjian di antara para pihak yg merugikan pihak ketiga.
2. Bertujuan memulihkan kerugian yg dialami pihak ketiga.

Dg dipulihkannya kerugian yg dialami pihak ketiga, tentu saja ketentuan perjanjian para pihak yg merugikan tsb dibatalkan/diubah sehingga tidak merugikan lagi.

Contoh Kasus (hipotetis):
A dan B mengadakan perjanjian pranikah. A berstatus duda. Salah satu ketentuan perjanjian tsb menyatakan bahwa C (mantan isteri A) tidak boleh datang menjenguk anak2 mereka (A & C) yg ikut dg A sejak sahnya pernikahan A dan B.
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Terima kasih atas bantuan dan penjelasannya yang lengkap, uda Hipyan.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1klaim terusan/tembusan
fird_77
5gugatan actio pauliana
Hipyan Nopri
5klaim subkontraktor
Joe Ly Sien


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
pass-through claim
klaim subkontraktor


Explanation:
Klaim subkontraktor kepada pemilik proyek. Klaim ini diajukan oleh kontraktor yang ditujukan kepada pemilik proyek atas kerugian atau kerusakan yang diderita subkontraktor.

--------------------------------------------------
Note added at 1 jam (2017-07-26 17:57:07 GMT)
--------------------------------------------------

Referensi 1: http://myemail.constantcontact.com/What-is-a-Pass-Through-Cl...
Referensi 2: http://www.internationallawoffice.com/Newsletters/Constructi...
Referensi 3: https://www.merriam-webster.com/dictionary/pass-through

Joe Ly Sien
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
pass-through claim
klaim terusan/tembusan


Explanation:
Menilik tautan ini http://constructionadvisortoday.com/2010/07/subcontractor-pa... berikut diskusi antarkomentatornya, "pass-through claim" lebih menitikberatkan upaya kontraktor utama dalam 'meneruskan' klaim yang diderita subkontraktor kepada pemilik proyek.

Ada tiga pihak yang terlibat di sini: a) pemilik proyek, b) kontraktor utama, c) subkontraktor.

"Pass-through" bisa berfungsi sebagai verba sekaligus adjektiva sehingga makna dasar kata ini, "meneruskan", dari subkontraktor ke pemilik proyek oleh kontraktor utama, bisa dipertahankan.

fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Ekoputra
2 days 6 hrs
  -> Terima kasih, Bung Erich.

3 days 19 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pass-through claim
gugatan actio pauliana


Explanation:
Menurut info dari Internet, past-through claim adalah gugatan atas kerugian yg dialami subkontraktor yg disampaikan oleh kontraktor kepada pemilik proyek.

Subkontraktor (C) tidak bisa melakukan gugatan langsung kepada pemilik proyek karena mereka tidak memiliki perikatan hukum.

Yg memiliki perikatan hukum adalah kontraktor (A) dan pemilik proyek (B).

Karena itu, gugatan si subkontraktor disampaikan melalui kontraktor.

Selanjutnya, dalam sistem hukum perdata Indonesia dikenal gugatan actio pauliana, yaitu gugatan yg disampaikan oleh pihak ketiga (C) kepada para pihak (A dan B) dalam suatu perjanjian karena perjanjian tsb merugikan pihak ketiga tsb.

Uraian di atas menunjukkan bahwa definisi PTC selaras dg pengertian GAP.

Karena itu, saya menyimpulkan dan mengusulkan:

pass-through claim = gugatan actio pauliana

Rujukan:
Selain itu di luar syarat sahnya perjanjian KUHperdata mengenal juga alasan lain
sebagai dasar untuk “perjanjian yang dapat dibatalkan” yaitu gugatan actio pauliana (upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pihak ketiga untuk mengajukan pembatalan perjanjian yang dibuat oleh para pihak, karena perjanjian dianggap merugikan kepentingan pihak ketiga) atau alasan ketidak-seimbangan isi perjanjian yang sangat menyolok, yang di Indonesia diatur dalam woeker ordonantie sedangkan dalam NBW dimasukkan dalam Pasal 6:233 sub a.
http://www.bphn.go.id/data/documents/hukum_kontrak.pdf

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2017-07-30 22:59:06 GMT)
--------------------------------------------------

Rujukan Tambahan:
Pasal 1341 KUH Perdata

Sudarsono.2007. Kamus Hukum. Edisi Baru. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2017-07-31 01:31:00 GMT)
--------------------------------------------------

Komentar:

PTC maupun GAP:
1. Bertujuan membatalkan perjanjian di antara para pihak yg merugikan pihak ketiga.
2. Bertujuan memulihkan kerugian yg dialami pihak ketiga.

Dg dipulihkannya kerugian yg dialami pihak ketiga, tentu saja ketentuan perjanjian para pihak yg merugikan tsb dibatalkan/diubah sehingga tidak merugikan lagi.

Contoh Kasus (hipotetis):
A dan B mengadakan perjanjian pranikah. A berstatus duda. Salah satu ketentuan perjanjian tsb menyatakan bahwa C (mantan isteri A) tidak boleh datang menjenguk anak2 mereka (A & C) yg ikut dg A sejak sahnya pernikahan A dan B.


Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 278
1 corroborated select project
in this pair and field What is ProZ.com Project History(SM)?
Grading comment
Terima kasih atas bantuan dan penjelasannya yang lengkap, uda Hipyan.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Erich Ekoputra: Bukankah GAP diajukan o/ kreditur? IMHO, tujuan AP adalah membatalkan perjanjian, sementara tujuan PTC memulihkan kerugian. // Mengenai tujuan, ada contoh kasus GAP yang bertujuan meminta ganti rugi seperti PTC?
12 hrs
  -> GAP tidak mesti diajukan kreditur. GAP bisa diajukan oleh siapa pun pihak ketiga yg merasa dirugikan oleh adanya perjanjian para pihak (A dan B, misalnya). GAP diajukan karena merugikan pihak ketiga.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search