prevented or hindered

Indonesian translation: Terhalangi atau terkendala

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:prevented or hindered
Indonesian translation:Terhalangi atau terkendala
Entered by: Agustinus

08:55 Aug 28, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Contract(s) / force majeure clause
English term or phrase: prevented or hindered
Neither party shall be liable for any loss, damage or delay due to any of the following force majeure events and/or conditions to the extent that the party invoking force majeure is prevented or hindered from performing any or all of their obligations under this Agreement, provided they have made all reasonable efforts to avoid, minimize or prevent the effect of such events and/or conditions:

- Act of Gods
- Natural Disaster, etc

-----
Thank you
Agustinus
Indonesia
Terhalangi atau terkendala
Explanation:
Terhalangi atau terkendala dalam melaksanakan ...
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
thanks regi :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1tidak dapat atau tidak mampu
Hipyan Nopri
5terhalang atau terganggu
Erich Ekoputra
4 +1Terhalangi atau terkendala
Regi2006


  

Answers


5 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
tidak dapat atau tidak mampu


Explanation:
Pada dasarnya: be prevented = terhalang dan be hindered = terhambat.

Namun demikian, dalam konteks ini, sayang mengusulkan:

be prevented = tidak dapat, dan

be hindered = tidak mampu

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 275
1 corroborated select project
in this pair and field What is ProZ.com Project History(SM)?

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Tony Bennjamin
1 hr
  -> Terima kasih, Tony.

58 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
Terhalangi atau terkendala


Explanation:
Terhalangi atau terkendala dalam melaksanakan ...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 77
Grading comment
thanks regi :)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Liz_Indonesian: Saya juga setujuh dengan terjemahan ini karena kata-kata dengan akurat mewakili bahasa inggris yang setara
19 hrs
  -> Thanks

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
terhalang atau terganggu


Explanation:
⛱ Perbedaan antara prevent dan hinder menurut beberapa sumber adalah prevent akan menghentikan sama sekali, sementara hinder akan mempersulit, tidak sampai berhenti. Ini antara lain dinyatakan oleh kamus Merriam-Webster: prevent to stop (someone or something) from doing something, sementara hinder to make slow or difficult the progress of.

⛱ Donald Lyons, seorang penutur asli Inggris dan anggota ProZ yang sesekali menjawab KudoZ Inggris-Indonesia pp. untuk bidang matematika, mengatakan lebih kurang sama di forum ini satu dasawarsa silam: https://forum.wordreference.com/threads/prevent-hinder.58801... . Kata beliau: "Prevent is to stop something happening. Hinder is to make it difficult (but not necessarily stop)."

☕ Dikaitkan dengan keadaan kahar, kata-kata prevented or hindered adalah semacam frasa "tangkap semua" (catch-all phrase): pihak yang terkena tidak mau sekadar dimaafkan pada saat tidak bisa sama sekali (prevented), tetapi ingin juga dimaklumi ketika hanya bisa setengah atau sepertiga atau lebih kecil lagi (hindered) dalam melaksanakan kewajibannya.

☕ U/ terjemahannya, makna dari KBBI:

terhalang: tertahan (sehingga tidak dapat lalu atau tidak dapat melanjutkan); terhenti
terganggu: tidak lancar; terhenti (untuk sementara)


Maka, terhalang mewakili makna prevented, dan terganggu mewakili [sebagian besar] makna hindered.

★彡 SURJAYA
http://www.kompasiana.com/www.anisjasmerah.blogspot.com/sura...
Tetapi bagaimana kalau tiba-tiba situasi darurat terjadi, misalnya transportasi perminyakan terhalang atau terganggu oleh bencana alam lebih ...

https://csuryana.wordpress.com/2013/05/14/tugas-pokok-dan-fu...
... adanya tantangan yang bersumber dari luar maupun dari dalam tubuh Polri agar Polri tidak terhalang atau terganggu dalam melaksanakan tugas pokoknya...

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 275




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search