available

Indonesian translation: dapat diterapkan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:available
Indonesian translation:dapat diterapkan
Entered by: Agustinus

13:42 Aug 28, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Contract(s)
English term or phrase: available
Himalaya

... every exemption, limitation, condition and liberty herein contained and every right, exemption from liability, defence and immunity of whatsoever nature applicable to the Managers or to which the Managers are entitled hereunder shall also be available and shall extend to protect every such employee or agent of the Managers acting as aforesaid and for the purpose of all the foregoing provisions of this Clause of Responsibilities.

-----
Thank you
Agustinus
Indonesia
dapat diterapkan
Explanation:

🚩 Jika dilihat dari naskahnya, semua keistimewaan yang disebutkan sudah ada di dalam naskah ataupun di luar naskah. Coba kita lihat:

a. every exemption, ... herein contained...
b. every right... of whatsoever nature applicable....
c. or ... entitled hereunder


Jadi, hemat saya, kata available bukan untuk menuntut atau menegaskan keberadaan, melainkan untuk menuntut sesuatu terhadap yang sudah ada.

🚩 Yang kedua, saya lihat bahwa semua yang disebutkan (pengecualian, kekebalan/imunitas, kebebasan, dsb.) adalah keistimewaan atau pengistimewaan. Pada poin b ada hak, tetapi itu berasal dari luar naskah (=secara alami, atau secara aturan hukum).

🏈 Dari hal-hal di atas, available di sini lebih kepada makna accessible (bisa ditemukan a.l. di Kamus Merriam-Webster) alias bisa diakses ketika dan jika dikehendaki. Kekebalan misalnya, mungkin akan diakses ketika terjadi masalah. Hak dari luar pada poin b akan dikemukakan jika hak di dalam naskah terasa kurang.

🏁 Walau mengakses hak dapat ditemukan dengan mudah, untuk naskah ini saya cenderung mengusulkan yang lebih mudah dipahami: dapat diterapkan.

★彡SURJAYA
http://www.unhcr.org/id/10765-unhcr-adakan-diskusi-panel-men...
Sebagai hasilnya, mereka sering menghadapi kesulitan mengakses hak-hak dasar dan layanan serta kesulitan berintegrasi secara penuh...

https://books.google.co.id/books?id=VYEbBgAAQBAJ
Tanggapan kebijakan perubahan iklim di Indonesia: Mekanisme Reducing ...
Mumu Muhajir - 2010 - ‎Political Science
Alasan utama kesulitan masyarakat dalam mengakses hak pengelolaan itu adalah sistem birokrasi dalam bentuk perijinan yang rumit dan berbiaya besar, ...

http://nasional.news.viva.co.id/news/read/583244-jimly-asshi...
Penerapan hak imunitas itu, jika seseorang yang terkena kasus hukum tetapi dia sedang dalam menjalani jabatan maka bisa menggunakan ...

http://jhp.ui.ac.id/index.php/home/article/download/1385/130...
... setelah perwakilan diplomatik menyampaikan note verbale kepada pemerintah RI (eq, Deplu), nota mana menerapkan kekebalan diplomatik (invoke immunity).
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
thank you.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5dapat diterapkan
Erich Ekoputra
5dapat digunakan
Hipyan Nopri
4 +1tersedia
Regi2006
4berlaku
jastatea


  

Answers


3 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
tersedia


Explanation:
HTH

--------------------------------------------------
Note added at 4 mins (2017-08-28 13:47:00 GMT)
--------------------------------------------------

Saya kira tidak ada masalah bila kata tersedia digunakan untuk merujuk ke hak dkk itu.

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 77

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Liz_Indonesian: Saya juga setujuh dengan kata tersedia, kata itu cukup jelas dan dapat mudah dipaham oleh pembaca.
15 hrs

32 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
dapat digunakan


Explanation:
Dalam konteks ini, saya menafsirkan bahwa:

available = dapat digunakan

Rujukan:

available = able to be used

Contoh kalimat:
The right of self-defence is only available against unlawful attack.

Collin, P.H. 2004. Dictionary of Law. 4th Edition. London: Bloomsbury.

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 275
1 corroborated select project
in this pair and field What is ProZ.com Project History(SM)?

16 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
dapat diterapkan


Explanation:

🚩 Jika dilihat dari naskahnya, semua keistimewaan yang disebutkan sudah ada di dalam naskah ataupun di luar naskah. Coba kita lihat:

a. every exemption, ... herein contained...
b. every right... of whatsoever nature applicable....
c. or ... entitled hereunder


Jadi, hemat saya, kata available bukan untuk menuntut atau menegaskan keberadaan, melainkan untuk menuntut sesuatu terhadap yang sudah ada.

🚩 Yang kedua, saya lihat bahwa semua yang disebutkan (pengecualian, kekebalan/imunitas, kebebasan, dsb.) adalah keistimewaan atau pengistimewaan. Pada poin b ada hak, tetapi itu berasal dari luar naskah (=secara alami, atau secara aturan hukum).

🏈 Dari hal-hal di atas, available di sini lebih kepada makna accessible (bisa ditemukan a.l. di Kamus Merriam-Webster) alias bisa diakses ketika dan jika dikehendaki. Kekebalan misalnya, mungkin akan diakses ketika terjadi masalah. Hak dari luar pada poin b akan dikemukakan jika hak di dalam naskah terasa kurang.

🏁 Walau mengakses hak dapat ditemukan dengan mudah, untuk naskah ini saya cenderung mengusulkan yang lebih mudah dipahami: dapat diterapkan.

★彡SURJAYA
http://www.unhcr.org/id/10765-unhcr-adakan-diskusi-panel-men...
Sebagai hasilnya, mereka sering menghadapi kesulitan mengakses hak-hak dasar dan layanan serta kesulitan berintegrasi secara penuh...

https://books.google.co.id/books?id=VYEbBgAAQBAJ
Tanggapan kebijakan perubahan iklim di Indonesia: Mekanisme Reducing ...
Mumu Muhajir - 2010 - ‎Political Science
Alasan utama kesulitan masyarakat dalam mengakses hak pengelolaan itu adalah sistem birokrasi dalam bentuk perijinan yang rumit dan berbiaya besar, ...

http://nasional.news.viva.co.id/news/read/583244-jimly-asshi...
Penerapan hak imunitas itu, jika seseorang yang terkena kasus hukum tetapi dia sedang dalam menjalani jabatan maka bisa menggunakan ...

http://jhp.ui.ac.id/index.php/home/article/download/1385/130...
... setelah perwakilan diplomatik menyampaikan note verbale kepada pemerintah RI (eq, Deplu), nota mana menerapkan kekebalan diplomatik (invoke immunity).

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 275
Grading comment
thank you.

2 days 13 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
berlaku


Explanation:
IMHO

shall also be available = berlaku juga .....

jastatea
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search