non-preprinted agreement

Indonesian translation: berformat tidak baku, berformat khusus

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:non-preprinted
Indonesian translation:berformat tidak baku, berformat khusus
Entered by: Erich Ekoputra

03:35 Feb 1, 2019
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Contract(s) / Survey
English term or phrase: non-preprinted agreement
Saya kesulitan mencari padanan untuk "non-preprinted". Istilah ini ditemukan dalam suatu pasal mengenai keseluruhan perjanjian yang mengacu pada amendemen atau penyampingan: "Any amendments or waiver shall be effective if made in writing by non-preprinted agreements understood by the parties to be an amendment or waiver..." Saya sempat berpikir untuk menggunakan "nonpracetak", tetapi terdengar aneh.
Yosua Septian Elia
Indonesia
perjanjian yang tidak berformat baku
Explanation:

⭐️彡 Suatu pre-printed agreement adalah perjanjian yang naskahnya sudah tercetak baku dan tinggal ditandatangani. Contoh sederhana adalah berlangganan nomor seluler. Anda datang ke kantor operator telekom, mengisi nama, alamat, dsb., pada formulir yang sudah disisipi S&K dan aneka aturan, menandatanganinya, dan beres! Nah, pada pertanyaan, format seperti tidak berterima.

✔️ Alternatifnya: perjanjian yang tidak bertemplat baku (lihat makna templat di KBBI)

👀 SURJAYA
https://www.nachi.org/should-i-sign.htm
In modern commerce we often form contracts when one party signs a pre-printed document the other party prepared. When you apply for a loan, for example, you sign a pre-printed agreement.

https://books.google.co.id/books?isbn=184480173X
Business Law
Jon Rush, ‎Michael Ottley - 2006 - ‎Law
Standard terms are usually pre-printed agreement forms designed to save businesses the trouble of negotiating a detailed formal agreement...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih, Pak Erich.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5perjanjian yang tidak berformat baku
Erich Ekoputra
5perjanjian takbaku
Hipyan Nopri
4perjanjian nonstandar
Regi2006
4perjanjian nonpra-cetak
leodaphne


  

Answers


7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
perjanjian yang tidak berformat baku


Explanation:

⭐️彡 Suatu pre-printed agreement adalah perjanjian yang naskahnya sudah tercetak baku dan tinggal ditandatangani. Contoh sederhana adalah berlangganan nomor seluler. Anda datang ke kantor operator telekom, mengisi nama, alamat, dsb., pada formulir yang sudah disisipi S&K dan aneka aturan, menandatanganinya, dan beres! Nah, pada pertanyaan, format seperti tidak berterima.

✔️ Alternatifnya: perjanjian yang tidak bertemplat baku (lihat makna templat di KBBI)

👀 SURJAYA
https://www.nachi.org/should-i-sign.htm
In modern commerce we often form contracts when one party signs a pre-printed document the other party prepared. When you apply for a loan, for example, you sign a pre-printed agreement.

https://books.google.co.id/books?isbn=184480173X
Business Law
Jon Rush, ‎Michael Ottley - 2006 - ‎Law
Standard terms are usually pre-printed agreement forms designed to save businesses the trouble of negotiating a detailed formal agreement...

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 275
Grading comment
Terima kasih, Pak Erich.

9 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
perjanjian nonstandar


Explanation:
Kalau preprinted agreement adalah perjanjian standar, maka non-preprinted adalah kebalikannya, nonstandar

Semakin lazirnnya penggunaan perjanjian baku atau perjanjian standar
sangat mengindikasikan mulai sadarnya para pihak memiliki keterbatasan
kemarnpuan merancang suatu kontrak atau perjanjian, selain itu pula adanya suatu anggapan mahalnya tarif untuk meminta nasehat kepada seorang yuris (pengacara, notaris). Oleh karena itu para pihak mulai berinisiatif untuk mempergunakan perjanjian-perjanjian yang pernah dibuat serta dicetak secara massal. Dengan diberlakukannya perjanjian baku, maka muncul satu pertanyaan, yakni dengan sifatnya yang dicetak secara massal, serta baku, apakah perjanjian baku itu sendiri telah memenuhi syarat sahnya suatu perjanjian?

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&c...


Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 77

22 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
perjanjian nonpra-cetak


Explanation:
atau "nonpra-tulis", "nonpra-tertulis"

Hanya mencoba memberikan alternatif frasa saja, untuk maknanya sudah dielaborasi oleh kontributor senior lainnya.

leodaphne
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

4 days   confidence: Answerer confidence 5/5
perjanjian takbaku


Explanation:
Preprinted agreement = perjanjian baku atau perjanjian standar, yaitu perjanjian tertulis yg isinya sudah ditulis secara lengkap sehingga hanya ditanda tangani saja.

Non-preprinted agreement = perjanjian takbaku atau perjanjian nonstandar.

Ref.:
Perjanjian Baku
Dalam uupk disebutkan bahwa perjanjian yang berkaitan dengan konsumen, termasuk didalamnya perjanjian asuransi tidak boleh berbentuk baku, akan tetapi didalam perjanjian asuransi ternyata masih terdapat perjanjian yang berbentuk baku.

Undang-undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) mendefinisikan klausula baku sebagai aturan atau ketentuan dan syarat-syarat yang dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha atau penyalur produk yang dituangkan dalam suatu dokumen dan atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi oleh konsumen. Intinya, si produsen atau pemberi jasa telah menyiapkan perjanjian standar dengan ketentuan umum dan konsumen hanya memiliki dua pilihan, yaitu menyetujui atau menolaknya.
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/cl2546/perjanjian-...

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 275
1 corroborated select project
in this pair and field What is ProZ.com Project History(SM)?




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search