solicitor and barrister

Indonesian translation: penasihat hukum dan pengacara

06:15 May 3, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law (general)
English term or phrase: solicitor and barrister
Arti keduanya ini mirip-mirip, cuma bedanya:
solicitor: pengacara hukum yang biasanya memberikan nasihat-nasihat hukum dan membuat dokumen-dokumen hukum.

barrister (di Australia): pengacara yang berbicara di sidang-sidang di pengadilan.

Jika kedua kata ini muncul dalam satu kalimat, seperti misalnya "I was also admitted to practice as a barrister and solicitor of the......", apakah sudah pas dan tepat kalau saya gunakan kata:
pengacara = barrister
petugas hukum= solicitor. Atau penasihat hukum??

Ataukah ada kata lainnya yang lebih pas dan tepat?

TIA.
Christianna Braithwaite
Australia
Indonesian translation:penasihat hukum dan pengacara
Explanation:
solicitor = penasihat hukum
barrister = pengacara, dalam persidangan biasanya disebut 'pembela'
Selected response from:

Wiwit Tabah Santoso
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2penasihat hukum dan pengacara
Wiwit Tabah Santoso
5 +1penasihat hukum dan advokat
Wiyanto Suroso
5pengacara dan advokat
Hikmat Gumilar


  

Answers


18 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
penasihat hukum dan pengacara


Explanation:
solicitor = penasihat hukum
barrister = pengacara, dalam persidangan biasanya disebut 'pembela'

Wiwit Tabah Santoso
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Arfan Achyar
1 hr
  -> Terima kasih

agree  Erich Eko
1272 days

4 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pengacara dan advokat


Explanation:
peng·a·ca·ra n 1 pembela perkara;
ad·vo·kat n ahli hukum yg berwenang sbg penasihat atau pembela perkara dl pengadilan; pengacara

KBBI


--------------------------------------------------
Note added at 30 menit (2009-05-03 06:45:22 GMT)
--------------------------------------------------

See also

http://ind.proz.com/kudoz/indonesian_to_english/law:_contrac...

--------------------------------------------------
Note added at 2 jam (2009-05-03 08:52:43 GMT)
--------------------------------------------------

http://tinyurl.com/advokatdanpengacara

Hikmat Gumilar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 44

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
penasihat hukum dan advokat


Explanation:
Sejak 2005, berbagai sebutan bagi pengacara di Indonesia diseragamkan menjadi "advokat".
Namun di negeri Inggris, "solicitor" merupakan sebutan bagi advokat yang tidak bertugas di pengadilan dan hanya "barrister" yang boleh bertugas di pengadilan. Untuk membedakan kedua istilah, saya memadankan "solicitor" sebagai "penasihat hukum" dan "barrister" tetap sebagai "advokat".

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2009-05-03 08:55:13 GMT)
--------------------------------------------------

England has two types of practicing lawyers: solicitors and barristers. Unlike the United States, where a lawyer is allowed to handle office and trial work, England has developed a division of labor for lawyers. Solicitors generally handle office work, whereas barristers plead cases in court.

http://legal-dictionary.thefreedictionary.com/solicitor

Sejak berlakunya UU nomor 18 tahun 2003 tentang advokat, sebutan bagi seseorang yang berprofesi memberikan bantuan hukum secara swasta - yang semula terdiri dari berbagai sebutan, seperti advokat, pengacara, konsultan hukum, penasihat hukum - adalah advokat.

http://www.untad.ac.id/fakum/index.php?option=com_content&ta...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 75

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Nikolas Pangutama
5 days
  -> Terima kasih, Mas Niko




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search