portion

Indonesian translation: porsi

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:portion
Indonesian translation:porsi
Entered by: Mohammad Renaldi Diponegoro

06:44 Apr 4, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Patents, Trademarks, Copyright
English term or phrase: portion
Istilah "portion" ini sering sekali muncul dalam penerjemahan paten. Saya biasanya menerjemahkan sebagai "bagian", tetapi kerumitan akan muncul jika ada istilah lain yang lebih layak untuk menggunakan padanan "bagian", misalnya: "section" atau "part". Akan terjadi tumpang-tindih jika padanan istilah tersebut harus diseragamkan semua menjadi "bagian".

Barangkali ada rekan penerjemah yang memiliki padanan istilah yang lebih baik, mari kita bahas bersama.

Contoh konteks dalam kalimat:
"The smoothing section 105 includes a pair of bus bars 111a, 111b, capacitors Cl, C2 and connection portions 118, 119".
Mohammad Renaldi Diponegoro
porsi
Explanation:
Satu-satunya cara untuk membedakannya dengan menerjemahkan portion menjadi porsi. Toh, menurut KBBI, porsi itu memang artinya bagian.

--------------------------------------------------
Note added at 5 days (2018-04-09 10:25:10 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

Thanks. Berikut saya tambahkan tautan untuk sumber yang menggunakan porsi di bidang kapasitor.

Prinsip dasar dan spesifikasi elektriknya Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik. ... Gambar ilustrasi di atas menunjukkan sambungan PN dengan sedikit porsi kecil yang disebut lapisan deplesi (depletion layer), dimana terdapat keseimbangan hole dan elektron.
https://v1l1.wordpress.com/2008/02/04/kapasitor/

Suatu bagian atau porsi dari fungsi f (t) diperlihatkan oleh Gambar 18.29. Tunjukkanlah bahwa fungsi f ... Saklar ditutup pada / = 0 dan tegangan kapasitor merupakan tanggapan yang diinginkan, (a) Bekerjalah dalam domain frekuensi
https://books.google.co.id/books?id=C5oj8bPtW6UC&pg=PA264&lp...
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Terima kasih.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5porsi
Regi2006
5ruas
Erich Ekoputra


  

Answers


4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
ruas


Explanation:

⚽ Per KBBI, ruas menyiratkan fungsi/makna menyambungkan. Maka, frasa connection portion dengan demikian dapat dipadankan dengan ruas sambungan.

★彡 SURJAYA
http://www.academia.edu/18483805/IC_DECODER_BCD_TO_7_SEGMENT...
Pada percobaan ini, fungsi tersebut dikembangkan sehingga hanya diperlukan gerbang AND, OR, dan NOT masing-masing satu IC untuk menyusun rangkaian logika tiap ruas.

https://media.neliti.com/media/publications/204965-analisa-p...
PLN P3BS memiliki aset sampai saat ini transmisi sebanyak 283 ruas SUTT-SUTET sepanjang 11.479,68 kms (5.870,28 kmr).

Erich Ekoputra
Indonesia
Meets criteria
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 2
Notes to answerer
Asker: Saya masih agak merasa rancu, untuk "ruas" sepertinya lebih berpadanan ke "segment" atau " "section". Bagaimana pun, terima kasih urun diskusinya rekan Erich.


4 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
porsi


Explanation:
Satu-satunya cara untuk membedakannya dengan menerjemahkan portion menjadi porsi. Toh, menurut KBBI, porsi itu memang artinya bagian.

--------------------------------------------------
Note added at 5 days (2018-04-09 10:25:10 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

Thanks. Berikut saya tambahkan tautan untuk sumber yang menggunakan porsi di bidang kapasitor.

Prinsip dasar dan spesifikasi elektriknya Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik. ... Gambar ilustrasi di atas menunjukkan sambungan PN dengan sedikit porsi kecil yang disebut lapisan deplesi (depletion layer), dimana terdapat keseimbangan hole dan elektron.
https://v1l1.wordpress.com/2008/02/04/kapasitor/

Suatu bagian atau porsi dari fungsi f (t) diperlihatkan oleh Gambar 18.29. Tunjukkanlah bahwa fungsi f ... Saklar ditutup pada / = 0 dan tegangan kapasitor merupakan tanggapan yang diinginkan, (a) Bekerjalah dalam domain frekuensi
https://books.google.co.id/books?id=C5oj8bPtW6UC&pg=PA264&lp...

Regi2006
Indonesia
Meets criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih.
Notes to answerer
Asker: Biasanya ini memang yang saya gunakan, meski masih agak merasa rancu karena "porsi" biasanya digunakan untuk makanan atau sejenisnya. Terima kasih rekan Regi.





The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search