Deemed export

Indonesian translation: ekspor maya, ekspor bayangan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:deemed export
Indonesian translation:ekspor maya, ekspor bayangan
Entered by: Erich Ekoputra

15:25 Jan 6, 2014
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Taxation & Customs
English term or phrase: Deemed export
Kalimat sumber: We are expected to follow applicable U.S. laws, local country laws, or the Company’s compliance policies for any import, export, re-export, deemed export, deemed re-export or transfer of technology.

Menurut salah satu referensi online yang saya baca, deemed export berarti "the goods are considered to have been exported even if they have not moved out of the country." Ada usul padanan yang pas dalam bahasa Indonesia?
Reza_Daffi
Indonesia
ekspor maya, ekspor bayangan
Explanation:

Konsep deemed export mengacu ke benda yang bisa berpindah "tangan" tidak secara fisik, mis. gagasan, lagu, ceramah, metode, tulisan, kode, kata sandi, dsj. Sebagian benda ini - khususnya teknologi - tidak boleh diekspor.

Caranya adalah dengan memperlihatkan dan atau memperdengarkan / membicarakan. Mis. Anda menunjukkan kode sumber program atau tulisan cara membuat peledak nuklir kepada orang Malaysia di sebuah hotel di Jakarta. Hal itu sudah dianggap sebagai ekspor maya / bayangan. Orang Malaysia itu sudah mendapatkan bayangan atau gambaran caranya, tanpa harus membawa barang konkret / fisik dari Indonesia ke negaranya.

REFERENSI
https://www.washington.edu/research/?page=ecrTechnology
A "Deemed Export" is a Department of Commerce term defined as an export of technology or source code (except encryption source code) is "deemed" to take place when it is released to a foreign national within the United States.

The technology (defined above) is released in one of the following ways;
Visual export - Showing of technical details of export-controlled items to a foreign national (such as reading technical specifications, plans, blueprints, etc.).
Oral export - Talking about the technical details or know how of export-controlled items to a foreign national.

--------------------------------------------------
Note added at 2 days9 hrs (2014-01-09 01:07:39 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

Saya rasa istilah yang Anda pilih akan berterima dengan baik. Tabik!
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
2 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5ekspor dimit
M. Laut
4telah diekspor
Briliana Nur Rohima
4ekspor maya, ekspor bayangan
Erich Ekoputra
3ekspor teranggap
Laurens Sipahelut


  

Answers


10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
deemed export
telah diekspor


Explanation:
Dalam UU RI ini deemed-export diartikan sebagai "telah diekspor".
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2006
PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 1995 TENTANG KEPABEANAN

http://www.insw.go.id/intrsource/lib/07/peraturan/uu-no-10-1...
Penjelasan Pasal 1
Goods that have been loaded on a means of transport intended to be brought out of customs territory shall be deemed exported and treated as exported goods.
--> Barang yang telah dimuat di sarana pengangkut untuk dikeluarkan dari daerah pabean dianggap telah diekspor dan diperlakukan sebagai barang ekspor.

Penjelasan diartikel yang lain, deemed export tetap ditulis deemed export
https://secure.ethicspoint.com/domain/media/id/gui/26697/cod...
(halaman 35)

Briliana Nur Rohima
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Laurens Sipahelut: 'Deemed exported' tdk sama dng 'deemed export'.
3 hrs

14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
deemed export
ekspor dimit


Explanation:
deemed = dimit -
dari :
Kamus Ekonomi: Siti Nur Azizah &
Kamus Besar Ekonomi: Sigit Winarno

M. Laut
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Indonesian

14 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
deemed export
ekspor teranggap


Explanation:
Menurut Google, konsep 'deemed export' hanya dikenal di AS shg menurut saya strategi pemadanan kata per kata (deem = anggap, export = ekspor) bisa diterapkan supaya maknanya tidak secara tak sengaja melenceng atau bertumpang-tindih dengan konsep baku lainnya.

--------------------------------------------------
Note added at 14 hrs (2014-01-07 06:16:33 GMT)
--------------------------------------------------

Alternatif: ekspor anggapan.

Laurens Sipahelut
Indonesia
Does not meet criteria
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in DutchDutch

7 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
deemed export
ekspor maya, ekspor bayangan


Explanation:

Konsep deemed export mengacu ke benda yang bisa berpindah "tangan" tidak secara fisik, mis. gagasan, lagu, ceramah, metode, tulisan, kode, kata sandi, dsj. Sebagian benda ini - khususnya teknologi - tidak boleh diekspor.

Caranya adalah dengan memperlihatkan dan atau memperdengarkan / membicarakan. Mis. Anda menunjukkan kode sumber program atau tulisan cara membuat peledak nuklir kepada orang Malaysia di sebuah hotel di Jakarta. Hal itu sudah dianggap sebagai ekspor maya / bayangan. Orang Malaysia itu sudah mendapatkan bayangan atau gambaran caranya, tanpa harus membawa barang konkret / fisik dari Indonesia ke negaranya.

REFERENSI
https://www.washington.edu/research/?page=ecrTechnology
A "Deemed Export" is a Department of Commerce term defined as an export of technology or source code (except encryption source code) is "deemed" to take place when it is released to a foreign national within the United States.

The technology (defined above) is released in one of the following ways;
Visual export - Showing of technical details of export-controlled items to a foreign national (such as reading technical specifications, plans, blueprints, etc.).
Oral export - Talking about the technical details or know how of export-controlled items to a foreign national.

--------------------------------------------------
Note added at 2 days9 hrs (2014-01-09 01:07:39 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

Saya rasa istilah yang Anda pilih akan berterima dengan baik. Tabik!

Erich Ekoputra
Indonesia
Meets criteria
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 45
Notes to answerer
Asker: Terima kasih atas informasi tentang pengertian konsep 'deemed export'-nya, Mas. Sangat membantu. Tetapi bagaimana kalau kita pakai istilah 'ekspor abstrak' dalam hal ini? Mungkin lebih jelas untuk ekspor sesuatu yang tidak berbentuk barang.


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Laurens Sipahelut: Menarik juga, tapi konotasi maya/ bayangan seperti simulasi/ latihan dan/atau identik dengan IT ('virtual').
7 hrs
  -> Trims Laurens, tetapi kita selalu bisa membuat asosiasi baru. Ada 8 (delapan) makna bayangan, mengapa membayangkan hanya satu, yang berarti pemiskinan bukan hanya bahasa namun juga kehalusan rasa.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search